Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Pasar Murah di Kota Mojokerto, Cabai Rawit Diecer Rp 13.000 per 250 Gram Untuk Siasati Harga Mahal

Rabu 31-Jul-2024 21:16 WIB

52

Pasar Murah di Kota Mojokerto, Cabai Rawit Diecer Rp 13.000 per 250 Gram Untuk Siasati Harga Mahal

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Untuk ke sekian kalinya cabai rawit seperti naik panggung dengan harga tertinggi di beberapa daerah. Begitu pula di Kota Mojokerto, cabai rawit sudah mencapai Rp 75.000 per KG, memaksa Pemkot Mojokerto menempuh langkah strategis.

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro bergerak cepat melakukan operasi pasar untuk menekan kenaikan harga cabai di pasaran.

Operasi pasar murah oleh Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, Perindustria dan Perdagangan (Diskopukmperindag) Kota Mojokerto itu, dilaksanakan di halaman Kelurahan Jagalan, Rabu (31/7/2024).

Ali kuncoro mengungkapkan, kenaikan harga cabai merupakan masalah serius, yakni dapat mengganggu stabilitas ekonomi daerah dan berpotensi menjadi penyumbang terbesar inflasi di Kota Mojokerto. Terlebih, harga cabai rawit tertinggi saat ini tembus Rp 75.000 per KG.

“Dalam operasi pasar murah ini, Diskopukmperindag menyediakan cabai rawit dengan harga Rp 13.000 per 250 gram. Kita juga ada komoditas, seperti telur ayam yang kita sediakan dengan harga Rp 22.000 per KG, dan minyak goreng dengan harga Rp 14.000 per botol,” jelasnya.

Ia mengatakan kenaikan harga cabai akibat keterbatasan stok di pasaran dan belum memasuki masa panen. “Cabai hasil panen pada masa tanam sebelumnya sudah mulai habis. Namun belum memasuki masa panen cabai berikutnya. Diperkirakan satu dua bulan ke depan mulai masuk masa panen,” bebernya.

Menurut Ali Kuncoro, sebagai upaya menjaga stabilisasi harga tetap terkendali maka masyarakat dapat berbelanja melalui Pracangan TPID.

“Operasi pasar dan Pracangan TPID merupakan upaya konkret yang kami lakukan, untuk menjaga kestabilan harga. Silakan dimanfaatkan dan saya pesan berbelanja secukupnya saja, jangan berlebih. Jangan kuatir kekurangan, karena stok ketersedian bahan pokok di Kota Mojokerto aman,” kata Ali Kuncoro.

Ali Kuncoro sekaligus Kadispora Jatim ini menjelaskan, pemkot melalui Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian (DKPP) juga, bersinergi dengan Tim Penggerak Pemberdayaan dan Kesejahteraan Keluarga (TP PKK) dalam kegiatan Cabenisasi.

Cabenisasi ini adalah bagian dari program Amalkan dan Kukuhkan Halaman Asri Teratur Indah dan Nyaman (Aku Hatinya) PKK. Sehingga dapat menjadi solusi agar masyarakat tidak bergantung dengan stok cabai di pasaran dan dapat menanam sendiri.

“Kegiatan cabenisasi ini ada bantuan tanaman cabai rawit dari DKPP, untuk ditanam oleh anggota TP PKK di masing-masing kelurahan. Harapannya tanaman cabai bisa terus berlangsung dan dapat mencukupi kebutuhan masing-masing keluarga,” pungkasnya.

Kepala Diskopukmperindag, Ani Wijaya menambahkan operasi pasar murah akan terus dilakukan sesuai kebutuhan masyarakat Kota Mojokerto.

“Operasi pasar bisa kembali dilakukan seminggu sekali. Untuk lokasinya nanti akan kita buat bergantian. Komoditas yang dijual juga bisa berubah, bisa ditambah dengan beras atau komoditas lain menyesuaikan kebutuhan pasar,” tandasnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus
KRIMINAL Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Geger satu warga tewas dan dua lainnya luka-luka diduga diserang gerombolan pelajar di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024) dini hari.

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang
PEMERINTAHAN Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

ESG Award by KEHATI adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh KEHATI kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip ESG

Jumat 02-Aug-2024 21:35 WIB

Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

Tulis Komentar