PEMERINTAHAN

Heru Budi Hartono Bicara Soal Dugaan Korupsi Bansos DKI Jakarta Tahun 2020

Kamis 12-Jan-2023 05:34 WIB 138

Foto : tempo

brominemedia.com- Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono memberikan pernyataan perihal adanya tudingan korupsi bantuan sosial atau dugaan korupsi bansos Pemerintah Provinsi DKI Jakarta tahun 2020 saat masa kepemimpinan Gubernur Anies Baswedan.

Dugaan temuan ini diungkap oleh pegiat media sosial, Rudi Valinka dalam akun Twitternya @kurawa pada 9 Januari 2023 lalu. Selama ini, isi kicauan Rudi Valinka di Twitter dikenal kerap mengecam program dan kebijakan Anies Baswedan.

Menanggapi hal ini, Heru Budi mengaku tidak tahu menahu soal kasus dugaan korupsi tersebut. “Saya enggak tahu, itu kan lama (programnya). Udah lama,” kata Heru saat ditemui di Balai Kota DKI Jakarta, Rabu, 11 Januari 2023.

Heru menjelaskan, selama ini pihaknya telah melakukan pembahasan mengenai rekonsiliasi data penerima bansos. Bahkan, menurutnya, pembahasan itu sudah dilakukan hingga 3-4 kali.

“Saya di sini sudah 3-4 kali membahas mengenai rekonsiliasi data. Kalau yang lalu-lalu kan saya enggak paham,” jelasnya.

Kronologi Temuan Bansos Pemprov DKI

Melalui sebuah thread di Twitter, Rudi Valinka membeberkan kronologi tudingan korupsi bansos Pemprov DKI.

Dalam utasnya tanggal 9 Januari 2023 lalu, ia mengatakan temuannya ini berawal dari info whistle blower yang mengabarkan adanya penimbunan beras bansos milik Perumda Pasar Jaya tahun anggaran 2020 yang tersimpan di gudang sewaan di Pulogadung.

Pasar Jaya merupakan salah satu Badan Usaha Milik Daerah atau BUMD yang ditunjuk Dinas Sosial DKI Jakarta sebagai rekanan untuk menyalurkan bansos berupa paket sembako kepada warga terkena dampak Covid-19.

“Dinas Sosial DKI menunjuk 3 rekanan terpilih untuk menyalurkan paket sembako senilai Rp3,65 triliun lewat Perumda Pasar Jaya, PT Food Station dan PT Trimedia Imaji Rekso Abadi,” tulisnya dalam akun @kurawa.

Ia menyebutkan Pasar Jaya mendapatkan porsi terbesar senilai Rp2,85 triliun. Sontak hal ini pun menimbulkan tanda tanya baginya.

“Tidak ada alasan spesifik mengapa Dinsos DKI memberikan porsi yang sangat besar kepada Pasar Jaya apakah karena status perusahaan yang masih Perum (perusahaan umum) sehingga lebih mudah untuk administrasi cawe-cawenya,” ujarnya.

Lebih lanjut, Rudi juga membeberkan sejumlah bukti temuannya mengenai kasus ini. Di antaranya adalah lokasi gudang penyimpanan bansos milik Perumda Pasar Jaya.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Bicara Soal Pilkada Jakarta, AHY: Sebelum Janur Kuning Melengkung

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum mau bicara banyak soal Pilkada Jakarta.

Jumat 23-Aug-2024 20:54 WIB

PEMERINTAHAN Dugaan Korupsi Pemerintah Kota Semarang, KPK Jadwalkan Pemeriksaan Hevearita Gunaryanti Rahayu Kamis Ini

Wali Kota Semarang Hevearita Gunaryanti Rahayu akan dimintai keterangan soal dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota Semarang.

Rabu 31-Jul-2024 21:20 WIB

KRIMINAL Dugaan Korupsi di Pemkot Semarang, KPK Melarang 4 Orang Ini Berpergian ke Luar Negeri

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Juru Bicara Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) Tessa Mahardika mengatakan pihaknya mencegah empat orang untuk bepergian ke luar negeri terkait penyidikan dugaan korupsi di lingkungan Pemerintah Kota (Pemkot) Semarang.

Rabu 17-Jul-2024 20:28 WIB

PEMERINTAHAN Kejaksaan Agung Tidak Akan Panggil Zulkifli Hasan dalam Perkara Dugaan Korupsi Impor Gula

Kejaksaan Agung menyatakan dugaan korupsi dalam kebijakan impor gula tak berkaitan dengan Zulkifli Hasan.

Sabtu 07-Oct-2023 00:19 WIB

FINANCE Yayasan Katholik Arnoldus Kupang Siap Kembalikan Dana Kasus Dugaan Korupsi Proyek BTS 4G

Hidayatullah.com—Belum lama ini nama Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ikut terseret dengan dugaan aliran dana korupsi BTS BAKTI Kominfo. Sebelumnya, dalam sidang perdana kasus tersebut Selasa (27/06/2023) lalu, Jaksa menyebutkan aliran dana Korupsi BTS BAKTI Kominfo dari terdakwa Johnny Plate mengalir ke lembaga gereja hingga Yayasan Pendidikan Katolik di NTT, yakni […]

Jumat 30-Jun-2023 10:05 WIB

Tulis Komentar