Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

LIFESTYLE

Ini Masalah Kesehatan Generasi Sandwich dan Cara Mengatasinya

Kamis 17-Oct-2024 20:39 WIB

15

Ini Masalah Kesehatan Generasi Sandwich dan Cara Mengatasinya

Foto : mediaindonesia

Brominemedia.com – GENERASI sandwich merupakan orang-orang yang harus membiayai orangtua dan/atau anggota keluarga lainnya, sekaligus memenuhi kebutuhan diri sendiri. 

Menjadi generasi sandwich memang tidak mudah. Oleh karena itu, generasi sandwich lebih rentan mengalami berbagai masalah kesehatan mental. Melansir dari situs RS Pondok Indah, berikut beberapa masalah mental yang dialami generasi sandwich. 
 

Tips Menjaga Kesehatan Mental Generasi Sandwich

Generasi Sandwich sangat penting untuk mempelajari cara menjaga kesehatan diri, baik fisik maupun mental, hingga menyeimbangkan berbagai peran yang dimilikinya. Berikut beberapa cara menjaga kesehatan mental bagi generasi sandwich.

1. Luangkan Waktu untuk Diri Sendiri

Tak jarang generasi sandwich kurang memiliki waktu untuk diri sendiri. Oleh karena itu, ambil waktu khusus untuk melakukan hal bagi diri sendiri, seperti mengerjakan hobi atau sekedar bersantai, dan memanjakan diri. 

2. Pertemuan Keluarga

Pertemuan keluarga bisa menjadi suatu wadah untuk saling mencurahkan isi hati dan memberi dukungan satu sama lain. Pertemuan keluarga juga bisa digunakan untuk mendiskusikan berbagai masalah yang dihadapi dan bersama fokus mencari solusi.

3. Lepaskan Kendali

Sesekali, lepaskan kendali terhadap segala sesuatu. Perfeksionisme bisa menghasilkan stres yang lebih tinggi. Pelajari cara untuk tidak selalu mengatur semua hal di dalam kehidupan kamu. Kamu bisa menyerahkan tugas tertentu pada orang lain.

4. Komunikasi yang Baik

Saat lelah dan stres, pola komunikasi bisa sangat terpengaruh dan cenderung mengarah pada pola komunikasi yang lebih emosional. Saat pola komunikasi diwarnai dengan ketidaknyamanan dan konflik, tingkat stres cenderung meningkat. 

Oleh sebab itu, sebaiknya kamu mempelajari cara komunikasi yang baik untuk tetap menjaga suasana tetap tenang dan nyaman.

Konten Terkait

LIFESTYLE Ini Masalah Kesehatan Generasi Sandwich dan Cara Mengatasinya

GENERASI sandwich merupakan orang-orang yang harus membiayai orangtua dan/atau anggota keluarga lainnya, sekaligus memenuhi kebutuhan diri sendiri. ​​​​​​​

Kamis 17-Oct-2024 20:39 WIB

Ini Masalah Kesehatan Generasi Sandwich dan Cara Mengatasinya
FINANCE Generasi Milenial Kian Tajir, 70 Persen Tergolong Kaya

Gaya hidup generasi milenial yang sering melakukan perjalanan dan belanja mencerminkan tingkat kesejahteraan kian baik.

Sabtu 09-Sep-2023 04:57 WIB

Generasi Milenial Kian Tajir, 70 Persen Tergolong Kaya
PEMERINTAHAN Edukasi Soal Pola Hidup Sehat, HW Group Ajak Warga Senam Bersama

jabar.jpnn.com, DEPOK - HW Group kembali hadir di tengah-tengah masyarakat dengan mengadakan aksi sosial, di wilayah Tanjung Duren.

Kamis 02-Mar-2023 00:10 WIB

Edukasi Soal Pola Hidup Sehat, HW Group Ajak Warga Senam Bersama
PENDIDIKAN Generasi Z Perlu Membangun Reputasi dengan Bijak Bermedsos

Wadah pengembangan kreativitas bagi anak muda seperti generasi Z sangat banyak di era digital saat ini.

Selasa 28-Feb-2023 06:57 WIB

Generasi Z Perlu Membangun Reputasi dengan Bijak Bermedsos
TEKNOLOGI iPhone Generasi Pertama Sukses Jual Mencapai Rp800 Juta

Satu unit iPhone generasi pertama dilaporkan sukses dilelang dengan nilai mencapai Rp800 juta di Amerika Serikat, beberapa saat lalu.

Selasa 21-Feb-2023 08:17 WIB

iPhone Generasi Pertama Sukses Jual Mencapai Rp800 Juta

Tulis Komentar