Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PENDIDIKAN

Orang Tua Siswa di Solo Ngadu Akun Daftar PPDB Digunakan Orang Lain

Jumat 12-Jul-2024 20:20 WIB

62

Orang Tua Siswa di Solo Ngadu Akun Daftar PPDB Digunakan Orang Lain

Foto : tempo

Brominemedia.com – Pemerintah Kota Solo mendapatkan pengaduan seputar Penerimaan Peserta Didik Baru atau PPDB Kota Solo Tahun Ajaran 2024-2025. Laporan diajukan lewat laman Unit Layanan Aduan Masyarakat atau ULAS. Orang tua calon peserta didik (CPD) melapor akun mereka digunakan orang lain untuk mendaftar sekolah. 

Padahal mereka merasa belum menggunakan akun yang telah dibuat untuk mendaftarkan anaknya sekolah, tapi sudah terdaftar ke sekolah yang bukan tujuan mereka. 

Berdasarkan pantauan Tempo di laman ULAS milik Pemerintah Kota Solo, Jumat, 12 Juli 2024, warga bernama Yunita Ika Sari melaporkan bahwa akunnya sudah terbuka dan dinyatakan mendaftar ke SMP Negeri 12 Solo. Padahal ia belum mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuannya.

"Malam mas, sy yunita. Sy mau pengaduan. Zonasi smp anak sy smp 1, kemarin hari senin verifikasi data ke smp 1. Hari ini sy belum daftar tapi akun anak sy sudah kebuka dan dinyatakan mendaftar ke smp 12. Kenapa bisa terjadi seperti itu mas? Siapa oknum yang melakukan itu? Lalu langkah sy harus bagaimana?," tulis Yunita, tertanggal 10 Juli 2024, dikutip Tempo dari laman ULAS, Jumat, 12 Juli 2024. 

Kepala Bidang SMP Dinas Pendidikan Kota Solo, Abi Satoto mengkonfirmasi adanya pengaduan berkaitan dengan PPDB Kota Solo. "Jadi itu ada orang tua mengadu ke kami, dia merasa belum menggunakan akun mendaftar tahu-tahu sudah mendaftarkan diri," kata Abi melalui sambungan telepon.

Dia mengatakan pihaknya telah menindaklanjuti pengaduan itu dengan meminta orang tua CPD untuk membuat pernyataan bahwa mereka benar-benar tidak mendaftar. Pihaknya memastikan akun tidak dapat digunakan untuk mendaftar jika tidak ada username dan password.
 
"Secara sistem kalau tidak ada username dan password tidak bisa buat daftar," kata dia menjelaskan.

Abi menuturkan orang tua yang melapor akunnya dipakai orang lain tersebut terdaftar di berbagai SMP di Solo. "Daftar sekolahnya macam-macam ada yang SMP 12, 24, 15. Mereka tidak merasa daftar itu. Memang dideteksi ada orang masuk begitu," ungkap dia.

Ia menambahkan telah mereset kembali akun CPD yang digunakan orang lain. Sehingga orang tua CPD bisa menggunakan username dan password mereka untuk mendaftarkan anaknya ke sekolah tujuan.  

"Sudah kita selesaikan. Sekarang mereka sudah bisa mendaftar semua," ucap dia.

Share:

Konten Terkait

EVENT Jelang Peparnas 2024, Komisi Nasional Disabilitas Tinjau Kesiapan Venue di Solo, Ini Hasilnya

Komisi Nasional Disabilitas (KND) optimistis penyelenggaraan Pekan Paralimpiade Nasional (Perparnas) XVII 2024 dapat berjalan sukses.

Rabu 18-Sep-2024 20:26 WIB

Jelang Peparnas 2024, Komisi Nasional Disabilitas Tinjau Kesiapan Venue di Solo, Ini Hasilnya
PERISTIWA Rakerda IHGMA Jateng 2024 : Hotel di Solo Diminta Ikut 'Jualan' Kearifan Lokal

Indonesian Hotel General Manager Association (IHGMA) wilayah Jawa Tengah telah sukses menggelar Rapat Kerja Daerah (Rakerda).

Minggu 08-Sep-2024 20:29 WIB

Rakerda IHGMA Jateng 2024 : Hotel di Solo Diminta Ikut 'Jualan' Kearifan Lokal
PENDIDIKAN Cerita Pilu Siswa SMA di Adonara Timur Dikeluarkan Gara-Gara Masalah Sepele

Perselisihan keduanya berbuntut panjang. Teman Yoseph rupanya melaporkan kejadian itu ke keluarganya hingga melakukan kekerasan fisik terhadap Yoseph di sekolah

Jumat 30-Aug-2024 20:35 WIB

Cerita Pilu Siswa SMA di Adonara Timur Dikeluarkan Gara-Gara Masalah Sepele
PERISTIWA Kecelakaan di Wonogiri, 2 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS Solo Tewas

Dua mahasiswa UNS Solo itu meninggal akibat kecelakaan ketika motor yang mereka naiki ditabrak mobil di Wonogiri.

Kamis 15-Aug-2024 20:45 WIB

Kecelakaan di Wonogiri, 2 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS Solo Tewas
PERISTIWA Penumpang Bawa Bom Aktif di KA Gajayana, Ditangkap Densus 88 di Stasiun Solo Balapan!

Selain di Solo, Jawa Tengah, Densus 88 Antiteror juga menangkap empat terduga teroris di dua lokasi berbeda di Batu, Jawa Timur.

Kamis 01-Aug-2024 21:43 WIB

Penumpang Bawa Bom Aktif di KA Gajayana, Ditangkap Densus 88 di Stasiun Solo Balapan!

Tulis Komentar