Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Lagi, Jurnalis dan Kameramen Al Jazeera Tewas dalam Serangan Israel di Gaza, Pembunuhan Ditargetkan

Kamis 01-Aug-2024 21:43 WIB

42

Lagi, Jurnalis dan Kameramen Al Jazeera Tewas dalam Serangan Israel di Gaza, Pembunuhan Ditargetkan

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Jaringan Al Jazeera menyampaikan bahwa dua korespondennya tewas dalam serangan udara Israel di kamp pengungsi Al-Shati, Gaza utara pada Rabu (31/7/2024).

Ismail Al-Ghoul dan kameramennya, Rami Al-Rifi, tewas dalam serangan udara yang menghantam mobil mereka.

Rekan wartawan menuturkan, Al-Ghoul bahkan mengenakan rompi antipeluru saat terbunuh.

Kedua wartawan itu, keduanya berusia 27 tahun.

Mereka berdua meliput berita secara live hampir sepanjang hari dari lokasi yang dekat dengan rumah keluarga Kepala Politik Hamas, Ismail Haniyeh.

Selama perang ini, ia tidak bisa bertemu istri dan putrinya yang baru berusia 2 tahun, Zeina, CNN melaporkan.

Sudah 10 bulan keluarganya mengungsi ke Gaza tengah.

Dalam unggahannya di X bulan Juni kemarin, Al-Ghoul tampak merindukan putri kecilnya.

"Hari-hari ini, tidak seperti hari-hari lainnya," tulis wartawan itu.

"Zeina mulai berlari, berbicara, mengajukan pertanyaan. Ia tumbuh tanpa saya melihatnya," ucapnya di X saat itu.

Anas al-Sharif dari Al Jazeera, melaporkan dari Gaza, berada di rumah sakit tempat jenazah kedua rekannya dibawa.

“Ismail menyampaikan penderitaan rakyat Palestina yang terusir, penderitaan orang-orang yang terluka, dan pembantaian yang dilakukan oleh pendudukan [Israel] terhadap orang-orang tak berdosa di Gaza,” katanya.

“Perasaan itu – tidak ada kata-kata yang dapat menggambarkan apa yang terjadi.”

Ismail dan Rami mengenakan rompi media dan ada tanda pengenal di mobil mereka saat mereka diserang.

Mereka terakhir kali menghubungi kantor berita 15 menit sebelum serangan.

Selama panggilan telepon, mereka melaporkan adanya serangan di sebuah rumah dekat tempat mereka melapor dan diminta untuk segera pergi.

Mereka melakukannya, dan sedang dalam perjalanan ke Rumah Sakit Al-Ahli Arab ketika mereka terbunuh.

Kematian dua jurnalis Al Jazeera memicu kecaman dari kelompok advokasi.

Situasi dan kondisi berbahaya bagi reporter lokal yang meliput perang Israel-Hamas di Gaza pun menjadi sorotan.

Belum ada komentar langsung dari Israel.


Pembunuhan yang ditargetkan

Dalam sebuah pernyataan, Al Jazeera Media Network menyebut pembunuhan tersebut sebagai “pembunuhan yang ditargetkan” oleh pasukan Israel dan berjanji untuk “mengambil semua tindakan hukum untuk mengadili para pelaku kejahatan ini”.

“Serangan terbaru terhadap jurnalis Al Jazeera ini merupakan bagian dari kampanye penargetan sistematis terhadap jurnalis jaringan tersebut dan keluarga mereka sejak Oktober 2023,” kata jaringan tersebut.

Menurut data awal dari Komite Perlindungan Jurnalis (CPJ), sedikitnya 111 jurnalis dan pekerja media termasuk di antara mereka yang tewas sejak dimulainya perang pada 7 Oktober. Kantor media pemerintah Gaza menyebutkan angka 165 jurnalis Palestina tewas sejak perang dimulai.

Mohamed Moawad, pemimpin redaksi Al Jazeera Arabic, mengatakan jurnalis jaringan yang berbasis di Qatar itu tewas pada hari Rabu saat mereka "dengan berani meliput peristiwa di Gaza utara".

Ismail terkenal karena profesionalisme dan dedikasinya, menarik perhatian dunia terhadap penderitaan dan kekejaman yang terjadi di Gaza, khususnya di Rumah Sakit al-Shifa dan lingkungan utara daerah kantong yang terkepung itu.

