EVENT

Jelang Pilkada Serentak, Kematangan Berpikir Kunci Hadapi Perbedaan Pandangan Politik

Rabu 25-Sep-2024 20:48 WIB 38

Foto : tempo

Brominemedia.com – Indonesia akan mengadakan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) secara serentak di 37 provinsi dan 508 kabupaten/kota. Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan jadwal dan tahapan Pilkada Serentak pada November 2024. Psikolog Sani Budiantini Hermawan mengatakan dalam berpolitik kematangan berpikir menjadi hal yang sangat penting. 

Setiap orang memiliki pandangan politik dan pilihan masing-masing yang mungkin berbeda. Menurutnya, kematangan dalam berpolitik berarti menghargai pendapat orang lain dan tidak memaksakan keyakinan, terlebih dalam waktu dekat akan dilaksanakan Pilkada Serentak 2024.

"Jadi kematangan itu yang perlu ditingkatkan, bukannya emosi atau memaksakan pendapatnya tapi lebih ke arah menghormati, menghargai pendapat orang lain," kata lulusan Fakultas Psikologi Universitas Indonesia itu.


Waspada provokator

Ia mengingatkan bahaya provokator yang dapat memperkeruh suasana. Saat situasi sudah keruh, provokator akan semakin membuat perpecahan. Karena itu, penting untuk memiliki kesadaran dan kedewasaan dalam berpolitik agar emosi tidak menguasai diskusi.

"Ini yang menurut saya pentingnya kesadaran kematangan tadi, jangan sampai disusupi, dimasuki oleh provokator yang senang membuat hubungan menjadi tidak baik," ungkapnya.

Selain itu, sikap dewasa juga diperlukan dalam menghadapi perbedaan pandangan politik yang seharusnya tidak menjadi sumber perpecahan. Menurut Sani, biasanya masalah muncul ketika orang merasa pandangannya selalu benar dan menolak menghargai pendapat orang lain. Hal tersebut dapat merusak hubungan pertemanan dan persaudaraan.

Dengan meningkatkan kematangan dan kedewasaan dalam berpolitik diharapkan dapat menurunkan ketegangan dan menciptakan suasana yang lebih kondusif bagi perbedaan pandangan politik menjelang Pilkada Serentak 2024.

Share:

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Budi Arie Ungkap Budi Gunawan Hadiri Pembekalan Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

JPNN.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan eks Kapala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan hadir dalam pembekalan calon menteri di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10).

Rabu 16-Oct-2024 20:58 WIB

PEMERINTAHAN Jadi Oposisi, Nantinya NasDem Diprediksi Tak Berani Kritik Pemerintahan Prabowo

Kendati begitu, Hensat mendukung apa yang menjadi sikap NasDem dalam memutuskan untuk berada di luar kabinet.

Selasa 15-Oct-2024 20:26 WIB

PERISTIWA Erick Thohir Kunjungi Prabowo di Kertanegara, Siap Jadi Menteri Lagi?

Pertemuan Erick dan Prabowo mengundang spekulasi kabinet baru, apa yang dibahas?

Senin 14-Oct-2024 20:32 WIB

PEMERINTAHAN Perkuat Kapasitas, 49 Anggota DPRD Klaten Masa Jabatan 2024-2029 Ikuti Orientasi Selama 4 Hari

Kegiatan orientasi tersebut dilaksanakan di Hotel Novotel Semarang selama empat hari yakni mulai Senin hingga Kamis (14-17/10/2024).

Senin 14-Oct-2024 20:30 WIB

PEMERINTAHAN Mantan Kepala Otorita IKN Sebut Jakarta Masih akan Menjadi Ibu Kota Negara di Tahun-tahun Mendatang

Jakarta disebut masih menjadi ibu kota negara hingga beberapa tahun mendatang.

Minggu 13-Oct-2024 20:20 WIB

Tulis Komentar