TEKNOLOGI

FIFA U-17 World Cup to Use VAR, Goal Line Technology

Rabu 04-Oct-2023 00:52 WIB 247

Foto : brominemedia.com

brominemeida.com - Teknologi Video Assistant Referee (VAR) dan garis gawang akan digunakan pada Piala Dunia FIFA U-17 2023 di Indonesia. Indra Yudhistira, CEO Visual Indomedia Produksi (VIP) yang merupakan bagian dari lembaga penyiaran resmi EMTEK, mengatakan FIFA akan mengirimkan tim untuk mengoperasikan teknologi tersebut.

“Beberapa pejabat akan berasal dari FIFA, beberapa akan berasal dari lokal. Jadi tim VAR akan bersinergi dengan tim produksi kami. Tim VAR dari FIFA akan membawa perlengkapannya dan kemudian meletakkannya di sebelah ruang kendali kami,” kata Indra usai jumpa pers di siaran resmi turnamen remaja mendatang di Menara SCTV, Selasa, 3 Oktober 2023.

Indra mengatakan, empat stadion yang ditunjuk akan memiliki ruang khusus VAR. Ia mengatakan, ada baiknya FIFA melibatkan tim lokal dalam pengoperasian VAR, karena sering kali membawa tim sendiri tanpa bekerja sama dengan penyelenggara lokal.

Menurutnya, penggunaan VAR juga akan berdampak positif bagi empat stadion Tanah Air karena akan meningkatkan standarnya hingga ke level internasional. Ia juga mengatakan, hal ini akan menjadi momentum bagi pihaknya untuk mengkaji teknologi tersebut.


Selain VAR, Indra mengatakan teknologi garis gawang juga akan digunakan. “Tapi ini akan berbeda dengan yang digunakan di Qatar. Kami masih akan memasang dua kamera khusus untuk garis gawang, dan kemudian tim VAR akan menanganinya.”

Ketua Persatuan Sepak Bola Seluruh Indonesia (PSSI) Erick Thohir memberikan tanggapan berbeda soal penggunaan VAR di Piala Dunia U-17. Ia mengatakan, kewenangan ada di FIFA.

Piala Dunia U-17 2023 dijadwalkan berlangsung pada 10 November hingga 2 Desember 2023. Empat stadion yang akan menjadi tuan rumah pertandingan internasional tersebut adalah Jakarta International Stadium (JIS), Stadion Gelora Bung Tomo di Surabaya, Stadion Si Jalak Harupat di Bandung, dan Stadion Manahan di Solo. Untuk babak penyisihan grup, Timnas U-17 Indonesia akan melakoni tiga pertandingan di Surabaya.

Konten Terkait

TEKNOLOGI FIFA U-17 World Cup to Use VAR, Goal Line Technology

Video Assistant Referee (VAR) and goal-line technology will be used at the 2023 FIFA U-17 World Cup in Indonesia.

Rabu 04-Oct-2023 00:52 WIB

OLAHRAGA Sports Ministry Allocates US$26 Million for FIFA U-17 World Cup

Indonesia Sports Ministry has allocated government aid worth Rp399.5 billion (US$26 million) for preparations of 2023 FIFA U-17 World Cup.

Rabu 13-Sep-2023 06:42 WIB

OLAHRAGA Persiapan FIBA World Cup 2023, Presiden FIBA Tinjau Pembangunan Indonesia Arena

Presiden FIBA (Federasi Bola Basket Internasional), Hamane Niang beserta jajarannya meninjau pembangunan Indonesia Arena untuk gelaran FIBA World Cup 2023.

Sabtu 23-Jul-2022 14:49 WIB

Tulis Komentar