Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Gempa di Batang Jawa Tengah Porak-porandakan Enam Desa, BMKG: Kantor Bupati Rusak Sedang

Minggu 07-Jul-2024 20:19 WIB

98

Gempa di Batang Jawa Tengah Porak-porandakan Enam Desa, BMKG: Kantor Bupati Rusak Sedang

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Gempa berkekuatan Magnitudo 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang, Jawa Tengah dan sekitarnya pada Minggu (7/7/2024) sekira pukul 14.35 WIB.

Gempa tersebut memorak-porandakan enam desa di wilayah tersebut. Sejumlah bangunan rusak ringan, sedang, hingga berat.

Kepala Pusat Data, Informasi dan Komunikasi Kebencanaan BNPB Abdul Muhari menyampaikan, jika menurut hasil kaji cepat sementara, gempa bumi dengan pusat kedalaman enam kilometer itu menyebabkan kerusakan dengan rincian meliputi tiga rumah rusak berat, lima rumah rusak ringan.


Kemudian lanjut Muhari, satu tempat ibadah rusak ringan, satu sekolah rusak sedang dan kantor Bupati Batang rusak sedang.

Dengan demikian kata Muhari, setidaknya gempa bumi dangkal itu telah berdampak di enam desa di Kecamatan Batang, tiga desa di Kecamatan Warungasem dan satu desa di Kecamatan Wonotunggal.

Selanjutnya Muhari mengungkapkan, Gempa Batang yang berpusat di koordinat 7.00 LS, 109.71 BT itu juga menyebabkan empat warga mengalami luka setelah terkena reruntuhan bangunan.

Muhari pun merinci data korban tersebut yakni pertama Sri Mukartuna, usia 37 tahun Dukuh Ketandan Rt.01 Rw.03 Kelurahan Proyonanggan Utara, Kecamatan Batang mengalami luka ringan.

Kedua, nama Cati usia 78 tahun, Dukuh Ketandan Rt.01 Rw.03 Kel. Proyonanggan Utara Kecamatan Batang mengalami luka di kepala.

Ketiga, Yuyun Safarih, usia 42 tahun warga Desa Kalisalak Rt.01 Rw.02 Kecamatan Batang mengalami luka di kepala.

Keempat, Sapiin usia 65 tahun, warga Kelurahan Karangasem Selatan, Kecamatan Batang dirujuk ke RSUD Kalisari Batang.

Sementara itu, hingga kini pihaknya bersama TNI, Polri dan unsur Forkopimda lainnya tengah melakukan asesmen lanjutan guna mendata kerusakan bangunan lainnya dan melakukan pertolongan kepada warga terdampak.

Lalu, Tim gabungan tersebut juga menyiapkan lokasi pengungsian termasuk pendataan warga.

Lantas Muhari juga menambahkan, pihaknya mengimbau kepada masyarakat khususnya di wilayah Batang dan sekitarnya, agar tetap tenang dan waspada terhadap potensi gempabumi susulan.


Sebagai informasi Gempabumi berkekuatan magnitudo (M) 4.4 mengguncang wilayah Kabupaten Batang dan sekitarnya pada Minggu (7/7/2024) sekira pukul 14.35 WIB.

Adapun guncangan gempabumi itu dirasakan cukup kuat di Kabupaten Batang, Kabupaten Pekalongan dan Kota Pekalongan Jawa Tengah.


Share:

Konten Terkait

PERISTIWA Gempa M5,8 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan hingga Malang dan Nganjuk

Gempa bumi berkekuatan Magnitudo 5,8 mengguncang wilayah Gunungkidul, DI Yogyakarta, pada Senin malam (26/8/2024) pukul 19.57 WIB.

Senin 26-Aug-2024 20:33 WIB

Gempa M5,8 Guncang Gunungkidul, Getarannya Dirasakan hingga Malang dan Nganjuk
PERISTIWA Soal Gempa Megathrust di Selat Sunda, Begini Kata Pakar UGM

Pakar Gempa UGM UGM) Gayatri Indah Marliyani meminta masyarakat jangan khawatir secara berlebihan soal potensi gempa Megathrust yang diperkirakan

Minggu 25-Aug-2024 20:27 WIB

Soal Gempa Megathrust di Selat Sunda, Begini Kata Pakar UGM
PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Transparansi Keuangan, Dispermades Batang Resmi Wajibkan Sistem Transaksi Non Tunai untuk Desa

Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Kabupaten Batang meresmikan penggunaan transaksi non tunai di 239 desa yang tersebar di 15 kecamatan

Senin 05-Aug-2024 20:33 WIB

Transparansi Keuangan, Dispermades Batang Resmi Wajibkan Sistem Transaksi Non Tunai untuk Desa

Tulis Komentar