Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

LIFESTYLE

Ini Tips Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Kamis 29-Dec-2022 11:06 WIB

184

Ini Tips Pilih Jurusan Kuliah yang Tepat

Foto : tempo

brominemedia.com - Ada banyak faktor mengapa banyak sarjana menganggur setelah lulus kuliah. Jurusan kuliah bisa menjadi salah satu faktor yang memengaruhi hal tersebut selain memang terbatasnya lapangan pekerjaan. Memilih jurusan kuliah perlu dipikirkan dengan matang agar tidak menyesal di kemudian hari.

Kepala Biro Administrasi Kemahasiswaan Alumni dan Inovasi Universitas Muhammadiyah Surabaya Junaidi Fery Efendi menyebut sejumlah orang tidak bekerja sesuai dengan jurusan kuliah yang mereka tempuh. Junaidi membagikan sejumlah tips cara memilih jurusan kuliah yang tepat agar seseorang bisa menikmati proses belajar dan mendapatkan hasil maksimal.

Pertama menurutnya adalah, mengenali minat  dalam diri. Memahami minat dalam diri akan mempermudah seseorang untuk menemukan jurusan. Mulailah dengan menggali kebiasaan yang sering dilakukan selama ini.

 “Jika minat dalam diri sudah ditemukan, seseorang akan menikmati proses belajar dengan menyenangkan. Seseorang dengan jurusan kuliah yang tepat akan lebih siap menghadapi berbagai tantangan,” kata Junaidi dilansir dari laman UM Surabaya pada Kamis, 29 Desember 2022.

Kedua, lakukan tes kepribadian sebelum memilih jurusan. Pada usia belasan tahun, remaja masih belum menemukan jati dirinya yang sebenarnya, sehingga tes kepribadian ini akan mengukur dan memberikan gambaran umum tentang diri terkait berbagai hal.

“Saat ini sudah banyak tes kepribadian yang bisa ditemukan, sehingga seseorang tidak perlu kesulitan untuk melakukan tes ini,”imbuhnya lagi.

Ketiga, mintalah masukan dari orang tua atau orang lain. Diskusikan dengan orang yang memiliki pengalaman tentang kegelisahan yang dialami. Sampaikan dengan jelas kebingungan yang dialami, lalu mintalah saran sehingga menemukan berbagai pertimbangan untuk menentukan pilihan jurusan.

Keempat, pilih jurusan yang tepat dan cocok. Memilih jurusan kuliah yang tepat penting dilakukan sebagai pertimbangan yang matang dan tepat. "Pastikan memilih jurusan kuliah sesuai minat, sehingga kelak bisa menikmati proses kuliah dan mendapatkan hasil yang maksimal,” ujar dosen matematika tersebut.

Konten Terkait

LIFESTYLE Mantapkan Motivasi dan Ajak Pasangan, Ini Tips Penting untuk Memulai Olahraga

Olahraga merupakan cara termudah untuk menjaga kesehatan tubuh. Pada saat berolahraga, tubuh menjadi lebih bebas bergerak sehingga membuat sirkulasi darah menjadi lancar. Selain itu, olahraga juga mampu meningkatkan proses metabolisme tubuh, yaitu proses mengolah nutrisi dari makanan dan minum yang dikonsumsi menjadi energi.

Kamis 26-Sep-2024 20:27 WIB

Mantapkan Motivasi dan Ajak Pasangan, Ini Tips Penting untuk Memulai Olahraga
LIFESTYLE Begini Tips Tetap Sehat Jalani Puasa Saat Musim Pancaroba

Meskipun teh atau kopi menjadi minuman favorit, perhatikan cara konsumsinya saat Ramadan. Saat berpuasa, Anda perlu memperhatikan cara konsumsi teh atau kopi

Kamis 23-Mar-2023 06:30 WIB

Begini Tips Tetap Sehat Jalani Puasa Saat Musim Pancaroba
TEKNOLOGI Begini Tips Menghindari Modus Penipuan Online Berkedok File APK

Menurut Bank Indonesia (BI) lewat situs resminya, modus penipuan undangan pernikahan dan modus penipuan kurir paket, merupakan dua dari berbagai modus penipuan

Kamis 16-Mar-2023 04:51 WIB

Begini Tips Menghindari Modus Penipuan Online Berkedok File APK
LIFESTYLE Begini Tips Menjaga Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga

Pilihan menjadi wanita karir di masa sekarang bukan hal yang asing. Sudah banyak kaum wanita yang memutuskan untuk bekerja meski mereka sudah menikah dan suaminya juga seorang pekerja.

Selasa 28-Feb-2023 06:27 WIB

Begini Tips Menjaga Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga
LIFESTYLE Ladies, Begini Tips Menjaga Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga

Pilihan menjadi wanita karir di masa sekarang bukan hal yang asing. Sudah banyak kaum wanita yang memutuskan untuk bekerja meski mereka sudah menikah dan suaminya juga seorang pekerja.

Selasa 28-Feb-2023 06:27 WIB

Ladies, Begini Tips Menjaga Keseimbangan Antara Karier dan Keluarga

Tulis Komentar