EVENT

Indahnya Bukit Kunci - Wayang Thengul di Bangoan Blora, Masuk 50 Desa Wisata Terbaik di Indonesia

Jumat 12-Jul-2024 20:27 WIB 59

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) mengunjungi Desa Wisata Bangoan, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Jumat (12/7/2024).

Kunjungan itu dalam rangka visitasi ke 50 desa wisata yang masuk dalam Anugerah Desa Wisata Indonesia (ADWI) 2024.

Desa Wisata Bangoan termasuk salah satu desa wisata yang masuk 50 besar desa wisata terbaik ADWI 2024.

Dalam kunjungannya, Direktur Pengembangan Destinasi II Kemenparekraf, Bambang Cahyo Murdoko, mengapresiasi pengembangan Desa Wisata Bangoan.

"Alhamdulillah, tadi sempat naik Jeep bersama Pak Bupati, melihat potensi yang ada di Desa Wisata Bangoan,"

"Menurut saya Desa Wisata Bangoan ini mempunyai potensi yang besar. Untuk itu ke depan harus dikembangkan terus," katanya, kepada Tribunjateng, saat ditemui di sela-sela visitasi di Desa Wisata Bangoan, Jumat (12/7/2024).

Lebih lanjut, Bambang menyampaikan dalam potensi Desa Wisata Bangoan, terdapat tiga aspek penting.

"Dari wisata alamnya, bisa kita lihat Desa Wisata Bangoan, memiliki destinasi wisata alam Bukit Kunci. Bisa kita lihat, di sekeliling Bukit Kunci ini indah sekali,"

"Ditambah, dengan kombinasi fasilitas spot-spot selfie yang luar biasa," jelasnya.

Kemudian, dari sisi wisata budaya, Desa Wisata Bangoan terdapat budaya Wayang Thengul yang masih dilestarikan hingga sekarang.

"Ini luar biasa, dan Alhamdulillah bersama Pak Bupati, tadi sudah mempraktekkan langsung untuk memainkan wayang yang bisa dikatakan hampir punah itu, tetapi masih tetap dilestarikan," terangnya.

Menurut Bambang dengan adanya wisata edukasi budaya Wayang Thengul itu tentu menjadi daya tarik sendiri bagi pengunjung.

"Wayang Thengul itu bisa menjadi salah satu daya tarik, tidak hanya sekadar melihat, tetapi pengunjung juga bisa belajar, memainkan wayangnya, memukul gamelannya, dan juga ketika ada pertunjukan maka ekonomi kreatif akan hidup," terangnya.

Adapun untuk dari aspek wisata buatan, menurut Bambang, Desa Wisata Bangowan memiliki destinasi wisata sumur minyak tua peninggalan zaman Belanda. 

"Ada sumur minyak tua tapi dilestarikan, dan Alhamdulillah ada trobosan baru juga, ada listrik tenaga angin,"

"Ini luar biasa kolaborasi dengan perguruan tinggi dengan Pokdarwis dan didukung oleh pemerintah daerah, sangat bagus," tuturnya.

Lebih jauh, Bambang memberi masukan agar Desa Wisata Bangoan terus dikembangkan dengan menggandeng berbagai stakeholder.

"Dari sisi pengelolaan, desa wisata ini harus terus dikembangkan dan terus berkolaborasi dengan berbagai stakeholder, terutama pemerintah daerah, dan ini kita berbangga punya bupati yang peduli terhadap sektor pariwisata, dan tadi disampaikan juga terus mendukung untuk pengembangan desa wisata ini, dan harus diciptakan spot-spot selfie yang baru," paparnya.

Sementara itu, Bupati Blora, Arief Rohman mengucapkan terimakasih kepada Kemenparekraf atas kunjungannya di Desa Wisata Bangoan.

"Dari kami Pemerintah Kabupaten Blora, khususnya Desa Bangoan mengucapkan terimakasih kepada mas menteri, yang diwakili oleh Pak Direktur," 

"Semoga apa yang disampaikan Pak Direktur, tentunya akan terus kita kembangkan, ini tidak terlepas dari Kades Bangoan dan Pokdarwis, dan anak-anak muda Bangoan yang keren dan kreatif," paparnya.


Konten Terkait

PEMERINTAHAN Pengusaha Bocorkan Kementerian dan Badan Baru di Era Pemerintahan Prabowo

Ketum Apindo Shinta Kamdani mengatakan Prabowo akan merombak beberapa Kementerian. Diantaranya, mulai dari Kementerian PUPR sampai dengan kementerian BUMN.

Jumat 27-Sep-2024 20:31 WIB

PERISTIWA Dugaan Malapraktik di RSUD Blora, Direktur RS : 'Kita Sedang Investigasi'

Saat meninggal kondisi tubuh bayi berumur 6 hari itu di bagian tangan terlihat melepuh sehingga beredar kabar bayi itu menjadi korban malapraktik

Kamis 12-Sep-2024 20:35 WIB

PERISTIWA Kronologi Kecelakaan di Jalan Raya Blora-Cepu antara Motor vs Kbm Truck Box

Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Blora–Cepu tepatnya ikut wilayah Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Senin (9/9/2024) siang.

Senin 09-Sep-2024 21:15 WIB

PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

Tulis Komentar