TEKNOLOGI

Kominfo: Warga RI Tinggalkan TV Analog Pindah ke TV Digital

Kamis 04-May-2023 14:13 WIB 278

Foto : detik

brominemedia.com – Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) mengungkapkan perkembangan terkini penerapan suntik mati TV analog atau analog switch off (ASO).

Direktur Penyiaran Ditjen PPI Kementerian Kominfo, Geryantika Kurnia mengungkapkan mengacu pada hasil survei Nielsen Indonesia pada 1 Mei 2023 bahwa penetrasi TV digital di 11 kota besar Indonesia sudah mendekati normal, yakni 90%. Sedangkan, khusus di Pulau Jawa, pelaksanaan migrasi TV analog ke digital ini sudah mendekati 100%.

"Untuk penetrasi TV digital Bali, Palembang, dan Banjarmasin yang sudah ASO di bulan Maret 2023 yang lalu sangat signifikan perpindahan masyarakat yang nonton siaran TV digital mendekati 85%, sehingga tersisa Medan dan Makassar yang sedang dijadwalkan ASO," tutur Gery kepada detikINET.

Sebagai informasi, Medan termasuk wilayah siaran Sumatera Utara-1 dan Makassar berada di wilayah siaran Sumatera Selatan-1. Daerah-daerah di kedua wilayah siaran itu pun akan terdampak pemadaman siaran analog.

"Sesuai komitmen TV-TV swasta dan pemerintah daerah disepakati untuk Sulawesi Selatan-1 (Makassar dan sekitarnya) direncanakan pada 20 Mei 2023 pukul 24.00 WIB dengan catatan distribusi STB mencapai 90%, sedangkan untuk Sumatera Utara-1 (Medan dan sekitarnya) perkiraan ASO di bulan Juni 2023," tuturnya.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

Berdasarkan data per 2 Mei, distribusi set top box TV digital gratis sudah disalurkan kepada kelompok rumah tangga miskin (RTM) ekstrem sebanyak 94.486 unit atau 14% di wilayah siaran Sumatera Utara-1. Sedangkan, di Sulawesi Selatan-1 sudah disalurkan 51.669 unit atau telah terdistribusi 46%.

Lebih lanjut, kata Gery, multifier efek ASO di 11 kota besar terhadap penetrasi siaran digital nasional sudah melebih 74%. Total populasi masyarakat yang menonton siaran TV analog sebelum ASO sekitar 59 juta dan pada saat 1 Mei 2023 yang menonton siaran digital sekitar 54,7 juta.

"Sehingga siaran TV analog sudah ditinggalkan masyarakat yang sudah beralih ke siaran digital," ucap Gery.

Gery mengungkapkan TV swasta dan TVRI telah membangun infrastruktur TV digital atau mux di 341 kabupaten/kota yang terdampak ASO, di mana sehari-harinya nonton siaran free to air.

Adapun, sebanyak 584 stasiun TV sudah bersiaran digital dan 103 siaran analog berproses migrasi ke tv digital. Alhasil, masyarakat di seluruh Indonesia yang terdampak ASO bisa menikmati siaran TV digital.

Share:

Konten Terkait

PERISTIWA Mau Tindak Lanjut Tuntutan Ojol, Anak Buah Budi Arie: Masalah Ini Tak Hanya di Kominfo

Pemerintah diminta melegalkan ojek online di Indonesia dengan membuat Surat Keputusan Bersama (SKB) beberapa kementerian.

Kamis 29-Aug-2024 20:32 WIB

PERISTIWA Diskominfo Lingga dan Telkomsel Tanggapi Keluhan Warga Terkait Buruknya Akses Signal

Terkait gangguan teknis dan kendala yang terjadi, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo) Lingga, Izjumadillah menyebut, permasalahan ter

Minggu 07-Jul-2024 20:17 WIB

PEMERINTAHAN Kominfo Akan Kirim SP3 ke Telegram: Kalau Nggak Respons, Kita Blokir

Kominfo akan mengirimkan surat peringatan ketiga kepada Telegram terkait isu judi online. Jika masih tak ditanggapi, Kominfo akan memblokir Telegram.

Rabu 26-Jun-2024 20:32 WIB

TEKNOLOGI Elon Musk Serius Siapkan Starlink Direct to Cell, Begini Sikap Kemenkominfo

SpaceX, perusahaan wahana dirgantara milik Elon Musk, dikabarkan bakal meluncurkan layanan telepon langsung ke seluler Starlink pada musim gugur ini.

Selasa 04-Jun-2024 20:37 WIB

EVENT Diskusi Bareng Media di Palembang, KPK Ungkap Sektor Politik Jadi Fokus Pemberantasan Korupsi

Dinas Komunikasi dan Informasi Statistik (Diskominfo) Provinsi Sumatera Selatan (Sumsel) mengadakan Pelatihan Bersama Diskominfo Kab

Kamis 30-May-2024 21:01 WIB

Tulis Komentar