Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Pemuda Gabut Bisa Ikut Daftar, Gen Z Usia 25 Tahun Boleh Nyalon Bupati dan Wali Kota

Senin 15-Jul-2024 20:27 WIB

85

Pemuda Gabut Bisa Ikut Daftar, Gen Z Usia 25 Tahun Boleh Nyalon Bupati dan Wali Kota

Foto : ilustrasi

Brominemedia.com - Batas minimal usia bakal calon gubernur, wakil gubernur Jateng, wali kota hingga bupati telah diatur dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2024.

Dalam PKPU Nomor 8 Tahun 2024 bagi ketiga persyaratan calon pasal 14 poin 2 sub d menyebutkan, usai minimal bakal calon gubernur dan wakil gubernur adalah 30 tahun. Sementara untuk usia bakal calon wali kota dan wakil wali kota serta bupati dan wakil bupati adalah 25 tahun.

Regulasi tersebut juga disosialisasikan oleh KPU Provinsi Jateng di Hotel New Puri Garden Kota Semarang, Senin (15/7/2024). Ketua KPU Provinsi Jateng Handi Tri Ujiono juga mengatakan hal serupa seusai PKPU Nomor 8 Tahun 2024.


Jika dihitung tahun, berarti pemuda kelahiran tahun 1999 bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon wali kota atau wakil hingga bupati dan wakilnya.

Sementara Genz yang lahir di tahun 1994 bisa mendaftarkan diri sebagai bakal calon gubernur atau wakil gubernur Jateng.

"Berarti saya juga bisa daftar menjadi bakal calon wali kota Semarang, usia saya sudah 27 tahun," terang Bayu Satria warga Kota Semarang sembari tersenyum.

Tak hanya Bayu yang menanggapi hal tersebut, sejumlah orang tua yang memiliki anak usia 25 tahun juga bersuara.

"Dari pada anak-anak bingung setelah lulus kuliah dan menjadi beban keluarga lebih baik nyalon saja," papar Andik Setyono (57) warga Kabupaten Kendal menanggapi regulasi tersebut.

Menurutnya, dalam regulasi KPU usia minimal bakal calon kepala daerah terlalu muda. Andik mengatakan, bakal calon kepala daerah terlalu muda belum matang dalam hal memberikan kebijakan.


"Istilahnya buah itu belum matang betul, masih asam. Harusnya regulasi dibuat dengan dasar yang baik. 25 sampai 30 tahun kan usia masih mencari jatidiri," imbuhnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus
KRIMINAL Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Geger satu warga tewas dan dua lainnya luka-luka diduga diserang gerombolan pelajar di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024) dini hari.

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang
PEMERINTAHAN Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

ESG Award by KEHATI adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh KEHATI kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip ESG

Jumat 02-Aug-2024 21:35 WIB

Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

Tulis Komentar