PERISTIWA

Kerugian Akibat Banjir di Bogor Dihitung, Korban Terima Bantuan

Jumat 28-Apr-2023 00:33 WIB 190

Foto : merdeka

brominemedia.com - Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mendatangi lokasi banjir bandang di Kampung Paku, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Kamis (27/4). Di sana, Iwan memberikan sejumlah bantuan bagi para korban terdampak.

Diketahui, 316 KK terdiri dari 1.001 jiwa terdampak banjir bandang yang terjadi pada Senin (24/4) malam. Iwan mengungkapkan, warga yang terdampak berada di Kampung Paku RT 01, 02, 03, 04 RW 04, RT 02, 03, 04 RW 03 dan Kampung Cikadu RT 01, 02, 03 RW 03.

"Saya datang agak telat karena sehari melakukan assesmet, menghitung kerugian berapa yang harus kita bantu, termasuk juga membangun kembali tebingan yang rusak," kata Iwan Setiawan.

Para korban terdampak diungsikan sementara ke Masjid Baiturrahmah, tidak jauh dari lokasi banjir bandang. Banyak masyarakat, membersihkan sendiri material lumpur dari rumah mereka, serta membersihkan barang-barang milik mereka.

Iwan mengungkapkan, dari 1.001 jiwa terdampak, 152 di antaranya merupakan anak usia 7-14 tahun. Iwan pun mengingatkan masyarakat agar terus menjaga kebersihan sungai.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

"Kami masih terus lakukan assesmet. Insya Allah, Senin pekan depan sudah bisa action untuk menurunkan bantuan dari dinas perumahan, untuk melakukan perbaikan," jelas Iwan.

Ke depannya, Pemkab Bogor akan memberi uang sewa rumah kepada warga yang rusak berat sebesar Rp500 ribu. Iwan mengungkapkan, hasil assesment, terdapat delapan rumah warga mengalami rusak berat.

Iwan menduga, banjir bandang dari Kali Cinanggung itu disebabkan penyempitan aliran kali, ditambah adanya balok melintang yang kemudian banyak sampah tersangkut hingga semakin menghambat aliran air di sungai tersebut.

Menurutnya, penyempitan aliran kali juga disebabkan banyaknya rumah warga yang dibangun hingga ke tepian sungai. Maka, Pemkab Bogor pun akan menertibkan bangunan tersebut.

"Makanya kalau tidak dicegah nanti diikuti warga lainnya. Supaya kejadian seperti ini tidak terulang lagi. Nanti drainase juga akan diperbaiki," pungkas dia.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Sejumlah Desa di Kabupaten Mojokerto, Bakal Digerojok Tambahan Dana Desa 2024

Sejumlah desa di Kabupaten Mojokerto bakal mendapat alokasi tambahan Dana Desa (DD) Tahun 2024.

Senin 15-Jul-2024 20:20 WIB

PEMERINTAHAN Verifikasi Bantuan Usaha Untuk 5.760 Penerima Tepat Sasaran, Pemkot Kediri Libatkan Kelurahan

Tahun ini Pemkot Kediri menargetkan 5.760 orang menerima bantuan modal usaha dengan besaran Rp 2,5 juta per orang

Senin 13-May-2024 20:48 WIB

PERISTIWA Indonesia Kirim Bantuan Lebih dari Rp 7 Miliar ke Vanuatu

Indonesia mengirimkan bantuan untuk penanganan bencana alam berupa pangan, sandang, dan papan yang senilai Rp 7 Miliar ke Republic of Vanuatu. Menko PMK Muhadjir Effendy bersama Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, turut melepas bantuan tersebut.

Selasa 09-May-2023 08:03 WIB

PERISTIWA Kerugian Akibat Banjir di Bogor Dihitung, Korban Terima Bantuan

Pelaksana tugas (Plt) Bupati Bogor Iwan Setiawan mendatangi lokasi banjir bandang di Kampung Paku, Desa Sadeng, Kecamatan Leuwisadeng, Kabupaten Bogor, Kamis (27/4). Di sana, Iwan memberikan sejumlah bantuan bagi para korban terdampak.

Jumat 28-Apr-2023 00:33 WIB

FINANCE 183 Desa di Purwakarta Mendapat Bantuan Kendaraan Dinas Dari Pemerintah

Pemerintah Kabupaten Purwakarta, Jawa Barat, menyalurkan bantuan kendaraan dinas operasional berupa sepeda motor untuk 183 aparatur pemerintah desa di wilayah Purwakarta.

Rabu 12-Apr-2023 01:00 WIB

Tulis Komentar