PEMERINTAHAN

Respons Golkar Setelah PKS Ajukan Sohibul Iman untuk Pilgub Jakarta

Senin 24-Jun-2024 20:22 WIB 95

Foto : tempo

Brominemedia.com - Partai Golkar menanggapi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) yang mengajukan Sohibul Iman sebagai bakal calon gubernur DKI Jakarta di Pilkada 2024. Sohibul saat ini menjabat sebagai Wakil Ketua Majelis Syuro PKS.

Ketua Umum Partai Golkar Airlangga Hartarto tak banyak berkomentar saat ditanya respons partainya terhadap pengajuan nama Sohibul di bursa Cagub DKI. Menurut Airlangga, setiap partai memiliki kebebasan untuk mengajukan nama-nama calon mereka sendiri.


“Ya masing-masing partai bisa mencalonkan,” kata Airlangga di kompleks parlemen Senayan, Jakarta pada Senin, 24 Juni 2024.

Airlangga tidak mengatakan apakah Golkar bakal ikut mempertimbangkan nama Sohibul sebagai calon gubernur yang akan mereka usung. Ia justru menyatakan Partai Golkar sudah mengajukan nama lain untuk Pilgub Jakarta, yaitu eks Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil. Namun, Airlangga mengatakan keputusan pencalonan Ridwan Kamil di Jakarta belum final.

Airlangga menyebut masih ada kemungkinan Ridwan Kamil maju di Jawa Barat dan bukan di Jakarta. “Belum, belum. Kita lagi kaji Jawa Barat juga,” ucap Menteri Koordinator Bidang Perekonomian itu.

Sebelumnya, Ketua DPP PKS Mardani Ali Sera angkat suara ihwal peluang pencalonan Muhammad Sohibul Iman sebagai calon gubernur di Pilkada Jakarta. PKS, kata dia, masih memerlukan koalisi untuk dapat mengusung kadernya itu.

Untuk itu, Mardani mengatakan partainya masih menunggu keputusan soal posisi Sohibul. "Soal jadi wakil atau calon gubernur, DPP akan ambil keputusan yang paling baik," kata Mardani kepada Tempo, Ahad, 23 Juni 2024.

Sohibul Iman adalah nama yang dimunculkan DPP PKS untuk maju di Pilgub Jakarta 2024. Juru bicara PKS, Ahmad Mabruri, mengatakan PKS memilih Sohibul Iman lantaran ia dianggap sebagai sosok yang berintegritas dan memiliki kapasitas mumpuni.

Sohibul pernah memimpin PKS pada periode 2015-2020. Selama kepemimpinannya, PKS disebut mengalami peningkatan perolehan suara dan kursi di DPR secara signifikan.

Meski telah mengusung Sohibul Iman dalam Pilkada Jakarta 2024, Ahmad menjelaskan bahwa pintu untuk mengusung Anies Baswedan ataupun bakal calon yang lain masih terbuka. "Di politik enggak ada istilah pintu tertutup," kata Ahmad saat dihubungi, Ahad, 23 Juni 2024.

Ahmad menyatakan bahwa sikap partai masih dinamis hingga nanti pendaftaran pasangan calon gubernur dan wakilnya ditutup. Karena itu, ia meminta agar menunggu keputusan akhir saat penutupan masa pendaftaran pasangan calon. "Ya, kita lihat saat pendaftaran terakhir saja nanti," kata dia.

Share:

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Survei LSI, RK-Suswono Rangking Satu

Elektabilitas bakal pasangan Cagub dan Cawagub Jakarta Ridwan Kamil dan Suswono (Rido) masih menjadi yang tertinggi diantara kandidat lainnya di Pilgub Jakarta 2024. Hasil ini berdasarkan survei terbaru Lembaga Survei Indonesia (LSI) yang dirilis Rabu (18/9).Survei ini melibatkan sebanyak 1.200 respoden yang tersebar secara proporsional di seluruh wilayah administrasi kota dan datanya dikumpulkan dengan teknik wawancara. LSI menggunakan metode multistage dengan margin of error 2.9 persen pada t.. Baca selengkapnya di https://rmol.id/politik/read/2024/09/18/637430/survei-lsi-rk-suswono-rangking-satu

Rabu 18-Sep-2024 20:32 WIB

PEMERINTAHAN Pemprov DKI Akan Perbanyak Rute TransJakarta ke JIS

Heru Budi berjanji akan menambah rute TransJakarta ke JIS.

Selasa 17-Sep-2024 20:25 WIB

PERISTIWA Cerita Uskup Agung soal Sepatu Hitam Paus Fransiskus

Uskup Agung Jakarta bercerita soal sepatu tua Paus Fransiskus.

Rabu 04-Sep-2024 20:45 WIB

PEMERINTAHAN Bicara Soal Pilkada Jakarta, AHY: Sebelum Janur Kuning Melengkung

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum mau bicara banyak soal Pilkada Jakarta.

Jumat 23-Aug-2024 20:54 WIB

MUSIK Green Day Kembali Manggung di Indonesia, Catat Tanggalnya!

Green Day Live in Jakarta digelar sebagai bagian dari perayaan 10 tahun festival Hammersonic.

Kamis 15-Aug-2024 20:50 WIB

Tulis Komentar