PEMERINTAHAN

Cerita Warga Pulau Mapia Papua Tinggal dalam Kegelapan Selama 3 Tahun

Rabu 13-Sep-2023 06:58 WIB 365

Foto : brominemedia.com

brominemedia.com - Simon Barito (35), salah satu warga Pulau Mapia, Kabupaten Supiori, Papua, mengaku senang atas bantuan akses listrik dan air yang diberikan Kementerian Sosial (Kemensos). Simon bercerita bahwa warga Pulau Mapia sempat tidur dalam kegelapan selama tiga tahun lamanya.
"Sebelumnya kita pakai PLTS tetapi rusak. Tenaga surya, karena baterainya sudah rusak, akhirnya kita kegelapan. Sudah 3 tahunan, kadang kita pakai pelita, kalau ada minyak pakai pelita. Kalau tidak ada ya sudah kita tidur dalam kegelapan," kata Simon di lokasi, Selasa (12/9/2023).
Warga Pulau Mapia Papua Menangis Diajak Mensos Risma Operasi Katarak
Simon berprofesi sebagai petani kopra. Kopra diketahui merupakan daging kelapa yang dikeringkan. Memang mayoritas warga Pulau Mapia memiliki pendapatan dari usaha ini, selain melaut atau sebagai nelayan.
"Setiap bulan kadang Rp 1 juta, tergantung, tiap hari kita ke hutan. (Dijual) dibawa ke luar, ke Biak," katanya.
Bahkan, untuk menjual hasil kopra itu, warga Pulau Mapia hanya punya kesempatan dua kali dalam satu bulan untuk mengirimnya ke kabupaten terdekat yakni Kabupaten Biak dengan kapal. Kapal itu yakni Kapal Perintis Sabuk Nusantara 64.
Dengan itu dia berharap pemerintah bisa membangun dermaga sehingga banyak kapal bisa bersandar di pulau ini. Simon menyebut hal itu bisa mengubah perekonomian di wilayahnya.

"Harapan kami masyarakat kepada pemerintah Kabupaten Supiori, kita punya harapan masyarakat yang pertama dermaga. Karena masyarakat sudah cukup menderita, dari daratan datang bukan ketemu daratan, tapi dari daratan ketemu lautan baru daratan. Jadi harapan kami masyarakat cuma yang kami inginkan kapal bisa sandar di dermaga, biar kita punya hasil punya jualan ke Biak tidak terlalu setengah mati. Karena faktor kalau mau ke kapal kita membutuhkan BBM, kalau tidak punya BBM kita tidak bisa ke Biak," katanya.
"Sudah, tapi sampai sekarang belum terjawab," imbuhnya.
Mensos Risma Kontak Panglima Minta Akses Kapal ke Pulau Terpencil di Papua
Lebih lanjut, Simon turut mengucapkan terima kasih kepada Menteri Sosial (Mensos) Tri Rismaharini yang sudah datang langsung dan memberikan akses listrik serta air bersih.
"Selama ini listrik kebetulan dari Kemensos kita sudah dapat penerangan, kita minta terima kasih banyak, terus air bersih kita sudah minum, kita terima kasih banyak kepada Ibu Mensos," katanya.
Baca artikel detiknews, "Cerita Warga Pulau Mapia Papua Tinggal dalam Kegelapan Selama 3 Tahun" selengkapnya https://news.detik.com/berita/d-6928077/cerita-warga-pulau-mapia-papua-tinggal-dalam-kegelapan-selama-3-tahun.
Share:

Konten Terkait

PERISTIWA Mantan PM Israel Emosi saat Ditanya soal Penderitaan Bayi-bayi Palestina

Eks PM Bennett ditanya soal penderitaan bayi-bayi Palestina yang alat bantu hidupnya di rumah sakit Gaza harus dimatikan karena Israel memutus aliran listrik ke Gaza.

Sabtu 14-Oct-2023 07:25 WIB

PEMERINTAHAN Cerita Warga Pulau Mapia Papua Tinggal dalam Kegelapan Selama 3 Tahun

Simon bercerita bahwa warga Pulau Mapia sempat tidur dalam kegelapan selama tiga tahun lamanya karena tidak ada aliran listrik.

Rabu 13-Sep-2023 06:58 WIB

Tulis Komentar