PEMERINTAHAN

Mantan Kepala Otorita IKN Sebut Jakarta Masih akan Menjadi Ibu Kota Negara di Tahun-tahun Mendatang

Minggu 13-Oct-2024 20:20 WIB 19

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Jakarta disebut masih menjadi ibu kota negara hingga beberapa tahun mendatang.  

Hal itu diutarakan oleh mantan Kepala Otorita Ibu Kota Nusantara (IKN), Bambang Susantono. 

Bambang menyampaikan hal itu, ketika Asosiasi Sekolah Perencanan Indonesia (ASPI) merekomendasikan konsep "twin cities" untuk Jakarta dan IKN.  

Utusan Khusus Presiden untuk Kerja Sama Internasional Pembangunan IKN itu mengatakan, IKN nantinya akan tetap didorong untuk menjadi kota baru.  

"Apa pun bentuknya, akan menjadi kota. Karena memang sudah ada yang terbangun, fasilitas sudah ada. Sekarang saatnya lebih membangun masyarakatnya, supaya masyarakat ini bisa menjadi penghuni yang loveable city," kata dia, dilansir dari Antara.  

Usulan ASPI mengenai konsep "twin cities" untuk solusi rencana pemindahan ibu kota dari Jakarta ke IKN itu akan diteruskan kepada presiden, baik Presiden petahana Joko Widodo (Jokowi) maupun Presiden terpilih Prabowo Subianto.  

Ketua ASPI Adiwan Fahlan Aritenang menjelaskan, konsep "twin cities" adalah kota yang menjalankan fungsi hampir bersamaan.  

Dalam hal "twin cities" IKN dan Jakarta, dua kota itu akan menjalankan fungsi-fungsi administrasi pemerintahan, di mana salah satunya menjadi ibu kota de jure dan yang lainnya de facto.  

Ibu kota de jure artinya secara resmi diakui oleh undang-undang atau konstitusi sebagai pusat pemerintahan suatu negara. 

Sementara secara de facto adalah pengakuan ibu kota yang didasarkan pada realitas operasional fungsi pemerintahan yang sedang terjadi.  

Dalam konteks Keputusan Presiden (Keppres) IKN yang belum ditandatangani tetapi negara memiliki anggaran yang cukup, artinya Jakarta bisa berperan sebagai ibu kota de jure dan IKN de facto.  

"Secara undang-undang Jakarta tetap menjadi ibu kota, namun fungsi operasional dilakukan di IKN," kata Adiwan, masih dari sumber yang sama.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Jadi Oposisi, Nantinya NasDem Diprediksi Tak Berani Kritik Pemerintahan Prabowo

Kendati begitu, Hensat mendukung apa yang menjadi sikap NasDem dalam memutuskan untuk berada di luar kabinet.

Selasa 15-Oct-2024 20:26 WIB

PEMERINTAHAN Mantan Kepala Otorita IKN Sebut Jakarta Masih akan Menjadi Ibu Kota Negara di Tahun-tahun Mendatang

Jakarta disebut masih menjadi ibu kota negara hingga beberapa tahun mendatang.

Minggu 13-Oct-2024 20:20 WIB

PERISTIWA Said Iqbal Klaim 87,5% Buruh Jakarta Dukung RIDO, RK Harap Menang 1 Putaran

Cagub Jakarta nomor urut 1 Ridwan Kamil senang menerima dukungan Partai Buruh. Dia terkejut alasan Partai Buruh resmi memberi dukungan di Pilgub Jakarta.

Jumat 11-Oct-2024 20:43 WIB

PEMERINTAHAN IKN Bawa Berkah Bagi PPU, Pajak Hotel dan Restoran Sudah Lampaui Target Hingga Oktober

kaltim.jpnn.com, SEPAKU - Keberadaan Ibu Kota Nusantara (IKN) membawa berkah khususnya bagi Kabupaten Penajam Paser Utara (PPU).

Jumat 11-Oct-2024 20:38 WIB

TEKNOLOGI Pameran Teknologi Ramah Lingkungan Digelar di Jakarta

JPNN.com, JAKARTA - Yokogawa Indonesia merayakan 30 tahun di tanah air dengan mengadakan serangkaian kegiatan yang mendukung pelestarian lingkungan dan pengembangan teknologi berkelanjutan.

Kamis 10-Oct-2024 20:18 WIB

Tulis Komentar