Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

LIFESTYLE

Mengantuk Berlebihan, Kondisi Apa Saja yang Mempengaruhi Itu?

Senin 06-Mar-2023 07:14 WIB

148

Mengantuk Berlebihan, Kondisi Apa Saja yang Mempengaruhi Itu?

Foto : tempo

brominemedia.com - Mengantuk berlebihan saat siang atau drowsiness, kondisi yang menyebabkan menguap terus, mata berat. Keinginan tidur tak tertahankan pada siang terasa terus-menerus mengganggu aktivitas sehari-hari. Mengantuk berlebihan menurunkan produktivitas, fokus, dan mengakibatkan gangguan suasana hati.

Apa penyebab mengantuk berlebihan?

1. Kurang tidur

Merujuk Sleep Foundation, ada banyak gangguan yang mengakibatkan kurang tidur pada malam hari. Beberapa di antaranya insomnia, sleep apnea, dan restless leg syndrome. Insomnia sulit untuk tertidur pada jam normal. Sleep apnea gangguan pernapasan yang ditandai dengan jeda singkat pada malam.

Restless leg syndrome kondisi ini menyebabkan sensasi yang kuat untuk menggerakkan anggota tubuh. Akibatnya sulit mendapat kualitas tidur yang baik.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

2. Kondisi medis

Beberapa kondisi medis menyebabkan kantuk berlebihan pada siang. Adapun di antaranya diabetes, hipertiroidisme, hiponatremia, infeksi mononukleosis (mono), dan sindrom kelelahan kronis (CFS).

3. Gangguan kesehatan mental

Orang yang mengalami depresi berat, bipolar, gangguan stres pascatrauma (PTSD), dan gangguan kecemasan umum rentan susah tidur. Akibatnya, saat siang muncul kantuk berlebihan.

Gangguan kesehatan mental menyebabkan narkolepsi. Kondisi neurologis otak tidak bisa mengatur siklus tidur dan bangun. Narkolepsi berakibat cenderung cepat tertidur pada waktu yang tidak tepat.

4. Obat-obatan

Mengutip Health Grades, beberapa jenis obat-obatan bisa memicu kantuk berlebihan pada siang hari. Adapun jenisnya, antar lain obat antidepresan, antimual, obat alergi, atau penenang.

Konten Terkait

LIFESTYLE Mengantuk Berlebihan, Kondisi Apa Saja yang Mempengaruhi Itu?

Mengantuk berlebihan saat siang atau drowsiness, kondisi yang menyebabkan menguap terus, mata berat

Senin 06-Mar-2023 07:14 WIB

Mengantuk Berlebihan, Kondisi Apa Saja yang Mempengaruhi Itu?

Tulis Komentar