FINANCE

Eks Atlet Papua Ungkap Kendala Tak Bisa Ikut Event di Jakarta: Tiket Mahal

Kamis 12-Oct-2023 00:15 WIB 360

Foto : brominemedia.com

brominemedia.com - Mantan pemain Persipura Jayapura, Jack Komboy, mengungkapkan alasan atlet asal Papua tak bisa mengikuti acara besar di Jakarta, kepada Wakil Presiden Ma'ruf Amin. Jack menyebut alasannya lantaran harga tiket dari Papua ke Jakarta yang dinilai mahal.
"Kadang-kadang dari pusat datang, ada event-event besar yang dibuat di sini, yang nanti finalnya itu ada di pusat. Contoh sepak bola itu yang sering dilakukan, terus ada basket, ada futsal," kata Jack mengawali curhatnya kepada Ma'ruf di Stadion Papua Bangkit, Jayapura, Papua, Rabu (11/10/2023).
Jack pun mengatakan biaya akomodasi ke Jakarta menjadi sangat tinggi jika event besar olahraga diadakan di musim liburan. Jack berharap ada diskon tiket untuk atlet Papua saat mengikuti event olahraga di Jakarta.
"Begitu di kabupaten/kota dilakukan, begitu di provinsi dilakukan, terakhir itu akan bertemu beberapa tim di pusat. Kadang-kadang di usia sekolah, mereka agak terkendala tidak bisa berangkat karena mahalnya biaya tiket untuk berangkat ke sana. Dan itu biasa dibuat di bulan Juni, Juli yang di mana itu pas libur harga tiketnya lagi melambung tinggi," jelas Jack.
"Jadi mungkin ada sebuah kebijakan buat anak-anak sekolah ini yang begitu mereka ikut event besar di Jakarta bisa ada semacam diskon tiket kepada mereka," imbuh Jack.
Dia juga mengeluhkan atlet Papua yang belum menjadi pegawai negeri sipil (PNS). Padahal, kata Jack, atlet itu sudah mewakili Indonesia di event olahraga internasional.
"Tapi banyak teman-teman saya yang belum punya kesempatan untuk menjadi pegawai negeri sipil, kenapa? Mereka sudah membawa nama daerah, membawa nama negara, baik itu di event nasional juga di event internasional. Tapi kadang-kadang mereka tidak punya kesempatan yang sama," ujarnya.

Dia berharap pemerintah membuat kebijakan untuk memberi kesempatan bagi atlet Papua menjadi PNS. Dia meminta ada perhatian khusus bagi atlet yang kerap dilupakan saat sudah pensiun.
"Jadi saya berharap ada kebijakan-kebijakan yang diambil untuk memberi kesempatan kepada mereka untuk bisa juga menjadi PNS lah paling tidak, seperti itu," keluh Jack.
Jack menyinggung sikap pemerintah yang mengelu-elukan para atlet yang mengharumkan nama bangsa dengan prestasi di kancah olahraga internasional. Namun saat pensiun, sambung Jack, nasib para atlet tak diperhatikan.
"Karena kadang kalau mereka tanding bawa nama harum negara, daerah, mereka disanjung-sanjung. Tapi begitu mereka pensiun, ya mereka sudah ya, seperti macam tidak ada perhatian kepada mereka," ungkap Jack.
Jack pun menekankan lagi harapan yang disampaikan dia dalam dialog dengan Wapres Ma'ruf. Dia menekankan kesempatan menjadi PNS bagi para atlet berprestasi.
"Jadi itu yang saya minta supaya ada perhatian kepada mereka, kalau bisa kalau pernah membawa nama daerah, pernah membawa nama negara. Ya saya kira tidak perlu dalam proses yang tidak begitu panjang, mereka langsung punya kesempatan untuk bisa menjadi PNS atau dapat bekerja di swasta baik itu BUMN. BUMN ya itu nanti kebijakan dari Bapak Wapres seperti apa," imbuhnya.

Konten Terkait

OLAHRAGA Sosok Ammar Hudzaifah, Eks Pesepakbola yang kini Jadi Peraih Emas Pertama di Peparnas Solo

Pelari asal Jawa Tengah menjadi peraih medali emas pertama dalam penyelenggaraan Perpanas XVII Solo 2024 yang mulai dibuka oleh Presiden Jokowi pada Minggu (6/10/2024) malam. Ia meraih medali emas dari cabor paraatletik untuk lari jarak 1.500 meter di Stadion Sriwedari, Solo.

Senin 07-Oct-2024 21:04 WIB

OLAHRAGA Danish Amzar Naryama Sukses Raih Medali Emas di Malaysia dan Siap Kembali ke DBL di Musim Depan

Dalam sebuah perjalanan luar biasa, Danish Amzar Naryama, siswa SMAN 10 Surabaya, berhasil meraih medali emas dan penghargaan khusus di ajang WICE

Rabu 25-Sep-2024 20:46 WIB

EVENT Atlet-atlet Paralimpiade Hanya Boleh Mengikuti Kategori Elite Peparnas 2024

Pembatasan dilakukan terhadap atlet-atlet difabel yang tampil di Paralimpiade Paris 2024. Mereka hanya boleh mengikuti nomor pertandingan kategori elite di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024.Peparnas yang akan digelar di Kota Solo pada 6-13 Oktober 2024 ini akan diikuti 3.100 atlet dari 34 kontingen daerah. Dari jumlah tersebut, 35 atlet di antaranya pernah turun di Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis.Sebut saja peraih medali emas Paralimpiade cabang bulutangkis yang akan membela konti.. Baca selengkapnya di https://rmol.id/olahraga/read/2024/09/17/637291/atlet-atlet-paralimpiade-hanya-boleh-mengikuti-kategori-elite-peparnas-2024

Selasa 17-Sep-2024 20:21 WIB

OLAHRAGA Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024

Atlet loncat indah Jawa Timur (Jatim), Gladies Lariesa Garina Hagakore mengukir prestasi spektakuler di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Jumat 13-Sep-2024 20:31 WIB

EVENT Ribuan Warga Ikuti Senam Bersama Haornas 2024 di Kota Magelang

Ribuan warga memadati Alun-alun Kota Magelang untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 tahun 2024, Jumat (13/9/2024) pagi.

Jumat 13-Sep-2024 20:30 WIB

Tulis Komentar