PERISTIWA

Memahami Perseteruan Elon Musk dan Hakim Agung Brasil

Minggu 01-Sep-2024 20:25 WIB 32

Foto : tempo

Brominemedia.com – Rekening perusahaan Starlink Holding, milik miliarder Amerika Serikat (AS) Elon Musk, telah dibekukan di Brasil karena tidak ada perwakilan hukum perusahaan itu di negara tersebut, menurut laporan surat kabar Metropoles pada Kamis, 29 Agustus 2024.

Sebelumnya pada hari yang sama, portal berita G1 melaporkan bahwa Hakim Mahkamah Agung Brasil, Alexandre de Moraes, memerintahkan Musk untuk memberi tahu pengadilan dalam waktu 24 jam siapa yang akan menjadi perwakilan hukum baru platform media sosial X, yang dimiliki Musk, di Brasil atau pekerjaan mereka di negara tersebut akan ditangguhkan.

Berikut penjelasan tentang kasus yang dihadapi Musk di Brasil yang mengakibatkan pemblokiran platform X.


Apa sebenarnya konflik yang terjadi antara Musk dan Brasil?

Hakim Alexandre de Moraes dan Musk telah terlibat perseteruan publik selama berbulan-bulan, setelah X gagal memenuhi perintah hukum untuk memblokir akun-akun tertentu yang dituduh menyebarkan "berita palsu" dan pesan-pesan kebencian.

X, yang sebelumnya dikenal sebagai Twitter, mengklaim bahwa Moraes mengancam akan menangkap salah satu perwakilan hukum perusahaan di Brasil jika tidak mematuhinya. Platform milik Musk ini telah menutup semua kantornya di Brasil karena apa yang disebutnya sebagai "penyensoran" oleh hakim, meskipun layanannya tetap tersedia untuk pengguna di negara tersebut.


Apa putusan Hakim Agung Brasil?

Moraes memerintahkan agar raksasa media sosial itu segera ditutup di Brasil. Mematikan platform perpesanan dapat memakan waktu berjam-jam atau berhari-hari karena Anatel harus berkomunikasi dengan operator telekomunikasi untuk menghentikan trafik X. Moraes juga membekukan aset keuangan Starlink milik Musk dengan mengeluarkan perintah untuk memblokir akun jaringan internet satelit yang telah dengan cepat memperluas jumlah penggunanya di Brasil.

Motif hakim adalah untuk menutupi denda yang belum dibayar sebesar 18,5 juta real Brasil (sekitar Rp 50 miliar) yang sebelumnya ia jatuhkan kepada X karena mengabaikan perintah pengadilan. Menanggapi sebuah postingan yang menyebutkan laporan bahwa akun Starlink telah diblokir, Musk menyebut Moraes sebagai "diktator" di X.


Bagaimana setelah platform X ditutup?

Di bawah hukum Brasil yang mengatur internet, media sosial harus memiliki perwakilan yang berbasis di negara tersebut. Hakim mengatakan bahwa perusahaan yang melanggar hukum Brasil dapat dihentikan sementara aktivitasnya. Regulator Anatel telah mulai memberi tahu operator untuk memastikan mereka menutup X, Sabtu, 31 Agustus 2024.

Pengguna masih bisa menghindari pemblokiran dengan menggunakan VPN. Tetapi untuk menghindari celah itu, Moraes mengatakan bahwa individu atau perusahaan yang mencoba untuk tetap mengakses jejaring sosial dengan cara itu dapat didenda hingga 50.000 real Brasil (sekitar Rp 137.000) per hari.

Bagaimana nasib pengguna X di Brasil?

Seperti dilansir New York Times, jutaan orang Brasil terbangun pada Sabtu karena mendapati jejaring sosial yang tidak dapat diakses. Pengguna di aplikasi masih melihat linimasa, tetapi postingan dibekukan sejak Jumat malam. Mereka yang mencoba membuka situs web disambut dengan layar kosong, seolah-olah situs tersebut tidak ada.

