PEMERINTAHAN

Prabowo Bertemu Putin di Kremlin, Siap Perkuat Hubungan RI-Rusia

Rabu 31-Jul-2024 21:10 WIB 50

Foto : detik

Brominemedia.comMenteri Pertahanan (Menhan) Prabowo Subianto bertemu dengan Presiden Rusia Vladimir Putin dalam kunjungan kerjanya ke Moskow, Rusia. Prabowo menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk Putin.

Dilihat dari situs resmi Presiden Rusia, kremlin.ru, Rabu (31/7/2024), Putin terlihat menyambut Prabowo di dalam Kremlin. Keduanya terlihat bersalaman dan berfoto bersama.

Putin kemudian mempersilakan Prabowo duduk. Prabowo terlihat ditemani ajudannya, Mayor Teddy Indra Wijaya.

Sementara Putin didampingi Ajudan Presiden Yuri Ushakov, Wakil Perdana Menteri Pertama, Ketua Komisi Gabungan Rusia-Indonesia untuk Kerja Sama Perdagangan, Ekonomi, dan Teknik Denis Manturov, serta Menteri Luar Negeri Sergei Lavrov.

"Selamat datang. Kami mengenal Anda dengan baik, kami mengenal Anda sebagai teman negara kami," ucap Putin sebagaimana diterjemahkan dari situs resmi Presiden Rusia.

Putin mengatakan hubungan perdagangan Indonesia dan Rusia sangat sukses terlepas dari pandemi Corona dan berbagai peristiwa lainnya. Dia mengatakan omzet perdagangan Rusia dan Indonesia terus meningkat.

"Saya berharap situasi ini akan terus berlanjut," ucap Putin.

Putin berharap kerja sama Rusia dan Indonesia semakin kuat di masa depan. Dia juga mengatakan Rusia siap melanjutkan kerja sama di bidang kemanusiaan dengan Indonesia, termasuk memberikan beasiswa bagi pelajar Indonesia yang hendak belajar di Rusia. Terakhir, Putin mengucapkan selamat kepada Prabowo yang menjadi Presiden terpilih Indonesia.

"Kami sangat senang melihat Anda. Sekali lagi, saya mengucapkan selamat secara pribadi kepada Anda atas terpilihnya Anda sebagai Presiden Indonesia. Saya ingin mendoakan yang terbaik untuk Anda dalam melayani negara dan rakyat Anda," ucapnya.

Prabowo kemudian menyampaikan terima kasih atas sambutan hangat dari Putin. Dia juga menyampaikan salam dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Dia mengaku telah melapor langsung kepada Jokowi terkait pertemuan tersebut.

"Saya sampaikan salam hormat dari Presiden saya, Presiden Joko Widodo. Saya sampaikan kepadanya bahwa saya akan mengunjungi Anda dan Anda akan menerima saya," ujar Prabowo.

Prabowo juga menyampaikan selamat kepada Putin yang kembali terpilih sebagai presiden Rusia. Dia menegaskan akan terus menjaga hubungan bilateral RI dan Rusia.

"Dan saya juga ingin mengucapkan selamat atas terpilihnya Anda sekali lagi sebagai Presiden Federasi Rusia. Seperti yang Anda ketahui, kami menganggap Rusia sebagai sahabat baik dan saya ingin terus menjaga dan meningkatkan hubungan ini dalam sejarah kita," ujar Prabowo.

Dia mengatakan hubungan Indonesia dengan Rusia sudah berlangsung lama, bahkan sejak era Uni Soviet. Dia mengatakan Uni Soviet juga banyak membantu pembangunan di Indonesia, salah satunya Stadion Gelora Bung Karno.

"Jika Anda datang ke Jakarta, Anda akan melihat bahwa fasilitas infrastruktur yang besar, banyak di antaranya, dibangun oleh Uni Soviet," ucap Prabowo.

Prabowo mengatakan dia sudah empat kali ke Rusia dalam 4 tahun terakhir. Dia mengaku memiliki kenangan hangat dengan Rusia. Dia pun menegaskan akan melanjutkan hubungan baik Indonesia-Rusia.

"Saya datang ke sini untuk menekankan bahwa saya ingin meningkatkan hubungan ini ketika saya menjabat Presiden Republik Indonesia secara resmi pada tanggal 20 Oktober saya telah berdiskusi secara intensif dengan tim Anda," kata Prabowo.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak lama lagi bakal dilantik.

Selasa 10-Sep-2024 20:33 WIB

PEMERINTAHAN Setelah Laos, Prabowo Lanjut ke Kamboja Temui PM dan Presiden Senat

Menhan RI yang juga presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto, melanjutkan kunjungan kerjanya ke Kamboja seusai lawatan ke Brunei Darussalam dan Laos.

Jumat 06-Sep-2024 21:08 WIB

PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Tulis Komentar