TRAVEL

Pemkot Yogyakarta Fokus Tingkatkan Jumlah Wisatawan

Senin 29-Aug-2022 14:01 WIB 258

Foto : jpnn

brominemedia.com – Pemerintah Kota Yogyakarta ingin terus meningkatkan jumlah kunjungan wisatawan untuk memulihkan perekonomian yang terdampak pandemi Covid-19 dua tahun terakhir.

Hingga akhir Juli 2022, jumlah kunjungan wisatawan ke Yogyakarta tercatat sebanyak 3,9 juta orang.

Angka itu didapat berdasarkan tingkat hunian hotel di Yogyakarta sehingga dimungkinkan jumlah wisatawan jauh lebih tinggi dari data tersebut.

Dinas Pariwisata Kota Yogyakarta ingin terus meningkatkan angka kunjungan agar target dua juta wisatawan bisa tercapai.

Salah satunya dengan menggelar event sebanyak mungkin. Menurut Kepala Dinas Pariwisata, Kota Yogyakarta Wahyu Hendratmoko, penyelenggaraan event cukup efektif untuk menarik sebanyak-banyaknya wisatawan berkunjung ke Yogyakarta.

Wahyu ingin Kota Yogyakarta menjadi city of event dengan menyelenggarakan beragam jenis kegiatan untuk memompa kunjungan wisatawan ke kota tersebut.

"Dengan banyaknya event yang diselenggarakan, bisa menjadi alasan wisatawan untuk datang dan nantinya kembali berkunjung ke Yogyakarta," katanya.

Wahyu menyebut penyelenggaraan ajang wisata tersebut tidak hanya menarik minat wisatawan domestik, tetapi juga dapat menarik minat wisatawan mancanegara.

"Salah satunya adalah Sendratari Ramayana di Mandira Baruga atau dikenal juga dengan Purawisata. Pentas sendratari tidak pernah sepi dari kunjungan wisatawan khususnya wisatawan mancanegara,” katanya.

Oleh karena potensi tersebut, Wahyu berharap dapat mengembangkan lebih banyak lagi kegiatan yang bisa menjadi daya tarik bagi pelancong.

Salah satu ajang besar yang direncanakan terselenggara dalam waktu dekat adalah Wayang Jogja Night Carnival untuk memeriahkan hari ulang tahun Kota Yogyakarta pada Oktober 2022.

Kegiatan yang digelar untuk ketujuh kalinya itu juga kembali masuk dalam Kharisma Event Nusantara dari Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif sehingga bisa mendorong promosi pariwisata seni dan budaya secara nasional.

Meskipun tingkat kunjungan wisatawan sudah cukup bagus, tetapi Wahyu menyebut jika masih memiliki pekerjaan rumah untuk meningkatkan lama kunjungan wisatawan menjadi setidaknya dua hari.

Saat ini, rata-rata lama tinggal wisatawan di Yogyakarta baru mencapai sekitar 1,8-1,9 hari.

"Event yang digelar secara regular akan menjadi kekuatan pariwisata di Yogyakarta. Harapannya kegiatan ini bisa tetap rutin diselenggarakan karena wisata masih menjadi penopang ekonomi di Yogyakarta," kata Sekretaris Daerah Kota Yogyakarta Aman Yuriadijaya. 

Konten Terkait

KRIMINAL BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pekalongan menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Blok F Pasar Kedungwuni.

Kamis 26-Sep-2024 20:29 WIB

PERISTIWA BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal

Jelang malam 1 suro, Batang, Jawa Tengah diguncang gempa dangkal hingga membuat sejumlah bangunan roboh.

Minggu 07-Jul-2024 20:11 WIB

PERISTIWA BREAKING NEWS - Mayat Perempuan di Batam Kondisi Tergantung Buat Geger Warga Sagulung

Mayat perempuan di Batam Kepri kondisi tergantung buat geger warga Perumahan Phoenix Garden, Sei Langkai, Sagulung, Jumat (17/5/2024).

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

PERISTIWA BREAKING NEWS: Ratusan Karyawan Garmen di Pemalang Geruduk Kantor Bea Cukai Tegal, Ini Tuntutannya

Ratusan karyawan perusahaan garmen PT Cahaya Timur Gramindo (CTG) Pemalang menggelar aksi demonstrasi di depan Kantor Bea Cukai Tegal.

Jumat 17-May-2024 20:39 WIB

PERISTIWA Top 7 News Harianjogja.com Kamis 5 Oktober 2023

Berikut kami sampaikan 7 Top News brominemedia.com pada Kamis 5 Oktober 2023.

Kamis 05-Oct-2023 06:37 WIB

Tulis Komentar