EVENT

Akses JIS Saat Konser Dewa 19 Dikeluhkan, Gilbert PDIP: Dari Awal Saya Tanya Mana Internasionalnya?

Senin 06-Feb-2023 14:08 WIB 130

Foto : suara

brominemedia.com--Anggota Fraksi PDIP DPRD DKI Jakarta Gilbert Simanjuntak ikut menanggapi soal akses Jakarta International Stadium (JIS) yang dikeluhkan penonton saat konser grup band Dewa 19 pada Sabtu (4/1/2023) lalu. Ia pun menilai JIS tidak layak menyandang stadion berstandar internasional.

Gilbert mengaku, sejak awal sudah mempertanyakan akses stadion yang masih sempit. Apalagi, stadion ini memiliki kapasitas 82 ribu orang.

"Sejak awal JIS berdiri itu sudah kita tanyakan, apanya yang internasional? Tapi Anies saat itu tetap ngotot dengan nama itu," ujar Gilbert kepada wartawan, Senin (6/1/2023).

Gilbert pun juga mengingatkan kejadian buruk di JIS bukan kali ini saja terjadi. Pada saat peresmian, pagar pembatas tribun dengan lapangan juga sempat jebol hingga mengakibatkan beberapa penonton terjatuh.

Karena itu, Gilbert meminta agar PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola JIS agar melakukan evaluasi besar-besaran. Perlu ada perbaikan menyeluruh agar sarana serta prasarana mendukung kapasitas penonton yang besar.

"Kalau mau ada perhelatan besar di sana, apalagi dengan kapasitasnya stadion tersebut, infrastruktur pendukung harusnya dibangun bersama-sama, khususnya akses ke lokasi, karena fasilitas parkir juga tidak cukup," pungkasnya.

Sebelumnya, Dewa 19 sukses menggelar konser akbar di Jakarta International Stadium (JIS) dengan jumlah penonton lebih dari 60 ribu pada Sabtu, 4 Februari 2023.

Hanya saja setelah acara selesai, situasi di sekitar stadion disebut bencana oleh salah satu penonton gara-gara minimnya akses transportasi.

"Menyelenggarakan acara besar di JIS ini bencana besar. 75 ribu penonton bubaran dari stadion tanpa akses transportasi umum massal," ujar pemilik akun @adriansyahyasin di Twitter, Minggu (5/2/2023).

Keluhan tersebut dibenarkan penonton lain. Ia sampai mengaku trauma kembali ke JIS karena masalah transportasi.

"Jujur, gue sering nonton konser. Cuma kali ini gue trauma banget nonton konser," tutur akun @poppingjellyy.

"Mengalami sendiri tadi jalan kaki melalui rute ini. Tidak jauh, tapi pada kenyataannya tadi pukul 00.30 perlu waktu lebih dari 30 menit. Harus berjuang menembus motor dan mobil yang stuck," ucap akun @puzzly sambil menunjukkan rute yang biasanya bisa ditempuh dalam waktu 17 menit.

"Habis nonton konser langsung pada bad mood, apalagi kalau habis nonton kompetisi. Bayangin tim tuan rumah kalah, habis itu harus keluar umpel-umpelan kayak gitu. Potensi kerusuhan gede banget," sahut akun @Rden_.

Konstruksi yang belum selesai di sekitar area stadion turut dikeluhkan penonton. Sebab, salah satu dari mereka ada yang jadi korban.

"Sampai ada mbak-mbak yang kejeblos di gorong-gorong. Kasihan banget setengah badan berlumpur," beber akun @sparkeene.

Konser Dewa 19 di JIS sendiri merupakan pesta perayaan Ahmad Dhani dan kolega yang sudah berkarya di industri musik Tanah Air selama tiga dekade.

Share:

Konten Terkait

KULINER Cara Bersihkan Darah pada Daging Ayam Agar Tidak Bau, Hanya Pakai 2 Bahan Dapur

Jeruk nipis yang biasa digunakan untuk menghilangkan darah daging ayam ternyata dapat diganti 2 bahan ini. Ikuti caranya.

Rabu 24-Apr-2024 21:15 WIB

TREND Anies Buka Suara soal Polemik JIS: Saya Nggak Cawe-cawe

Polemik Jakarta International Stadium (JIS) yang rumputnya disebut-sebut tak memenuhi standar FIFA bikin geger publik. Anies Baswedan buka suara.

Rabu 12-Jul-2023 02:57 WIB

OLAHRAGA Bukan GBK atau JIS, Laga Timnas Indonesia Vs Burundi Digelar di Stadion Patriot Candrabhaga Bekasi

FAJAR.CO.ID, JAKARTA — PSSI memastikan Stadion Patriot Candrabhaga, Bekasi sebagai venue laga FIFA Match Day...

Selasa 14-Mar-2023 10:42 WIB

EVENT Akses JIS Saat Konser Dewa 19 Dikeluhkan, Gilbert PDIP: Dari Awal Saya Tanya Mana Internasionalnya?

Gilbert Simanjuntak mengemukakan, JIS tidak layak menyandang level stadion berstandar internasional.

Senin 06-Feb-2023 14:08 WIB

OLAHRAGA Jakpro Perbaiki Pagar Tribune JIS yang Roboh

PT Jakarta Propertindo (Jakpro) selaku pengelola Jakarta International Stadium (JIS) kembali memperbaiki pagar tribune yang sempat ambruk saat grand launching.

Rabu 03-Aug-2022 13:50 WIB

Tulis Komentar