Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

FINANCE

Yayasan Katholik Arnoldus Kupang Siap Kembalikan Dana Kasus Dugaan Korupsi Proyek BTS 4G

Jumat 30-Jun-2023 10:05 WIB

173

Yayasan Katholik Arnoldus Kupang Siap Kembalikan Dana Kasus Dugaan Korupsi Proyek BTS 4G

Foto : hidayatullah

Belum lama ini nama Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang, Nusa Tenggara Timur (NTT) ikut terseret dengan dugaan aliran dana korupsi BTS BAKTI Kominfo.

Sebelumnya,  dalam sidang perdana kasus tersebut Selasa (27/06/2023) lalu, Jaksa menyebutkan aliran dana  Korupsi BTS BAKTI Kominfo dari terdakwa Johnny Plate mengalir ke lembaga gereja hingga Yayasan Pendidikan Katolik di NTT, yakni Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang.

Menanggapi hal itu, Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang mengeluarkan pernyataan publik untuk sebagai tanggapan atas dakwaan Jaksa tersebut. Dalam surat dengan nomor: 15/YPKAK-BP/XLII/PRY/2023 tentang pernyataan publik, Ketua Yayasan Pendidikan Katholik Arnoldus Kupang yang ditandatangani oleh Pengurus Yayasan Pater Yulius Yasinto, SVD, lembaga tersebut mengeluarkan 4 poin pernyataan sikap.
Berikut adalah 4 poin pernyataan sikap Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang dalam surat tersebut.

  1. Benar bahwa pada bulan Maret 2022 Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang telah menerima sumbangan dana sebesar Rp. 500.000.000 dari Bpk. Johnny G. Plate, Menteri Kominfo pada waktu itu, sesuai penyampaian beliau saat menghadiri Undangan Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang 23 Februari 2022.
  2. Konteks pemberian sumbangan adalah sebagai berikut: Bpk. Johnny G Plate diundang Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang dalam kapasitasnya sebagai Menteri Kominfo RI untuk meresmikan gedung Rektorat dan Gedung Sta. Maria Immaculata, Universitas Katolik Widya Mandira di Kampus Penfui Kupang, pada tanggal 23 Februari 2022. Dana tersebut disampaikan sebagai sumbangan pribadi dan spontan oleh Bpk. Johnny G. Plate pada akhir sambutan peresmian gedung-gedung tersebut sebagai kontribusi untuk pengembangan peralatan dan sistem  teknologi dan Informasi di Universitas Katolik Widya Mandira.
  3. Kami perihatin mengetahui informasi kemungkinan dana tersebut bersumber dari dana pribadi Johnny Plate sebagaimana disampaikan dalam sidang pertama pengadilan kasus korupsi proyek BTS BAKTI Kominfo tanggal 27 Juni 2023 dan bersedia memberikan keterangan bila diperlukan.
  4. Apabila terbukti dana tersebut bersumber dari dana korupsi, Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang siap untuk mengembalikan dana secara utuh.
Itulah empat poin pernyataan sikap Yayasan Pendidikan Katolik Arnoldus Kupang untuk mengklarifikasi terkait dakwaan jaksa yang menyebut aliran dana korupsi BTS BAKTI Kominfo mengalir ke lembaga tersebut. 

Konten Terkait

PERISTIWA Irjen Pol Andi Rian: Jangan Mudah Percaya Berita Bohong, Hindari Money Politik

FAJAR.CO.ID, MAKASSAR — Jelang Pilkada serentak, Kapolda Sulsel, Irjen Pol Andi Rian Djajadi meminta masyarakat...

Senin 16-Sep-2024 20:21 WIB

Irjen Pol Andi Rian: Jangan Mudah Percaya Berita Bohong, Hindari Money Politik
RAGAM Berita Viral NTT, Luna Mayar Gelar Pertandingan Tenis, Akan Renovasi Sekolah di Sumba dan Kupang

Tak hanya sekadar pertandingan tenis bertabur artis, pertandingan tersebut juga digelar Luna Maya dengan tujuan donasi renovasi sekolah di NTT

Minggu 25-Aug-2024 20:30 WIB

Berita Viral NTT, Luna Mayar Gelar Pertandingan Tenis, Akan Renovasi Sekolah di Sumba dan Kupang
OLAHRAGA Kejutan Besar! Gol Timnas Indonesia Dianulir dan Indra Sjafri Terkena Kartu Merah: Berita Terkini di Dunia Sepak Bola

Kejutan besar mengguncang dunia sepak bola Indonesia ketika gol Timnas Indonesia yang sudah disyukuri oleh pelatih Indra Sjafri akhirnya dianulir.

Jumat 29-Sep-2023 00:28 WIB

Kejutan Besar! Gol Timnas Indonesia Dianulir dan Indra Sjafri Terkena Kartu Merah: Berita Terkini di Dunia Sepak Bola
PEMERINTAHAN Edwar Hutahaean Disebut Terima Uang Rp 15 Miliar Dari Perkara Korupsi BTS 4G

"Ada pihak datang ke Kominfo, ke Pak Anang, menakut-nakuti dan mengancam. Sekaligus meminta proyek dan menawarkan untuk penyelesaian penyelidikan," kata Irwan.

Rabu 27-Sep-2023 01:05 WIB

Edwar Hutahaean Disebut Terima Uang Rp 15 Miliar Dari Perkara Korupsi BTS 4G
RAGAM 5 Berita Terpopuler: BKN Buka Suara soal Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK, Ada Frasa Nasib Buruk, Gaji Sudah Jelas?

BKN membuka suara soal pendaftaan CPNS 2023 dan PPPK, ada frasa nasib buruk di RUU ASN, hingga gaji guru honorer jadi PPPK sudah jelas?

Jumat 21-Jul-2023 06:18 WIB

5 Berita Terpopuler: BKN Buka Suara soal Pendaftaran CPNS 2023 & PPPK, Ada Frasa Nasib Buruk, Gaji Sudah Jelas?

Tulis Komentar