LIFESTYLE

Tips Skincare untuk Kulit Kering dan Kusam

Rabu 19-Apr-2023 11:22 WIB 122

Foto : suara

brominemedia.com - Memiliki kulit kering dan kusam, membutuhkan perawatan khusus supaya wajah terasa lebih sehat, lembab, dan cerah. Produk skincare yang digunakan untuk perawatan pun tak boleh sembarangan memilihnya, harus diperhatikan komposisinya supaya cocok bagi kulit.

Apabila memiliki masalah kulit kering dan mudah sekali kusam, mulailah memperhatikan penggunaan skincare yang benar. Baca tips skincare untuk kulit kering dan kusam di bawah ini untuk memaksimalkan perawatan wajah!

1. Gunakan Skincare Berbahan Dasar Air

Tipe kulit kering membutuhkan perawatan khusus karena gampang iritasi dan kusam akibat tingkat kelembabannya rendah. Tips skincare untuk kulit kering agar glowing dan bebas kusam, yakni harus memilih produk skincare berbahan dasar air atau water based untuk merawatnya.

Water based skincare mampu memenuhi kebutuhan pada kulit yang kering supaya terhidrasi, juga membuatnya tidak mudah iritasi. Selain itu, formula produk perawatan wajah berbahan dasar air mampu meresap dengan cepat. Hasilnya tak hanya menghidrasi, tetapi juga memberikan efek segar setelah memakainya.

2. Pakai Retinol untuk Merangsang Pertumbuhan Kolagen

Tips perawatan wajah untuk kulit kering jika ingin bebas kusam, pertimbangkanlah untuk mengaplikasikan retinol di malam hari. Fungsi retinol adalah untuk merangsang pertumbuhan kolagen serta memicu pergantian sel kulit.

Retinol merupakan turunan dari vitamin A, di mana produk dengan kandungan retinol sudah terbukti dapat memicu pertumbuhan kolagen untuk memaksimalkan pergantian dari sel kulit. Produk retinol bisa berupa serum, night cream, atau mungkin toner.

Tidak perlu bingung dimana mencari produk perawatan wajah yang cocok untuk kulit kering dan kusam. Anda dapat membelinya secara online di Lotte melalui aplikasi LOTTEMartmall atau mendatangi gerai-gerai yang terdekat.

3. Pilih Formula Skincare dengan Kandungan Pelembab

Tips skincare untuk kulit kering, kusam, dan bruntusan adalah memilih formula skincare dengan kandungan pelembab. Seperti kita ketahui tipe kulit yang kering sangat mudah iritasi dan mengelupas akibat kurangnya kelembaban. Oleh karena itu, direkomendasikan memilih produk perawatan dengan kandungan moisturizer atau minyak untuk menutrisi sekaligus melembabkan hingga ke lapisan terdalam.

Cobalah memperhatikan komposisinya terlebih dahulu sebelum memilih produk perawatan. Jika ingin cara lebih praktis, cukup melihat label skincare tersebut, biasanya tertulis ‘For Dry Skin’ pada kemasannya.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

4. Pilih Pelembab Bertekstur Krim

Mempunyai kulit bertipe kering, berarti tak boleh melewatkan penggunaan pelembab atau moisturizer karena fungsinya untuk memberikan kelembaban sekaligus menutrisi setiap lapisannya. Memilih produk moisturizer pun tak boleh asal-asalan, disarankan menggunakan yang bertekstur krim.

Moisturizer bertekstur krim selain mudah menyerap ke kulit, juga mampu mengunci kelembaban lebih lama dibandingkan moisturizer bertekstur lotion dan gel. Sehingga akan dihasilkan kulit wajah yang terasa lebih lembab, halus, sekaligus sehat.

5. Pilih Face Wash dengan Formula Gentle

Tips skincare untuk kulit kering dan kusam berikutnya adalah memilih sabun muka berbahan dasar air dengan formula yang gentle. Artinya, Anda perlu menghindari yang berbahan deterjen dan scrub kasar supaya wajah tidak gampang iritasi.

Formula gentle face wash saat diaplikasikan ke wajah akan terasa lembut dan hasilnya dapat membuat wajah menjadi halus, sehat, dan tampak lebih cerah. Hal ini karena gentle face wash mampu membersihkan kotoran secara lebih menyeluruh hingga ke pori-pori terdalam, sehingga wajah tampak lebih bersih dan bebas kusam.

6. Hindari Terlalu Sering Mencuci Wajah

Mencuci muka adalah kegiatan membersihkan kotoran, debu, serta minyak yang menempel di wajah agar tidak menyumbat pori-pori. Supaya hasilnya lebih bersih, maka harus menggunakan sabun muka yang tepat saat membersihkannya.

Terlalu sering mencuci wajah menyebabkan kandungan minyak alami di kulit menjadi hilang. Apalagi jika memiliki kulit bertipe kering, kandungan minyak alaminya jauh lebih sedikit dibandingkan pemilik kulit berminyak.

