Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Cegah Kecelakaan Bus, Pemkot Mojokerto Ajak Warga Pakai SIRAMAHKERTO untuk kelaikan Kendaraan

Senin 13-May-2024 20:48 WIB

148

Cegah Kecelakaan Bus, Pemkot Mojokerto Ajak Warga Pakai SIRAMAHKERTO untuk kelaikan Kendaraan

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Pemkot Mojokerto berupaya meminimalisir fatalitas kecelakaan bus pariwisata melalui inovasi SIRAMAHKERTO (Sistem Informasi Rampcheck Kota Mojokerto).

Hal itu menyusul kecelakaan maut bus rombongan siswa SMK Lingga Kencana Depok di Subang, Jawa Barat, pada Sabtu (11/5/2024), di mana terungkap fakta bahwa bus yang digunakan tidak memiliki izin angkutan dan status lulus uji berkala (BLU-e) berlaku hingga 6 Desember 2023.

Pj Wali Kota Mojokerto, Moh Ali Kuncoro, mengatakan masyarakat di Kota Mojokerto dapat memanfaatkan inovasi SIRAMAHKERTO, untuk mengecek status kendaraan untuk memastikan keselamatan selama perjalanan.

"Untuk masyarakat Kota Mojokerto bisa memanfaatkan SIRAMAHKERTO. Itu adalah inovasi yang diluncurkan oleh Dishub Kota Mojokerto," jelasnya, Senin (13/5/2024).

Ia mengungkapkan pihaknya mengimbau masyarakat untuk lebih memastikan keamanan armada yang akan digunakannya.

"Inovasi ini adalah upaya digitalisasi rampcheck yang selama ini masih dilakukan secara manual. Demi mempermudah akses pelayanan dan menyimpan database agar lebih terorganisir dan aman," kata Ali Kuncoro.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Mojokerto, Endri Agus Subianto menambahkan Rampcheck merupakan kegiatan pemeriksaan uji laik jalan kendaraan, terutama angkutan penumpang untuk meminimalisir potensi kecelakaan.

Untuk instansi seperti lembaga sekolah, pesantren, kelompok masyarakat, pemerintah atau swasta di Kota Mojokerto yang akan menyewa angkutan umum bus, bisa melakukan permohonan ke Dishub untuk mengecek kendaraan laik jalan atau tidak.

"Ini gratis dan nanti hasilnya langsung dikirim ke pemohon lewat WA atau email. Untuk pengajuan permohonan rampcheck, bisa melalui siramahkerto.mojokertokota.go.id. Kemudian mengisi dan mengunggah surat permohonan yang telah dibuat," bebernya.

Menurut dia, Rampcheck dilakukan secara menyeluruh pada komponen-komponen kendaraan, di antaranya dokumen kelengkapan kendaraan, lampu-lampu, klakson, ban, rem utama, hand rem, tempat duduk, indikator dashboar dan lainnya.

Hasil pengecekan nantinya Dishub akan memberikan rekomendasi kendaraan laik jalan atau tidak.  Apalagi, keputusan menggunakan atau tidak bus yang akan disewa tetap menjadi wewenang pemohon.

"Dengan inovasi ini diharapkan dapat meningkatkan kesadaran penyedia jasa persewaan angkutan umum, agar dapat memberikan layanan terbaik. Sekaligus meminimalisir kecelakaan lalu lintas, karena hal-hal teknis yang seharusnya bisa dicegah," pungkasnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Kecelakaan Honda Beat vs Truk Isuzu di Jalan Lalung-Tegalgede Karanganyar, Pengendara Motor Tewas

Pengendara motor yaitu seorang pelajar bernama Muhammad Lutfi Alfarizi (17) warga Kelurahan/Kecamatan Tawangmangu, Karanganyar, Jawa Tengah

Kamis 12-Sep-2024 20:34 WIB

Kecelakaan Honda Beat vs Truk Isuzu di Jalan Lalung-Tegalgede Karanganyar, Pengendara Motor Tewas
PERISTIWA Kronologi Kecelakaan di Jalan Raya Blora-Cepu antara Motor vs Kbm Truck Box

Kecelakaan terjadi di Jalan Raya Blora–Cepu tepatnya ikut wilayah Desa Cabak, Kecamatan Jiken, Kabupaten Blora, Senin (9/9/2024) siang.

Senin 09-Sep-2024 21:15 WIB

Kronologi Kecelakaan di Jalan Raya Blora-Cepu antara Motor vs Kbm Truck Box
PERISTIWA Viral Pemotor Kejar Bus Usai Terlibat Tabrak Lari di Semarang Jateng, Begini Kata Saksi

Sebuah video yang memperlihatkan sebuah bus dikejar karena sempat menyerempet seorang anak sekolah, menjadi sorotan.

Senin 02-Sep-2024 20:39 WIB

Viral Pemotor Kejar Bus Usai Terlibat Tabrak Lari di Semarang Jateng, Begini Kata Saksi
PERISTIWA Kecelakaan Bus Mira Masuk Parit di Ngawi Tewaskan Satu Kernet

Kecelakaan Bus Mira di Ngawi ternyata tewaskan kernet bus itu, dan penyebab kecelakaan masih diselidiki polisi

Jumat 23-Aug-2024 20:48 WIB

Kecelakaan Bus Mira Masuk Parit di Ngawi Tewaskan Satu Kernet
PERISTIWA Kecelakaan di Wonogiri, 2 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS Solo Tewas

Dua mahasiswa UNS Solo itu meninggal akibat kecelakaan ketika motor yang mereka naiki ditabrak mobil di Wonogiri.

Kamis 15-Aug-2024 20:45 WIB

Kecelakaan di Wonogiri, 2 Mahasiswa Fakultas Kedokteran UNS Solo Tewas

Tulis Komentar