“Tanpa Ismail, dunia tidak akan melihat gambar-gambar pembantaian yang menghancurkan ini,” tulis Moawad di X.

Ia menambahkan bahwa al-Ghoul “tanpa henti meliput peristiwa tersebut dan menyampaikan realitas Gaza kepada dunia melalui Al Jazeera”.

“Suaranya kini telah dibungkam, dan tidak perlu lagi menyerukan kepada dunia bahwa Ismail telah memenuhi misinya untuk rakyat dan tanah airnya,” kata Moawad. “Malu pada mereka yang telah gagal melindungi warga sipil, jurnalis, dan kemanusiaan.”


Serangkaian pembunuhan jurnalis

Pembunuhan pada hari Rabu menambah jumlah total jurnalis Al Jazeera yang terbunuh di Gaza sejak awal perang menjadi empat.

Pada bulan Desember, jurnalis Al Jazeera berbahasa Arab Samer Abudaqa tewas dalam serangan Israel di Khan Younis.

Kepala biro Al Jazeera di Gaza, Wael Dahdouh, juga terluka dalam serangan itu.

Istri, putra, putri, dan cucu Dadouh tewas dalam serangan udara Israel di kamp pengungsi Nuseirat pada bulan Oktober.

Pada bulan Januari, putra Dahdouh, Hamza , yang juga seorang jurnalis Al Jazeera, tewas dalam serangan rudal Israel di Khan Younis.

Sebelum perang, koresponden Al Jazeera Shireen Abu Akleh ditembak mati oleh seorang tentara Israel saat meliput serangan Israel di Jenin di Tepi Barat yang diduduki pada bulan Mei 2022.

Meskipun Israel telah mengakui bahwa tentaranya kemungkinan besar telah menembak mati Abu Akleh, Israel belum melakukan penyelidikan kriminal apa pun atas kematiannya.

Melaporkan dari Deir el-Balah di Gaza tengah pada hari Rabu, Hind Khoudary dari Al Jazeera merenungkan bahaya sehari-hari yang dihadapi jurnalis.

“Kami melakukan segalanya [untuk tetap aman]. Kami mengenakan jaket pers. Kami mengenakan helm. Kami berusaha untuk tidak pergi ke tempat yang tidak aman. Kami berusaha pergi ke tempat-tempat yang dapat menjaga keamanan kami,” katanya.

“Namun, kami telah menjadi sasaran di tempat-tempat biasa di mana warga biasa berada.

“Kami berusaha melakukan segalanya, tetapi pada saat yang sama, kami ingin melaporkan, kami ingin memberi tahu dunia apa yang sedang terjadi.”

Jodie Ginsberg, presiden CPJ, mengatakan pembunuhan al-Ghoul dan al-Refee adalah contoh terbaru dari risiko mendokumentasikan perang di Gaza, yang merupakan konflik paling mematikan bagi jurnalis yang didokumentasikan organisasi tersebut dalam 30 tahun.

Ginsberg mengatakan kepada Al Jazeera bahwa organisasi tersebut telah menemukan setidaknya tiga wartawan telah menjadi sasaran langsung oleh pasukan Israel di Gaza sejak perang dimulai.

Ia mengatakan CPJ sedang menyelidiki 10 kasus tambahan, sambil mencatat kesulitan menentukan rincian lengkap tanpa akses ke Gaza.

“Itu bukan sekadar pola yang kita lihat dalam konflik ini, namun tampaknya menjadi bagian dari strategi [Israel] yang lebih luas yang bertujuan untuk membendung informasi yang keluar dari Gaza,” kata Ginsberg, seraya menyebutkan larangan Al Jazeera untuk meliput di Israel sebagai bagian dari tren ini.

Konten Terkait

PERISTIWA Wamenlu Iran: Israel Tunda Gencatan Senjata Karena Netanyahu Bisa Diadili

Saya ingin Anda perhatikan gerakan Netanyahu dan Israel yang lakukan berbagai cara untuk hentikan proses negosiasi gencatan senjata, ujar Sheikholeslami.

Rabu 14-Aug-2024 01:29 WIB

Wamenlu Iran: Israel Tunda Gencatan Senjata Karena Netanyahu Bisa Diadili
PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus
KRIMINAL Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Geger satu warga tewas dan dua lainnya luka-luka diduga diserang gerombolan pelajar di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024) dini hari.

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Tulis Komentar