KESEHATAN

Ribuan Pelajar SD di Probolinggo Akan Disuntik Vaksin DBD

Rabu 11-Sep-2024 20:42 WIB 30

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerja Puskesmas Paiton pada tanggal 12 September 2024 mendatang.

Terlebih, di Kabupaten Probolinggo kini sudah masuk musim pancaroba yang mana dalam 3 bulan terakhir atau sejak bulan Juni, Juli dan Agustus sudah ada 510 pasien terjangkit DBD dengan angka kematian 2 pasien.

Kepala Dinkes Kabupaten Probolinggo dr. Hariawan Dwi Tamtomo melalui Kepala Bidang Pencegahan dan Pengendalian Penyakit dr. Nina Kartika mengatakan sasaran dari vaksinasi DBD ini adalah 1.120 siswa kelas 3 dan 4 SD se-wilayah kerja Puskesmas Paiton.

"Kita mempunyai kegiatan besar berupa vaksinasi DBD pertama kalinya di Pulau Jawa. Saya yakin nantinya kabupaten dan kota lain banyak yang akan mencontoh Kabupaten Probolinggo. Hal ini juga untuk menurunkan tren pasien DBD," kata dr. Nina, Rabu (11/9/2024).

Oleh karenanya, dr. Nina mengharapkan dukungan dari semua pihak agar pelaksanaan vaksinasi DBD ini bisa berjalan dengan lancar. Pelaksanaan vaksinasi DBD ini dilakukan sebanyak 2 kali dengan interval jarak 3 bulan dari yang pertama.

"Nantinya yang pertama vaksinasi DBD. Nanti intervalnya 3 bulan kemudian ada vaksinasi DBD kedua. Jadi boosternya 3 bulan kemudian baru dilaksanakan lagi pelaksanaan vaksinasi DBD yang kedua," jelas dr. Nina.

Meski begitu, menurut dr. Nina, meskipun sudah melakukan vaksinasi DBD, bukan berarti bisa mengabaikan Pemberantasan Sarang Nyamuk (PSN). 

"Ini (Vaksinasi DBD) sebagai salah satu upaya mengurangi kasus, tapi dengan tidak meninggalkan upaya yang lain yaitu PSN 3 plus dan menjaga kesehatan dan daya tahan tubuh," pungkasnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Dugaan Malapraktik di RSUD Blora, Direktur RS : 'Kita Sedang Investigasi'

Saat meninggal kondisi tubuh bayi berumur 6 hari itu di bagian tangan terlihat melepuh sehingga beredar kabar bayi itu menjadi korban malapraktik

Kamis 12-Sep-2024 20:35 WIB

KESEHATAN Ribuan Pelajar SD di Probolinggo Akan Disuntik Vaksin DBD

Dinas Kesehatan (Dinkes) akan melakukan vaksinasi Demam Berdarah Dengue (DBD) di wilayah kerja Puskesmas Paiton pada 12 September

Rabu 11-Sep-2024 20:42 WIB

TEKNOLOGI BPJS Ketenagakerjaan Sukses Lakukan Transformasi Digital Lewat Aplikasi Jamsostek Mobile

JPNN.com, JAKARTA - BPJS Ketenagakerjaan sukses melakukan transformasi digital melalui aplikasi Jamsostek Mobile (JMO).

Jumat 30-Aug-2024 20:37 WIB

KESEHATAN Lindungi Kesehatan Masyarakat, Epidemiolog Apresiasi Putusan BPOM tentang Label Pangan Olahan

Dicky menganggap bahwa langkah BPOM untuk mewajibkan pencantuman label bebas BPA adalah perkembangan signifikan

Rabu 28-Aug-2024 20:46 WIB

PERISTIWA Polisi Pukul Kepala Pelajar yang Demo Depan Balai Kota Semarang, Ada yang Diamankan

Buntut aksi demonstrasi di depan kantor Wali Kota Semarang beberapa pelajar diangkut oleh polisi.

Senin 26-Aug-2024 20:32 WIB

Tulis Komentar