Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Verifikasi Bantuan Usaha Untuk 5.760 Penerima Tepat Sasaran, Pemkot Kediri Libatkan Kelurahan

Senin 13-May-2024 20:48 WIB

180

Verifikasi Bantuan Usaha Untuk 5.760 Penerima Tepat Sasaran, Pemkot Kediri Libatkan Kelurahan

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Kantor Disperdagin Kota Kediri mengundang seluruh kelurahan dan kecamatan dalam rapat koordinasi penyaluran bantuan modal usaha dari Dana Bantuan Hasil Cukai Hasil Tembakau (DBHCHT) 2024 di Ruang Kilisuci Balai Kota Kediri, Senin (13/5/2024).

Kepala Disperdagin Kota Kediri, Wahyu Kusuma Wardani menjelaskan, seluruh kelurahan dilibatkan untuk turut aktif berpartisipasi dan membantu proses verifikasi serta validasi akhir para calon penerima.

“Dengan melibatkan kelurahan, RT/RW dan warga setempat, diharapkan bisa mengurangi kecurangan yang terjadi di masyarakat terkait domisili dan usahanya. Sehingga bantuan modal usaha bisa tepat sasaran dan tepat manfaatnya,” jelas Wahyu.

Dalam rapat koordinasi itu, diserahkan data hasil survey calon penerima bantuan modal usaha yang dilakukan oleh surveyor kepada masing-masing kelurahan. Data berisi daftar calon penerima, Rencana Anggaran dan Biaya (RAB) serta form surat pernyataan untuk selanjutnya diteruskan ke warganya.

Jika nantinya ditemukan ketidaksesuaian data calon penerima bantuan modal usaha, masyarakat bisa ikut memberikan pengaduan dan sanggahan dengan datang ke Kantor Disperdagin pada hari dan jam kerja.

“Hasil survey yang dilakukan surveyor kita berikan ke kelurahan untuk dishare ke masyarakat sehingga mereka bisa ikut mengkroscek apakah benar yang bersangkutan memiliki usaha. Adapun aduan dan sanggahan disampaikan lewat nomor yang sudah kita share, jadi per kecamatan sudah ada kontak person,” katya Wahyu.

Dari 6.381 calon penerima bantuan modal usaha yang telah disurvey, sebanyak 1.119 orang dinyatakan gugur, 35 orang dinyatakan perbaikan dan sisanya memenuhi syarat.

Mereka yang dinyatakan gugur disebabkan karena tidak ada usaha, domisili dan lokasi usaha di luar kota serta jenis usaha di luar perdagangan dan perindustrian.


"Dari perbaikan kita tunggu sampai 31 Mei 2024, kalau mereka melengkapi berkas yang kurang otomatis akan masuk menjadi penerima. Kemudian jika gugur karena ada sanggahan atau aduan, nanti kita tindaklanjuti dengan melakukan survey dua minggu setelah penutupan masa sanggahan dan di awal Juni kita survey ulang," ungkapnya.


Tahun ini Pemkot Kediri menargetkan 5.760 orang menerima bantuan modal usaha dengan besaran Rp 2,5 juta per orang. Sama seperti tahun sebelumnya, penyaluran bantuan modal difokuskan di satu titik lokasi.


Selanjutnya para penerima bantuan modal usaha datang dengan membawa KTP serta persyaratan lainnya seperti surat pernyataan, RAB, surat keterangan domisili dan surat keterangan usaha.


“Sesuai arahan dari aparat pendamping hukum, jika tahun lalu persyaratan hanya NIB, untuk tahun ini harus disertai dengan surat keterangan domisili dan keterangan usaha. Sehingga bisa melihat berapa lama usahanya dan mengurangi adanya kecurangan,” tandas Wahyu.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Verifikasi Bantuan Usaha Untuk 5.760 Penerima Tepat Sasaran, Pemkot Kediri Libatkan Kelurahan

Tahun ini Pemkot Kediri menargetkan 5.760 orang menerima bantuan modal usaha dengan besaran Rp 2,5 juta per orang

Senin 13-May-2024 20:48 WIB

Verifikasi Bantuan Usaha Untuk 5.760 Penerima Tepat Sasaran, Pemkot Kediri Libatkan Kelurahan

Tulis Komentar