Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

TREND

Kenali Gejala Flu Unta yang Menjangkit 3 Pemain Prancis Sebelum Laga Final Piala Dunia

Senin 19-Dec-2022 09:12 WIB

175

Kenali Gejala Flu Unta yang Menjangkit 3 Pemain Prancis Sebelum Laga Final Piala Dunia

Foto : tempo

brominemedia.com - Para penonton yang pulang ke negara asalnya setelah melihat pertandingan Piala Dunia di Qatar diminta mewaspadai penularan MERS Timur Tengah, atau yang biasa disebut dengan Flu Unta. Tiga pemain Prancis, Kingsley Coman, Dayot Upamecano, dan Adrien Rabiot dikabarkan terkena flu unta sebelum final Piala Dunia.

Apa itu Virus Unta?

Dilansir lari National World, flu unta adalah sebuah penyakit pernapasan virus yang disebabkan oleh sindrom pernapasan Coronavirus Timur Tengah atau MERS-CoV.

Virus ini pertama kali ditemukan di Arab Saudi pada tahun 2012. Coronavirus sendiri merupakan salah satu keluarga dalam virus yang menyebabkan flu biasa hingga sindrom pernapasan akut atau SARS, dan Covid-19.

Menurut World Health Assosiation (WHO), sekitar 80 persen kasus SARS yang terjadi di Arab Saudi yang sebagian besar terjadi akibat kontak langsung atau tidak langsung dengan unta dromedari atau individu yang terinfeksi di fasilitas perawatan.

Sedangkan kasus yang terjadi di luar Timur Tengah biasanya merupakan individu yang telah terinfeksi di Timur Tengah, lalu melakukan perjalanan ke daerah di luar wilayah tersebut.

Apa Gejalanya?

Adapun gejala yang paling umum dari flu unta adalah demam, batuk, dan sesak napas. Selain itu, pneumonia atau radang paru-paru juga bisa menjadi gejala namun tidak di banyak kasus.

Menurut WHO, orang lanjut usia, orang dengan sistem kekebalan yang lemah, dan mereka yang memiliki penyakit kronis seperti penyakit ginjal, kanker, penyakit paru-paru kronis, hipertensi, penyakit kardiovaskular, dan diabetes memiliki resiko lebih besar untuk tertular penyakit ini.

Pengobatan

Sampai saat ini, tidak ada vaksin atau pengobatan khusus untuk menangani flu unta. Namun ada beberapa vaksin dan pengobatan khusus yang sedang dikembangkan secara klinis. Sehingga saat ini pengobatan pasien flu unta bersifat suportif dan berdasarkan kondisi klinis pasien.

Jadi, tetap praktikkan langkah-langkah kebersihan umum sebagai tindakan pencegahan, termasuk mencuci tangan secara teratur sebelum dan sesudah menyentuh hewan dan menghindari kontak dengan hewan yang sakit.

Konten Terkait

OLAHRAGA Hasil Kualifikasi Euro 2024: Timnas Prancis Raih Kemenangan Kedua, Kalahkan Irlandia 1-0

Timnas Prancis mampu menjaga torehan apiknya di Kualifikasi Euro 2024. Les Bleus mengalahkan Republik Irlandia dengan skor 1-0.

Selasa 28-Mar-2023 04:20 WIB

Hasil Kualifikasi Euro 2024: Timnas Prancis Raih Kemenangan Kedua, Kalahkan Irlandia 1-0
OLAHRAGA Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia 2023

Pemain Timnas Indonesia U 20 di Piala Asia 2023. Sumber: PSSI.SEPAK POJOK -- Pelatih Shin Tae Yong sudah menetapkan 23 pemain Timnas Indonesia U-20 yang bakal tampil di Piala...

Sabtu 25-Feb-2023 04:44 WIB

Daftar 23 Pemain Timnas Indonesia U-20 untuk Piala Asia 2023
OLAHRAGA Shin Tae-yong Bawa 23 Pemain ke Piala AFC U-20, Ini Daftarnya

Pelatih Timnas Indonesia Shin Tae-yong menetapkan 23 pemain yang akan dibawa untuk berlaga di Piala AFC U-20 2023 yang akan digelar 1 hingga 18 Maret mendatang

Jumat 24-Feb-2023 00:17 WIB

Shin Tae-yong Bawa 23 Pemain ke Piala AFC U-20, Ini Daftarnya
OLAHRAGA Piala AFF 2022 Malam Ini: 3 Pemain Filipina yang Bisa Jadi Ancaman bagi Timnas Indonesia

Timnas Indonesia akan menghadapi Filipina dalam laga pamungkas Grup A Piala AFF 2022. Ini tiga pemain lawan yang bisa jadi ancaman.

Senin 02-Jan-2023 05:48 WIB

Piala AFF 2022 Malam Ini: 3 Pemain Filipina yang Bisa Jadi Ancaman bagi Timnas Indonesia
TREND Kenali Gejala Flu Unta yang Menjangkit 3 Pemain Prancis Sebelum Laga Final Piala Dunia

Flu unta adalah sebuah penyakit pernapasan virus yang disebabkan oleh sindrom pernapasan Coronavirus Timur Tengah atau MERS-CoV.

Senin 19-Dec-2022 09:12 WIB

Kenali Gejala Flu Unta yang Menjangkit 3 Pemain Prancis Sebelum Laga Final Piala Dunia

Tulis Komentar