Beberapa pelanggan dari beberapa penyedia internet yang belum mematuhi larangan tersebut pada Sabtu pagi memposting dengan penuh semangat di X bahwa mereka masih dapat menggunakan layanan tersebut, dan frasa "tidak turun" mulai menjadi tren di X. (Salah satu penyedia tersebut adalah Starlink, layanan internet satelit yang dijalankan oleh SpaceX, perusahaan luar angkasa milik Mr. Musk).

Namun, sebagian besar pengguna Twitter di Brasil telah keluar dari Twitter - dan seluruh dunia tiba-tiba menyadari betapa situs ini telah didukung oleh negara dengan 200 juta orang yang sangat online ini. (Dengan waktu sembilan jam 32 menit sehari, orang Brasil berada di urutan kedua secara global dalam hal rata-rata penggunaan internet harian, setelah orang Afrika Selatan, menurut Proxyrack, penyedia infrastruktur internet).


Apa Dampak yang Mungkin Terjadi?

X digunakan secara luas di Brasil dan merupakan sarana komunikasi yang penting, terutama bagi para politisi sebagai sarana untuk menyampaikan pandangan mereka dan menyerang saingan mereka. Negara ini akan memasuki tahap kampanye untuk pemilihan umum lokal pada bulan Oktober yang akan menentukan walikota di 5.568 kota.

Putusan hakim dapat menyebabkan X kehilangan salah satu pasar terbesar dan paling didambakan di saat Musk berjuang dengan pendapatan iklan untuk platform tersebut.


Perpecahanan Kanan-Kiri dalam masalah ini?

Reaksi terhadap perseteruan antara Moraes dan Musk terbagi. Beberapa pengguna X berbagi kritik Musk terhadap putusan hakim, dengan mengatakan bahwa dia merusak kebebasan berbicara di Brasil. Sebagian lainnya setuju dengan pandangan hakim bahwa Musk seharusnya tidak berada di atas hukum Brasil.

Para pendukung mantan Presiden Jair Bolsonaro yang beraliran keras melihat Musk sebagai sekutu mereka dalam menentang investigasi Moraes terhadap apa yang disebut sebagai milisi digital yang dituduh menyebarkan "berita palsu" dan pesan-pesan kebencian selama masa pemerintahan Bolsonaro yang berlangsung dari 2019 hingga 2022.

Konten Terkait

KESEHATAN Psikolog Minta Orang Tua Bekali Anak dengan Panduan Gunakan Media Sosial

Paparan konten negatif di media sosial bisa menimbulkan gangguan perkembangan sosial pada anak yang belum matang secara emosional.

Jumat 13-Sep-2024 20:29 WIB

PEMERINTAHAN Pemkab Wonosobo Percepat Integrasi SPBE untuk Tingkatkan Pelayanan Publik

Penyelenggaraan SPBE ditujukan untuk mendukung dan meningkatkan kualitas layanan publik dan pemerintahan dengan memanfaatkan TIK secara terpadu.

Kamis 12-Sep-2024 20:36 WIB

TEKNOLOGI Mengulas Kemampuan Apple Intelligence

JPNN.com - Apple memperkenalkan sistem kecerdasan buatan terbarunya, Apple Intelligence, bersamaan perilisan iPhone 16 series.

Selasa 10-Sep-2024 20:28 WIB

PERISTIWA Memahami Perseteruan Elon Musk dan Hakim Agung Brasil

X milik Elon Musk akhirnya diblokir di Brasil membuat sekitar 40 juta penggunanya harus keluar dari platform tersebut.

Minggu 01-Sep-2024 20:25 WIB

TEKNOLOGI Teknologi Berbasis AI Buatan Dalam Negeri Ini Mampu Deteksi Bakat Manusia

Kerjasama dengan TalentDNA AI ini kata dia tidak hanya memperkuat ekosistem teknologi yang ada, tetapi juga membuka peluang baru

Rabu 28-Aug-2024 20:44 WIB

Tulis Komentar