Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Gibran Bantah Mundur dari Wali Kota Solo Berkaitan dengan Pilkada: Untuk Belanja Masalah

Selasa 16-Jul-2024 19:21 WIB

80

Gibran Bantah Mundur dari Wali Kota Solo Berkaitan dengan Pilkada: Untuk Belanja Masalah

Foto : tempo

Brominemedia.com - Wakil presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka buka suara perihal pertimbangannya memilih mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI Periode 2024-2029 pada 20 Oktober mendatang. Ia mengakui pengajuan pengunduran diri tersebut atas dasar pertimbangannya sendiri.

"Karena saya ada tugas-tugas lain yang harus saya selesaikan sebelum pelantikan," ujar Gibran ketika ditemui wartawan di Kantor DPRD Kota Solo, Jawa Tengah, seusai menyerahkan surat pengunduran dirinya kepada Pimpinan DPRD Kota Solo, Selasa, 16 Juli 2024.

Ia membantah saat ditanya apakah tugas-tugas yang harus diselesaikan sebelum pelantikannya itu ada hubungannya dengan persiapan Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) 2024. Sesuai tahapan Pilkada Serentak yang ditetapkan KPU RI, masa kampanye dijadwalkan mulai 25 September hingga 23 November 2024.
 
Meskipun dekat dengan masa kampanye, Gibran membantah pengunduran dirinya itu bertujuan mengkampanyekan calon-calon kepala daerah yang disokong pemerintahan Prabowo-Gibran.

"Saya kan bukan ketua partai, jadi tidak ada hubungannya dengan pilkada. Lebih banyak belanja masalah, terutama ke tempat-tempat yang belum pernah saya kunjungi. Tempat yang sudah pernah saya kunjungi juga. Jadi belanja masalah, bukan untuk pilkada," akunya.

Ia mengatakan bukan hanya Jakarta yang akan didatanginya, melainkan kota-kota lainnya. Hal itu termasuk Ibu Kota Nusantara atau IKN juga menjadi prioritasnya.

"Bukan cuma Jakarta, lokasi lainnya juga, semua tempat. IKN prioritas," katanya menegaskan.

Dalam rangka pengunduran dirinya itu, Gibran mengaku sudah menemui Menteri Dalam Negeri, Tito Karnavian dan Penjabat (Pj) Gubernur Jawa Tengah, Nana Sudjana. Ia juga sudah mengomunikasikan pengunduran dirinya itu dengan Presiden terpilih, Prabowo Subianto.

“Tentunya saya sudah berpamitan bapak Pj Gubernur, sudah ijin pak Presiden Terpilih, sudah menghadap Pak Mendagri. Intinya semua sudah dijalankan sesuai prosedur,” kata Gibran.

Gibran pada Selasa, 16 Juli ini resmi menyerahkan surat pengunduran dirinya sebagai Wali Kota Solo kepada Pimpinan DPRD Kota Solo. Surat itu diterima oleh Ketua DPRD Kota Solo, Budi Prasetyo bersama jajaran wakil ketua yaitu Taufiqqurahman, Sugeng Riyanto, dan Ahmad Sapari.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Budi Arie Ungkap Budi Gunawan Hadiri Pembekalan Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran

JPNN.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika (Menkominfo) Budi Arie mengatakan eks Kapala Badan Intelijen Negara (BIN) Budi Gunawan hadir dalam pembekalan calon menteri di kediaman Presiden Terpilih Prabowo Subianto di Hambalang, Kabupaten Bogor, Jawa Barat, Rabu (16/10).

Rabu 16-Oct-2024 20:58 WIB

Budi Arie Ungkap Budi Gunawan Hadiri Pembekalan Calon Menteri Kabinet Prabowo-Gibran
PERISTIWA Beredar Baliho Kampanye Bowo-Suwardi Menyertakan Lambang Daerah Sragen, Timses: Kemungkinan Relawan

Kemungkinan APK Bowo-Suwardi yang menyertakan lambang daerah Sragen dibuat oleh relawan.

Rabu 16-Oct-2024 20:55 WIB

Beredar Baliho Kampanye Bowo-Suwardi Menyertakan Lambang Daerah Sragen, Timses: Kemungkinan Relawan
TREND Sanusi-Lathifah Dukung Keberadaan Sound Horeg di Kabupaten Malang

Pasangan Calon Bupati Malang nomor urut 01 Sanusi-Lathifah (SaLaf) siap mendukung keberadaan Sound Horeg di Kabupaten Malang jika mereka terpilih.

Rabu 16-Oct-2024 20:52 WIB

Sanusi-Lathifah Dukung Keberadaan Sound Horeg di Kabupaten Malang
PERISTIWA Sambangi Pabrik Maspion, Khofifah Janji Akan Kurangi Pengangguran

Calon Gubernur Jawa Timur nomor urut 2 Khofifah Indar Paranwansa menyambangi Pabrik Maspion di Aloha Gedangan Sidoarjo.

Rabu 09-Oct-2024 20:19 WIB

Sambangi Pabrik Maspion, Khofifah Janji Akan Kurangi Pengangguran
EVENT Libatkan Masyarakat, Bima-Mujab Siapkan 15 Program Prioritas untuk Kabupaten Tegal

Pasangan Calon Bupati-Wakil Bupati Kabupaten Tegal nomor urut 1, Bima Eka Sakti dan Muhammad Syaeful Mujab menyiapkan 15 program prioritas.

Selasa 08-Oct-2024 20:21 WIB

Libatkan Masyarakat, Bima-Mujab Siapkan 15 Program Prioritas untuk Kabupaten Tegal

Tulis Komentar