EVENT

Pemilih Pemula Menuju Pilkada 2024 Antusias Ikuti Festival Demokrasi

Rabu 04-Sep-2024 20:40 WIB 35

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Ribuan pelajar di Kota Bandung antusias ikuti Festival Demokrasi di Monumen Bandung Lautan Api, Tegalega, Rabu  (04/09/2024 ) 

Festival Demokrasi upaya meningkatkan partisipasi dan edukasi pemilih pemula digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung.

Festival Demokrasi ini melibatkan 2.500 peserta dari berbagai elemen masyarakat. Di antaranya adalah siswa SMA/SMK se-Kota Bandung, anggota Purna Paskibra, Kwartir Cabang Pramuka, serta penyelenggara Pilkada di tingkat PPK dan PPS, termasuk perwakilan dari Bawaslu. 

Penjabat Wali Kota Bandung, Bambang Tirtoyuliono didampingi seluruh unsur Forkopimda Kota Bandung menyampaikan pentingnya peran pemilih pemula dalam menentukan masa depan Kota Bandung. 

"Jumlah penduduk Kota Bandung saat ini sekitar 2,6 juta jiwa atau tepatnya 2.579.837 orang, dengan 1.896.389 orang tercatat sebagai pemilih. 

"Saya minta kepada para pemilih pemula untuk menggunakan hak pilih dengan bijaksana, karena kalian adalah agen perubahan bagi kota ini," ujarnya. 

Bambang juga minta warga Kota Bandung bijak dalam berkomunikasi di media sosial, menghindari penyebaran berita palsu, dan menjauhi tindakan bullying. 

"Saya percaya generasi muda Kota Bandung cukup bijak dan dewasa untuk membuat pilihan yang tepat dalam Pilkada mendatang," tuturnya.

Para pelajar bertahan diterik matahari dan tetap semangat ketika menjawab pertanyaan pertanyaan dengan berbagai hadiah. 

Sememtara itu Kepala Bakesbangpol Kota Bandung, Bambang Sukardi mengatakan tingkat partisipasi Pemilu 2024 Kota Bandung yang mencapai 82,9 persen pada Februari lalu. 

"Angka ini lebih tinggi dari rata-rata partisipasi di tingkat provinsi dan nasional. Kami berharap, partisipasi dalam Pilkada Serentak yang akan datang semakin meningkat," ujarnya.

Acara ini dirancang untuk menarik minat peserta melalui kombinasi seni tradisional, talkshow, dan musik modern, sehingga pesan tentang pentingnya pemilihan kepala daerah dapat tersampaikan dengan efektif.

Festival Demokrasi Kota Bandung tidak hanya menjadi ajang edukasi politik, tetapi juga menyampaikan pesan moral kepada generasi muda tentang pentingnya pemilu dan Pilkada untuk masa depan Kota Bandung yang lebih baik. 

Share:

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Kodim 1210/Ldk Apel Gelar Pasukan Untuk Pengamanan Pilkada 2024

Mencermati perkembangan situasi stabilitas keamanan di wilayah Kabupaten Landak. menjelang Pilkada saat ini masih dalam kondisi aman dan kondusif.

Senin 09-Sep-2024 21:14 WIB

PEMERINTAHAN Usaha Percetakan di Kota Malang Banjir Pesanan Reklame Billboard Paslon Pilkada 2024

Masa Pilkada Serentak 2024, membawa berkah bagi usaha percetakan digital (digital printing) dan reklame di Kota Malang, Jawa Timur.

Minggu 08-Sep-2024 20:26 WIB

EVENT Pemilih Pemula Menuju Pilkada 2024 Antusias Ikuti Festival Demokrasi

Festival Demokrasi upaya meningkatkan partisipasi dan edukasi pemilih pemula digelar Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Bakesbangpol) Kota Bandung.

Rabu 04-Sep-2024 20:40 WIB

KRIMINAL Keroyok Remaja Saat Tawuran Hingga Tewas, Tiga Pemuda di Palembang Dituntut 12 Tahun Penjara

Tuntutan dibacakan oleh penuntut umum di hadapan Majelis Hakim Pengadilan Negeri Palembang yang diketuai oleh Harun Yulianto SH MH, Selasa (3/9/2024).

Selasa 03-Sep-2024 21:02 WIB

PEMERINTAHAN Bicara Soal Pilkada Jakarta, AHY: Sebelum Janur Kuning Melengkung

JPNN.com, JAKARTA - Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) belum mau bicara banyak soal Pilkada Jakarta.

Jumat 23-Aug-2024 20:54 WIB

Tulis Komentar