TEKNOLOGI

PT MRT Jakarta Terima Hibah Studi Kelayakan Energi Baru Terbarukan dari AS

Senin 14-Nov-2022 13:49 WIB 206

Foto : tempo

brominemedia.com – MRT Jakarta menerima dana hibah studi kelayakan usulan inisiatif energi baru terbarukan dari Pemerintah Amerika Serikat melalui United States Trade and Development Agency (USTDA). Hibah ini diberikan setelah MRT melalui seleksi ketat dalam program Global Partnership for Climate Smart Infrastructure untuk menyusun kajian teknis dan ekonomis mengenai penerapan energi baru terbarukan.

"Proposal MRT Jakarta terpilih sebagai program yang akan didanai melalui grant atau hibah dari USTDA senilai US$709.630," kata Direktur Utama PT MRT Jakarta Tuhiyat dalam keterangan tertulis, Senin, 14 November 2022.

Penandatanganan dokumen perjanjian tersebut dilakukan oleh Tuhiyat bersama Duta Besar Amerika Serikat Sung Yong Kim pada Minggu, 13 November 2022 di Hotel Rimba, Bali. Prosesi ini juga disaksikan oleh Penjabat Gubernur DKI Jakarta Heru Budi Hartono, serta Indo-Pacific Manager USTDA Tanvi Madhusudanan dan Direktur Pengembangan Bisnis MRT Jakarta Farchad Mahfud.

Tuhiyat menuturkan, studi tersebut diharapkan dapat menghasilkan panduan serta road map untuk transisi dan konservasi energi MRT Jakarta sebagai penyedia transportasi berbasis rel yang ramah lingkungan.

Kajian yang bakal dilakukan akan melihat potensi dan kemungkinan penggunaan energi baru terbarukan dalam operasional MRT Jakarta seperti penggunaan panel surya di atap stasiun dan depo untuk mendorong efisiensi energi sehingga dapat menurunkan penggunaan energi dari sumber konvensional.

Direktur USTDA Enoh T. Ebong bangga menjadi mitra PT MRT Jakarta (Perseroda) dalam inisiatif energi baru terbarukan. Inovasi ini disebut akan menjadi model bagi operator transportasi lainnya di Indonesia dan Indo-Pasifik.

"Transportasi publik menjadi hal penting bagi Indonesia untuk mewujudkan tujuan kontribusinya terhadap perubahan iklim," ucapnya dalam keterangan tertulis, Senin, 14 November 2022.

Dukungan USTDA dalam proyek ini memungkinkan MRT Jakarta untuk menghubungkan teknologi mutakhir dengan solusi pintar berbasis perubahan iklim yang dikembangkan oleh perusahaan Amerika Serikat.

PT MRT Jakarta berkomitmen untuk menggunakan energi baru terbarukan dalam operasionalnya dengan menargetkan 100 persen penggunaan energi tersebut pada 2035. Sejumlah inovasi juga mulai dilakukan demi mewujudkan rencana jangka panjang seperti penyediaan unit pengisian daya telepon seluler, laptop, dan tablet bersumber tenaga surya di stasiun.

"Sejauh ini, 10 persen dari total penggunaan listrik MRT Jakarta berasal dari Pembangkit Listrik Tenaga Panas Bumi (PLTP) Kamojang melalui PT Perusahaan Listrik Negara (PLN)," demikian pernyataan tertulis dari PT MRT Jakarta, Senin, 14 November 2022.

Konten Terkait

KRIMINAL Dua WNI Saling Tikam di Amerika Serikat, Korban asal Tangerang

Kementerian Luar Negeri (Kemlu) membenarkan peristiwa saling tikam Warga Negara Indonesia (WNI) di Philadelphia, Amerika Serikat (AS). Korban berasal dari Tangerang.

Jumat 09-Aug-2024 20:35 WIB

PERISTIWA Patung Lilin Dwayne Johnson Dikritik, Disebut Lebih Mirip David Beckham

brominemedia.com - Patung lilin aktor Amerika Serikat Dwayne Johnson diresmikan di Musée Grévin di Paris, Prancis, pada 16 Oktober 2023. Akan tetapi, beberapa orang yang sudah melihatnya tidak...

Selasa 24-Oct-2023 03:43 WIB

PERISTIWA Tether Holdings Menjadi Pemegang Obligasi Negara AS Terbesar ke-22 di Dunia

Tether Holdings Limited, raksasa kripto di balik stablecoin terbesar berdasarkan kapitalisasi pasar, telah menjadi pemegang Obligasi Negara Amerika Serikat terbesar ke-22 di dunia. Penerbit USDT ini menyalip negara-negara seperti Australia, Spanyol, Meksiko dan Uni Emirat Arab dalam mencapai prestasi ini. Chief Technology Officer Tether, Paolo Ardoino, melalui X (sebelumnya Twitter) hari ini telah menyoroti kepemilikan […] The post Tether Holdings Menjadi Pemegang Obligasi Negara AS Terbesar ke-22 di Dunia appeared first on Coin Edition.

Rabu 06-Sep-2023 04:00 WIB

EVENT Ulang Tahun Jakarta Hari Ini, Tarif Naik MRT Rp 1 Hingga Pukul 24.00

Selain MRT Jakarta, Transjakarta dan LRT Jakarta juga memberlakukan tarif kereta Rp 1 untuk merayakan ulang tahun Jakarta pada hari ini.

Kamis 22-Jun-2023 08:08 WIB

PERISTIWA Jutaan Penduduk Amerika Serikat Berpotensi Kelaparan, Apa Penyebabnya?

Sekitar 8 juta penduduk AS berpotensi mengalami kelaparan usai pemerintah menyetop bansos pangan.

Jumat 28-Apr-2023 09:57 WIB

Tulis Komentar