Cukup lakukan satu atau dua kali saja setiap harinya untuk mempertahankan minyak alaminya. Gunakan pula sabun muka sesuai jenis kulit dengan formula gentle.

7. Aplikasikan Hydrating Toner

Fungsi hydrating toner adalah memberikan hidrasi ke setiap lapisan kulit wajah secara maksimal karena bahan dasarnya air. Anda dapat mengaplikasikannya sebagai rangkaian skincare dasar sehari-hari setelah memakai cleanser dan face wash.

Pilihlah produk hydrating toner non-alkohol dan fragrance guna mencegah timbulnya iritasi. Apabila ingin mengatasi kusam, pilihlah toner yang mengandung niacinamide, vitamin C, vitamin, E, grape water, salicylic acid, hyaluronic acid, dan AHA untuk mencerahkan dan membuat muka tampak lebih glowing.

8. Selalu Gunakan Toner dan Moisturizer Setelah Eksfoliasi

Selain rangkaian basic skincare, tips skincare untuk kulit kering agar glowing serta bebas kusam, yakni perlu melakukan eksfoliasi secara rutin, maksimal satu kali dalam seminggu. Eksfoliasi merupakan rangkaian perawatan wajah yang gunanya untuk membersihkan tumpukan sel kulit mati.

Jika ingin memperoleh tampilan wajah tidak kusam, gunakan produk eksfoliasi (fisik maupun kimia) secara rutin. Setelah itu, jangan pernah lupa mengaplikasikan toner dan moisturizer usai melakukan eksfoliasi.

Efek yang dirasakan setelah eksfoliasi, biasanya wajah terasa kering dan beberapa orang mungkin terasa perih. Fungsi toner adalah untuk menghidrasi sekaligus menenangkan kulit. Sedangkan moisturizer fungsinya untuk memberikan kelembaban sekaligus memberikan nutrisi.

9. Jangan Pernah Melewatkan Penggunaan Sunscreen

Gunakanlah tabir surya di pagi hari sebelum beraktivitas di luar ruangan. Apabila beraktivitas di dalam ruangan, boleh saja memakai day cream dengan SPF rendah. Lakukan re-apply setiap tiga atau empat jam sekali untuk memaksimalkan perlindungan diri dari bahaya sinar UV-A dan UV-B. Jika tak ingin muka kelihatan kusam, pilihlah produk sunscreen yang tepat dan tidak terlalu cepat oksidasi.

10. Berikan Nutrisi Tambahan dengan Face Mask

Permasalahan yang pada umumnya terjadi pada kulit bertipe kering dan sensitif, yakni mudah kusam dan iritasi. Solusinya selain rajin memakai skincare, bisa juga didukung dengan penggunaan masker wajah (face mask).

Face mask bukanlah rangkaian skincare wajib, tetapi tak ada salahnya diaplikasikan untuk memberikan nutrisi tambahan pada kulit karena konsentrasinya lumayan pekat. Penggunaannya tidak perlu setiap hari, cukup minimal dua atau tiga kali saja dalam seminggu dan hanya 15-30 menit setiap pengaplikasiannya.

Konten Terkait

PERISTIWA Kekeringan Melanda 28 Desa di Banyumas, BPDB Salurkan Bantuan Air Bersih

jateng.jpnn.com, BANYUMAS - Sebanyak 28 desa dari 13 kecamatan di Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, mengalami kekeringan.

Rabu 28-Aug-2024 20:48 WIB

PEMERINTAHAN Sejumlah Desa di Kabupaten Mojokerto, Bakal Digerojok Tambahan Dana Desa 2024

Sejumlah desa di Kabupaten Mojokerto bakal mendapat alokasi tambahan Dana Desa (DD) Tahun 2024.

Senin 15-Jul-2024 20:20 WIB

PERISTIWA Kekeringan Meluas, Pemkab Purbalingga Distribusikan Nyaris 1 Juta Liter Air Bersih

Purbalingga tak terlepas dari dampak kemarau panjang 2023 ini. Sejumlah wilayah di kabupaten di kaki Gunung Slamet ini mengalami krisis air bersih

Kamis 31-Aug-2023 23:20 WIB

PERISTIWA Kekeringan Meluas, Pemkab Purbalingga Distribusikan Nyaris 1 Juta Liter Air Bersih

Purbalingga tak terlepas dari dampak kemarau panjang 2023 ini. Sejumlah wilayah di kabupaten di kaki Gunung Slamet ini mengalami krisis air bersih

Kamis 31-Aug-2023 23:20 WIB

PERISTIWA Dampak Kemarau, Debit Mata Air di Wonogiri Semakin Surut

Dampak musim kemarau yang panjang sudah mulai dirasakan oleh warga di Wonogiri bagian selatan.

Jumat 25-Aug-2023 11:15 WIB

Tulis Komentar