Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

TRAVEL

Pariwisata Berangsur Pulih, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik Hampir 6 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Sabtu 17-Jun-2023 09:13 WIB

152

Pariwisata Berangsur Pulih, Kunjungan Wisatawan Mancanegara Naik Hampir 6 Kali Lipat Dibanding Tahun Lalu

Foto : LINE Bank

Brominemedia.com --  Seiring situasi Pandemi Covid-19 kian berakhir, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Kemenparekraf) langsung kembali tancap gas kejar jumlah kunjungan wisatawan mancanegara.

Selama tiga bulan pertama pada 2023, data Kemenparekraf tercatat kalau kunjungan wisatawan mancanegara secara kumulatif mencapai 2,25 juta atau naik hampir 6 kali lipat dibandingkan periode yang sama tahun 2022.

Pada tahun 2023, pemerintah Indonesia menetapkan target ambisius mencapai 1,4 miliar pergerakan wisatawan nusantara dan 8,5 juta perjalanan untuk kunjungan wisatawan mancanegara. Selain itu, pemerintah juga menargetkan terbukanya 4,4 juta lapangan kerja baru dari sektor pariwisata dan ekonomi kreatif di tahun 2024.

"Pemerintah Indonesia dinilai sukses dalam menangani pandemi dan menjaga pertumbuhan ekonomi tetap stabil. Keberhasilan ini menarik kepercayaan dari dunia kepada Indonesia mengingat tren pemulihan terus menunjukkan peningkatan positif," kata Menparekraf Sandiaga Uno dalam keterangan tertulisnya, Jumat (16/6/2023).



Sandiaga Uno turut hadir dalam diskusi tingkat tinggi organisasi turis dunia atau The World Tourism Organization di Phnom Penh, Kamboja, yang berlangsung 15-17 Juni 2023.

"Melalui partisipasi dalam diskusi tingkat tinggi ini, kami berharap Indonesia dapat memberikan masukan untuk industri pariwisata global pasca pandemi serta mendorong terciptanya pariwisata yang berkelanjutan," imbuhnya.

Dalam acara yang sama, platform travel asal Indonesia Traveloka juga ditetapkan resmi tergabung sebagai Affiliate Member The World Tourism Organization (UNWTO) karena dinilai berkontribusi serhadap sektor pariwisata berkelanjutan di wilayah Asia Tenggara.

Sehingga, Traveloka menjadi platform travel pertama dan satu-satunya di Asia Tenggara yang mencapai status Affiliate Member di UNWTO. Keuntungan dari status tersebut menjadikan Traveloka bisa mendapatkan kesempatan untuk berinteraksi langsung dengan Affiliate Member lainnya, beradvokasi dengan para pemimpin pariwisata, serta pemimpin negara anggota lain dalam konteks global.


Juga terlibat dalam dialog tingkat tinggi di tingkat regional maupun global, serta memiliki akses terhadap tren pariwisata global yang disediakan oleh UNWTO.


"Traveloka berbagi pandangan mengenai tantangan dan peluang di era pemulihan pariwisata, termasuk pentingnya inovasi dan kemitraan strategis dengan pemerintah lokal maupun regional," kata Co-Founder Traveloka Albert.

Menurut Albert, pariwisata secara global telah menunjukkan tingkat pemulihan yang signifikan pasca situasi pandemi. Merujuk pada barometer kepariwisataan UNWTO, sebanyak 235 juta orang melakukan perjalanan internasional di seluruh dunia selama triwulan I/2023.

Jumlah tersebut dua kali lipat lebih tinggi dibandingkan periode yang sama tahun 2022 atau setara dengan 80 persen dari jumlah turis yang bepergian ketika era sebelum pandemi.

Konten Terkait

OLAHRAGA Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Mauro Zijlstra memiliki kelayakan untuk dinaturalisasi sebagai pemain Indonesia berkat hubungan keluarga yang dimilikinya.

Jumat 13-Sep-2024 20:28 WIB

Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia
PEMERINTAHAN Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak lama lagi bakal dilantik.

Selasa 10-Sep-2024 20:33 WIB

Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?
OLAHRAGA Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia

Timnas Indonesia mampu tampil solid selama babak pertama, namun Australia berhasil mendominasi jalannya pertandingan

Selasa 10-Sep-2024 20:31 WIB

Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia
TREND Mengejar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 8%, Ekonom Ungkap Syaratnya

Ekonom senior Indef, menyebutkan, bahwa pertumbuhan ekonomi Indonesia menyentuh angka 8% masih bisa dicapai (attainable growth).

Minggu 08-Sep-2024 20:24 WIB

Mengejar Pertumbuhan Ekonomi Indonesia 8%, Ekonom Ungkap Syaratnya
OLAHRAGA Kabar Baik, Striker Haus Gol Australia Dipastikan Absen Lawan Timnas Indonesia

Kesalahan sendiri striker Australia Kusini Yengi membuat gagal dirinya absen saat lawatan ke markas Timnas Indonesia. Baca di sini.

Kamis 05-Sep-2024 20:39 WIB

Kabar Baik, Striker Haus Gol Australia Dipastikan Absen Lawan Timnas Indonesia

Tulis Komentar