Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Indonesia Kirim Bantuan Lebih dari Rp 7 Miliar ke Vanuatu

Selasa 09-May-2023 08:03 WIB

142

Indonesia Kirim Bantuan Lebih dari Rp 7 Miliar ke Vanuatu

Foto : liputan6

brominemedia.com – Indonesia mengirimkan bantuan untuk penanganan bencana alam berupa pangan, sandang, dan papan yang senilai Rp 7 Miliar ke Republic of Vanuatu. Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, turut melepas bantuan tersebut.

"Seperti kita ketahui, pada Maret 2023 lalu, Siklon Judy dan Kevin melanda negara Vanuatu, hingga menyebabkan dampak warga mengungsi, kerusakan jaringan infrastruktur, sumber air tercemar, kerusakan besar pada tanaman petani, hingga koneksi telepon dan internet terganggu," kata Muhadjir, di Terminal Kargo 501 Soekarno Hatta, Tangerang, Senin (8/5/2023).

Menurut dia, masifnya, bencana siklon Judy dan Kevin ini mendorong Pemerintah Vanuatu untuk menetapkan keadaan darurat dan meminta bantuan luar negeri, termasuk Indonesia.

Merespons hal tersebut, Indonesia akan memberikan bantuan kemanusiaan, berupa bantuan inkind untuk mendukung Vanuatu di masa pemulihan bencana dan rencana perbaikan ruangan VIP Bandara Port Vila, Vanuatu.

Secara rinci, bantuan ini senilai Rp 7.123.600.000, yang terdiri dari tenda pengungsi, tenda keluarga, generator, velbed, hygiene kits, sweater anak, jaket anak, jaket dewasa, perkakas tukang, rendang, paket sembako, lampu solar, dan gergaji mesin.

Selain itu, Pemerintah Indonesia akan memberikan bantuan perbaikan ruangan VIP Bandara Port Vila, Vanuatu.

"Bersamaan dengan bantuan ini, akan berangkat pula tim delegasi Pemerintah Republik Indonesia dengan personel dari Kemenko PMK, Komisi VIII DPR RI, BNPB, Kementerian Luar Negeri, Badan Intelijen Negara, KemenPUPR, PT. PP (Persero) dan Media. Di sana tim akan mengecek langsung apa saja yang dibutuhkan untuk pembangunan," kata Muhadjir.

Direncanakan, tim delegasi dan bantuan dari Indonesia akan tiba di Republic of Vanuatu pada Selasa 9 Mei 2023, sekitar pukul 10.00 pagi.

Sebelumnya, Vanuatu mengumumkan keadaan darurat pasca bencana gempa dan topan.

Gempa magnitudo 6,5 mengguncang negara itu pada Jumat (3/3/2023), sehari setelah Topan Judy melanda. Badai kategori empat itu memicu kerusakan dan banjir di seluruh negeri.

Di tengah situasi tersebut, penduduk setempat sekarang menghadapi badai tropis besar lainnya - Topan Kevin yang juga mendarat pada Jumat.

Ratusan orang dilaporkan telah mengungsi ke pusat-pusat evakuasi di Port Vila, sementara Topan Kevin yang tercatat sebagai badai kategori tiga membawa angin hingga 130 km/jam (81 mph).

"Kami adalah orang-orang yang tabah. Kami akan melewati ini," kata Perdana Menteri Vanuatu Ismail Kalsakau kepada RNZ Pacific pada Jumat seperti dilansir BBC.

Konten Terkait

PERISTIWA BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal

Jelang malam 1 suro, Batang, Jawa Tengah diguncang gempa dangkal hingga membuat sejumlah bangunan roboh.

Minggu 07-Jul-2024 20:11 WIB

BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal
PERISTIWA BREAKING NEWS - Mayat Perempuan di Batam Kondisi Tergantung Buat Geger Warga Sagulung

Mayat perempuan di Batam Kepri kondisi tergantung buat geger warga Perumahan Phoenix Garden, Sei Langkai, Sagulung, Jumat (17/5/2024).

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

BREAKING NEWS - Mayat Perempuan di Batam Kondisi Tergantung Buat Geger Warga Sagulung
PERISTIWA BREAKING NEWS: Ratusan Karyawan Garmen di Pemalang Geruduk Kantor Bea Cukai Tegal, Ini Tuntutannya

Ratusan karyawan perusahaan garmen PT Cahaya Timur Gramindo (CTG) Pemalang menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bea Cukai Tegal.

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

BREAKING NEWS: Ratusan Karyawan Garmen di Pemalang Geruduk Kantor Bea Cukai Tegal, Ini Tuntutannya
PERISTIWA Top 7 News Harianjogja.com Kamis 5 Oktober 2023

Berikut kami sampaikan 7 Top News brominemedia.com pada Kamis 5 Oktober 2023.

Kamis 05-Oct-2023 06:37 WIB

Top 7 News Harianjogja.com Kamis 5 Oktober 2023
PERISTIWA Indonesia Kirim Bantuan Lebih dari Rp 7 Miliar ke Vanuatu

Indonesia mengirimkan bantuan untuk penanganan bencana alam berupa pangan, sandang, dan papan yang senilai Rp 7 Miliar ke Republic of Vanuatu. Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, turut melepas bantuan tersebut.

Selasa 09-May-2023 08:03 WIB

Indonesia Kirim Bantuan Lebih dari Rp 7 Miliar ke Vanuatu

Tulis Komentar