KESEHATAN

Fakta Unik Telinga yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Senin 27-May-2024 20:55 WIB 143

Foto : tempo

Brominemedia.com – Telinga adalah bagian tubuh di kepala yang tak bisa kita lihat tanpa bantuan cermin. Fungsi telinga sangat penting karena dari sinilah kita bisa mendengar suara. 

Namun mungkin ada fakta lain yang tak diketahui soal telinga selain mendengar, misalnya berperan penting pada keseimbangan tubuh, mempengaruhi saat mabuk perjalanan, dan bahkan saat makan. Berikut fakta unik indera pendengaran ini seperti dilansir The Sun.

Apakah terus tumbuh?
Ada mitos telinga terus tumbuh seiring usia. Padahal saat orang mencapai usia dewasa, pertumbuhan telinga pun ikut terhenti. 

Tak semua orang bisa menggerakkannya
Anda mungkin pernah melihat orang yang mampu menggerakkan telinga sehingga daunnya bergoyang. Sayangnya, tak semua orang diberi kemampuan untuk menggerakkannya.

Bukan telinga yang mendengar
Mata menerima cahaya tapi otak lah yang menerjemahkan informasi menjadi gambar. Begitu juga dengan telinga. Mereka menerima gelombang suara tapi otak lah yang menerjemahkannya menjadi suara yang kita kenal.

Berapa frekuensi suara yang bisa terdengar?
Telinga manusia bisa mendeteksi gelombang suara antara 20-20.000 Hertz. Kehilangan pendengaran bisa terjadia pada usia berapa pun termasuk karena paparan suara yang terlalu tinggi atau di atas 120 desibel.

Kotoran telinga tak perlu dibersihkan
Telinga bisa membersihkan diri sendiri sehing Anda tak perlu bersusah payah mengoreknya untuk mengeluarkan kotoran yang berbentuk seperti lilin. Kotoran telinga sebenarnya juga tak kotor karena hanya berupa kumpulan debu, bakteri, dan sebagainya yang tak akan merusak telinga.

Warna kotoran telinga berbeda
Ada yang berwarna kuning dan ada pula yang putih. Ternyata genetik juga mempengaruhinya, seperti yang ditemukan di Jepang pada 2006. Kotoran telinga berwarna kuning ada pada ras Kaukasian dan Afrika sedangkan yang putih pada orang Asia Timur.

Share:

Konten Terkait

PERISTIWA Mayat ART dalam Toren Air di Kelapa Gading Jakarta Utara: Penyebab dan Fakta-fakta

Polisi menyelidiki penemuan mayat seorang ART, Nami (NM), yang berada dalam toren air di rumah tiga lantai di Kelapa Gading, Jakut, Kamis (24/10/2024)

Kamis 24-Oct-2024 20:24 WIB

KESEHATAN Fakta Dan Kronologi 4 Siswa SD Kejang Usai Konsumsi Minuman Semprot di Palembang, Terdaftar di BPOM

Kejadian menghebohkan ini cepat tersebar adanya pesan berantai bahayanya minuman semprot tersebut.Pihak terkait turun tangan

Rabu 31-Jul-2024 21:19 WIB

PERISTIWA 4 Fakta Tabrakan Maut Alya Vs Fortuner Buntut Terobos Lampu Merah

Mobil Daihatsu Ayla dan Toyota Fortuner terlibat kecelakaan di Jalan Raya Pajajaran, Kota Bogor, Jawa Barat. Satu orang tewas dalam kecelakaan tersebut.

Rabu 10-Jul-2024 20:35 WIB

PERISTIWA Cek Fakta: benarkah sebelum 1998 universitas negeri sangat terjangkau oleh rakyat kecil?

Prabowo menyebutkan bahwa sebelum 1998, universitas negeri sangat terjangkau oleh rakyat kecil. Benarkah demikian?

Selasa 11-Jun-2024 20:41 WIB

KESEHATAN Fakta Unik Telinga yang Mungkin Anda Tidak Tahu

Mungkin ada fakta yang tak diketahui soal telinga selain mendengar, misalnya berperan penting pada keseimbangan tubuh. Berikut beberapa di antaranya.

Senin 27-May-2024 20:55 WIB

Tulis Komentar