Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

SAINS

Prakiraan BMKG : Siklon Tropis Ellie, Hujan, Rob Jakarta, Siaga Bencana

Selasa 03-Jan-2023 06:05 WIB

200

Prakiraan BMKG : Siklon Tropis Ellie, Hujan, Rob Jakarta, Siaga Bencana

Foto : tempo

brominemedia.com - Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memantau pergerakan eks siklon tropis Ellie saat ini di daratan Australia bagian barat ke arah barat-barat daya dengan kecepatan angin maksimum 25 knots. Sistem ini diperkirakan berpotensi menjadi siklon tropis dalam 24 jam dengan kategori rendah.

Dampak eks siklon tropis ini secara tidak langsung terhadap cuaca Indonesia, misalnya angin kencang di Laut Jawa, Samudra Hindia selatan Jawa, Selat Makassar bagian selatan, Bali, NTB, NTT, Laut Sumbawa, Laut Flores, Laut Banda dan Laut Arafuru. Selain itu, hujan sedang hingga lebat terjadi di Jawa Tengah, Yogyakarta, Jawa Timur, Bali, NTB dan NTT.

Sirkulasi siklonik terpantau di Samudra Hindia barat Aceh dan di Laut Sulawesi bagian barat yang membentuk konvergensi memanjang di Samudra Hindia barat Aceh dan dari perairan selatan Filipina hingga Laut Sulu bagian selatan.

Konvergensi juga terpantau memanjang dari Laut Cina Selatan hingga Laut Natuna Utara, Laut Natuna, dari Samudra Hindia barat Bengkulu hingga Banten, dari Selat Karimata bagian selatan hingga Kalimantan Selatan, dari Selat Makassar bagian selatan hingga Sulawesi Selatan, dan dari Kalimantan Utara hingga Kalimantan Timur.

Kondisi tersebut mampu meningkatkan potensi pertumbuhan awan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklonik dan di sepanjang daerah konvergensi tersebut.

Hujan disertai petir pada hari Selasa, 3 Januari 2023, diperkirakan terjadi di Banjarmasin, Tarakan, Pangkal Pinang, Manokwari dan Palembang. Hujan lebat kemungkinan terjadi di Mataram.

Hujan skala sedang diperkirakan terjadi di Bengkulu, Kupang dan Makassar. Hujan skala ringan kemungkinan terjadi di Banda Aceh, Denpasar, Serang, Jakarta Pusat, Jambi, Semarang, Pontianak, Palangkaraya, Samarinda, Tanjung Pinang, Bandar Lampung, Ternate, Jayapura, Pekanbaru, Mamuju, Kendari dan Manado.

Suhu udara berkisar 19-33°C dengan suhu terendah di Bandung. Suhu tertinggi di Pontianak, Banjarmasin dan Palangkaraya.

Beberapa provinsi di Indonesia yang berada dalam kategori Siaga terhadap bencana hidrometeorologi (banjir, banjir bandang, dan lainnya) dampak dari potensi hujan lebat adalah Banten, NTB, NTT dan Sulawesi Selatan.

Gelombang sangat tinggi 4.0-6.0 meter berpeluang terjadi di Samudra Hindia selatan Jawa Timur hingga NTT, Laut Timor, perairan Pulau Sabu, Selat Sumba bagian barat, perairan selatan Kupang-Pulau Rote, Laut Sawu bagian selatan, perairan selatan Lombok-Sumbawa, perairan barat Pulau Sumba dan Laut Natuna Utara.

Banjir pesisir atau rob mulai terjadi di pesisir utara DKI Jakarta pada 03-10 Januari 2023.

Konten Terkait

PERISTIWA Riau Masuk Transisi Musim Penghujan, Warga di Bantaran Sungai Diminta Waspada Ancaman Banjir

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Riau mengingatkan kepada seluruh warga Riau agar meningkatkan kewaspadaan.

Minggu 13-Oct-2024 20:27 WIB

Riau Masuk Transisi Musim Penghujan, Warga di Bantaran Sungai Diminta Waspada Ancaman Banjir
PERISTIWA Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, Warga Desa Hokeng Jaya: Kami Kaget Turun Hujan Pasir

Hujan pasir akibat erupsi Gunung Lewotobi Laki-laki melanda Desa Hokeng Jaya, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur.

Jumat 04-Oct-2024 20:32 WIB

Gunung Lewotobi Laki-laki Meletus, Warga Desa Hokeng Jaya: Kami Kaget Turun Hujan Pasir
KESEHATAN Musim Penghujan, Dinkes Tanjungpinang Himbau Warga Tetap Waspada Penyakit DBD

Masyarakat tidak boleh lengah, karena potensi kenaikan kasus masih tetap ada. Soalnya setelah musim panas beberapa bulan, seminggu dua minggu ini bany

Minggu 21-Apr-2024 20:38 WIB

Musim Penghujan, Dinkes Tanjungpinang Himbau Warga Tetap Waspada Penyakit DBD
PERISTIWA Hore! Bekasi Akhirnya Diguyur Hujan

brominemedia.com - Bekasi akhirnya diguyur hujan pada malam ini, Selasa (24/10/2023). Hujan malam ini merupakan penantian panjang bagi warga Bekasi setelah beberapa bulan mengalami kemarau panjang.

Rabu 25-Oct-2023 00:07 WIB

Hore! Bekasi Akhirnya Diguyur Hujan
PERISTIWA Cuaca Hari Ini Jumat 20 Oktober 2023: Jabodetabek Pagi Cerah Berawan, Bogor Hujan Siang Malam

Cuaca cerah hari ini juga diprediksi BMKG terjadi untuk keempat daerah penyangga Jakarta. Bogor, Depok, Bekasi serta Tangerang langit paginya cerah dan cerah berawan.

Jumat 20-Oct-2023 06:34 WIB

Cuaca Hari Ini Jumat 20 Oktober 2023: Jabodetabek Pagi Cerah Berawan, Bogor Hujan Siang Malam

Tulis Komentar