Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KESEHATAN

Psikolog Minta Orang Tua Bekali Anak dengan Panduan Gunakan Media Sosial

Jumat 13-Sep-2024 20:29 WIB

24

Psikolog Minta Orang Tua Bekali Anak dengan Panduan Gunakan Media Sosial

Foto : tempo

Brominemedia.com – Psikolog pendidikan dari Fakultas Psikologi Universitas Indonesia, Prof. Dr. Rose Mini Agoes Salim, meminta orang tua membekali anak dengan panduan menggunakan media sosial yang kini dimanfaatkan untuk berbagai kepentingan dan menjadi tempat peredaran konten positif maupun negatif.

Ia mengatakan konten dan komentar negatif di media sosial bisa memicu stres hingga depresi. Paparan konten negatif di media sosial juga bisa menimbulkan gangguan perkembangan sosial pada anak yang belum matang secara emosional.

"Kadang ada orang yang mengunggah sesuatu di media sosial, lalu ada anak-anak yang belum mampu untuk mengelola emosinya dan bisa buat mereka stres. Artinya anak itu belum siap menggunakan media sosial. Makanya, kenapa dikasih batasan usia? Itu untuk melihat kesiapannya, bukan usianya tapi kesiapannya dalam menggunakan media sosial," jelasnya.

Orang tua sebaiknya mempertimbangkan kematangan emosional dan kemampuan anak dalam menyikapi hal-hal negatif yang berpeluang muncul di media sosial dalam memberikan izin kepada anak untuk menggunakan platform tersebut.

"Saat menggunakan media sosial, konsekuensi yang harus ditanggung adalah siap kalau misalnya ada pro dan kontra, bagaimana cara menyikapinya, itu penting," katanya.


Terhubung ponsel orang tua

Rose Mini menjelaskan orang tua boleh saja mengizinkan anak menggunakan media sosial untuk keperluan tertentu, misalnya mendukung pelaksanaan tugas atau kegiatan sekolah. Namun, pemberian izin tersebut mesti disertai bekal pengetahuan mengenai apa yang boleh dan tidak dilakukan saat menggunakan media sosial.

Dia juga menyarankan orang tua sebisa mungkin berusaha mengawasi penggunaan media sosial anak, misalnya dengan menghubungkan akun media sosial anak di ponsel orang tua untuk memudahkan pemantauan. Dia juga menyarankan orang tua untuk membatasi penggunaan gawai anak, hanya mengizinkan anak menggunakannya sesuai keperluan.

"Anak kecil, SD atau SMP, memang banyak yang memiliki akun media sosial dan seharusnya masih dalam bimbingan orang tua supaya masih bisa dicek konten yang dilihat itu apa. Kalau dia punya handphone, connected juga ke bapak dan ibunya supaya kalau dia buka sesuatu harus mendapat izin dari orang tua," pesannya.

Konten Terkait

KESEHATAN Dokter Nyatakan Maltodextrin dalam Susu Formula Aman, Tidak Sebabkan Diabetes atau Gagal Ginjal pada Anak

Menurut dokter, maltodextrin dalam susu formula aman dan tidak menyebabkan diabetes atau gagal ginjal pada anak.

Selasa 17-Sep-2024 20:19 WIB

Dokter Nyatakan Maltodextrin dalam Susu Formula Aman, Tidak Sebabkan Diabetes atau Gagal Ginjal pada Anak
KESEHATAN Psikolog Minta Orang Tua Bekali Anak dengan Panduan Gunakan Media Sosial

Paparan konten negatif di media sosial bisa menimbulkan gangguan perkembangan sosial pada anak yang belum matang secara emosional.

Jumat 13-Sep-2024 20:29 WIB

Psikolog Minta Orang Tua Bekali Anak dengan Panduan Gunakan Media Sosial
PEMERINTAHAN Pemkab Wonosobo Percepat Integrasi SPBE untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Penyelenggaraan SPBE ditujukan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas layanan publik dan pemerintahan dengan memanfaatkan TIK secara terpadu.

Kamis 12-Sep-2024 20:36 WIB

Pemkab Wonosobo Percepat Integrasi SPBE untuk Tingkatkan Pelayanan Publik
TEKNOLOGI Mengulas Kemampuan Apple Intelligence

JPNN.com - Apple memperkenalkan sistem kecerdasan buatan terbarunya, Apple Intelligence, bersamaan perilisan iPhone 16 series.

Selasa 10-Sep-2024 20:28 WIB

Mengulas Kemampuan Apple Intelligence
PERISTIWA Memahami Perseteruan Elon Musk dan Hakim Agung Brasil

X milik Elon Musk akhirnya diblokir di Brasil membuat sekitar 40 juta penggunanya harus keluar dari platform tersebut.

Minggu 01-Sep-2024 20:25 WIB

Memahami Perseteruan Elon Musk dan Hakim Agung Brasil

Tulis Komentar