Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PERISTIWA

Cerita Uskup Agung soal Sepatu Hitam Paus Fransiskus

Rabu 04-Sep-2024 20:45 WIB

43

Cerita Uskup Agung soal Sepatu Hitam Paus Fransiskus

Foto : tempo

Brominemedia.com – Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo Hardjoatmodjo bercerita soal sepatu tua yang dikenakan Paus Fransiskus saat berkunjung ke Indonesia. Suharyo mengaku tak sengaja memperhatikan sepatu yang dipakai Paus Fransiskus saat menyambutnya di Bandara Soekarno-Hatta pada Selasa siang.

"Kemarin saya sengaja memperhatikan sepatunya. Saya kan dekat ya, melihat sepatunya," kata Suharyo di Gedung Karya Pastoral, Kompleks Gereja Katedral Jakarta pada Rabu, 4 September 2024.

Suharyo menuturkan sepatu yang dipakai Paus Fransiskus saat mendarat di Indonesia terlihat seperti sepatu lama berwarna hitam dengan lekukan. Menurut dia, pilihan fesyen Paus itu menarik karena biasanya kebiasaan Paus Fransiskus kerap menggunakan sepatu bernuansa merah atau putih.

"Kemarin saya lihat sepatunya itu hitam dan sudah lekuk-lekuk, tandanya sudah lama dipakai. Itu bukan sekadar kebetulan, itu pilihan," ujarnya. 

Suharyo menilai keputusan pemimpin umat Katolik sedunia itu tak jauh dari keinginan memberikan teladan soal kesederhanaan. "Pilihan untuk tetap hidup sederhana tetapi itu bukan tidak sekadar hanya motivasi tertentu yang seringkali tidak dilihat adalah landasan atau inspirasi imannya," ujarnya. 

Pada masa kecilnya, Suharyo menyampaikan, Paus seringkali dihadapkan pada pilihan yang berujung pada keputusan yang berlandaskan keimanan, termasuk ketika Paus memilih jalan menjadi pastor dan meninggalkan keduniawian.

Paus Fransiskus, tiba di Gereja Katedral Jakarta sore ini, Rabu, 4 September 2024. Kehadiran Kepala Negara Vatikan tersebut disambut alunan alat musik tradisional angklung yang dimainkan oleh sejumlah anak. 

Berdasarkan pantauan Tempo, Paus Fransiskus tiba pukul 16.35. Dia datang dengan pengawalan ketat. Sebelum memasuki gereja, Paus juga sempat memberkati seorang bayi yang digendong ibunya di sekitar kawasan gereja. 

Paus Fransiskus datang dengan Toyota Kijang Innova Zenix berwarna putih dengan pelat SCV 1. Setelah turun dari mobil, dia tampak menggunakan kursi roda menuju gedung utama gereja. 

Anak-anak pemain angklung membawakan alunan musik nusantara untuk menyambut kedatangan Paus Fransiskus. Di sisi lain, Paus Fransiskus turut menyapa para pemain angklung cilik dan pembawa bendera itu. Ia menyalami para pemain.

Uskup Agung Jakarta Ignatius Kardinal Suharyo dan Ketua Konferensi Waligereja Indonesia (KWI) Antonius Subianto Bunjamin menyambut Paus Fransiskus di halaman Gereja Katedral.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Survei LSI, RK-Suswono Rangking Satu

Elektabilitas bakal pasangan Cagub dan Cawagub Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono (Rido) masih menjadi yang tertinggi diantara kandidat lainnya di Pilgub Jakarta 2024. Hasil ini berdasarkan survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Rabu (18/9).Survei ini melibatkan sebanyak 1.200 respoden yang tersebar secara proporsional di seluruh wilayah administrasi kota dan datanya dikumpulkan dengan teknik wawancara. LSI menggunakan metode multistage dengan margin of error 2.9 persen pada t.. Baca selengkapnya di https://rmol.id/politik/read/2024/09/18/637430/survei-lsi-rk-suswono-rangking-satu

Rabu 18-Sep-2024 20:32 WIB

Survei LSI, RK-Suswono Rangking Satu
PEMERINTAHAN Pemprov DKI Akan Perbanyak Rute TransJakarta ke JIS

Heru Budi berjanji akan menambah rute TransJakarta ke JIS.

Selasa 17-Sep-2024 20:25 WIB

Pemprov DKI Akan Perbanyak Rute TransJakarta ke JIS
OLAHRAGA Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Mauro Zijlstra memiliki kelayakan untuk dinaturalisasi sebagai pemain Indonesia berkat hubungan keluarga yang dimilikinya.

Jumat 13-Sep-2024 20:28 WIB

Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia
PEMERINTAHAN Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak lama lagi bakal dilantik.

Selasa 10-Sep-2024 20:33 WIB

Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?
OLAHRAGA Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia

Timnas Indonesia mampu tampil solid selama babak pertama, namun Australia berhasil mendominasi jalannya pertandingan

Selasa 10-Sep-2024 20:31 WIB

Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia

Tulis Komentar