TREND

Elon Musk Ungkapkan Berhasil Turunkan Berat Badan Menggunakan Obat Diabetes

Jumat 13-Jan-2023 10:29 WIB 456

Foto : tempo

brominemedia.com -Pada Desember tahun lalu, CEO Tesla Elon Musk mendapatkan sorotan netizen setelah mengungkapkan keberhasilannya menurunkan berat badan sebesar 13 kg. Dalam sebuah postingan di akun Twitter-nya, ia mengaku menggunakan obat diabetes bernama Wegovy untuk membantunya menjadi lebih langsing.

Wegovy merupakan obat suntik yang diproduksi oleh Novo Nordisk, raksasa farmasi Denmark. Obat ini telah banyak beredar di media sosial, terutama TikTok dan menjadi sebuah tren viral. Terlepas dari kepopuleran obat itu, pertanyaan mengenai khasiatnya untuk mendorong penurunan berat badan, keamanan, dan efek sampingnya tetap ada. Berikut penjelasannya dari ahli dikutip dari Times of India pekan ini.

Dr Anupam Biswas, Konsultan-Endokrinologi, Rumah Sakit Fortis, Noida, mengonfirmasi keampuhan obat ini. Menurutnya, beberapa agen antidiabetes dapat menyebabkan penurunan berat badan dengan merangsang rasa kenyang, mengurangi nafsu makan, memperlambat pelepasan makanan dari perut, meningkatkan rasa kenyang setelah makan, memodulasi mikrobiota usus dan dengan meningkatkan ekskresi glukosa yang menyebabkan hilangnya kalori.

Dr. Manjunath Malige, Konsultan Utama - Endokrinologi & Diabetes, Rumah Sakit Aster RV, juga sependapat. Ia menambahkan bahwa ada dua golongan obat diabetes yang membantu pasien menurunkan berat badan selain memperbaiki kadar gula darah, yakni:

- Obat-obatan seperti Dapagliflozin, empagliflozin dan canagliflozin yang mengurangi berat badan dengan membuat tubuh kehilangan kalori (glukosa) dalam urin

- Obat-obatan seperti Dulaglutide dan Semaglutide yang membantu menurunkan berat badan melalui berbagai mekanisme, utamanya dengan menekan nafsu makan. Obat ini sangat aman bila dikonsumsi oleh pasien diabetes yang tepat.

Fungsi dasar obat diabetes adalah untuk mengelola diabetes mellitus tipe 2. Namun, Dr. Biswas mengatakan bahwa beberapa obat telah disetujui oleh FDA untuk pengobatan obesitas bahkan tanpa adanya diabetes.

Efek samping obat diabetes

Meski Dr Biswas berpendapat bahwa obat diabetes relatif aman dalam pengelolaan kondisi kronis dan obesitas, ia mengatakan bahwa beberapa orang mungkin mengalami efek samping seperti gejala gastrointestinal seperti mual. Selain itu, obat ini harus dihindari pada pasien dengan riwayat pankreatitis, kanker tiroid atau seseorang dengan riwayat keluarga kanker tiroid.

Dr. Malige mencatat bahwa obat diabetes dapat meningkatkan risiko infeksi saluran kemih dan infeksi jamur genital. Selain itu, obat-obatan seperti Dulaglutide dan Semaglutide dapat menyebabkan mual dan muntah selama beberapa hari pertama yang akhirnya mereda.

Meskipun obat diabetes dapat membantu mengurangi berat badan dan mengobati obesitas, intervensi gaya hidup seperti mengikuti diet rendah kalori, meningkatkan aktivitas fisik dan olahraga, serta modifikasi perilaku masih merupakan beberapa cara yang lebih aman untuk menurunkan berat badan menurut para ahli kesehatan.

Konten Terkait

PERISTIWA Memahami Perseteruan Elon Musk dan Hakim Agung Brasil

X milik Elon Musk akhirnya diblokir di Brasil membuat sekitar 40 juta penggunanya harus keluar dari platform tersebut.

Minggu 01-Sep-2024 20:25 WIB

TEKNOLOGI Elon Musk Serius Siapkan Starlink Direct to Cell, Begini Sikap Kemenkominfo

SpaceX, perusahaan wahana dirgantara milik Elon Musk, dikabarkan bakal meluncurkan layanan telepon langsung ke seluler Starlink pada musim gugur ini.

Selasa 04-Jun-2024 20:37 WIB

FINANCE Kepala BKPM: SpaceX Elon Musk Akan Berinvestasi di Ibu Kota Baru

Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal Bahlil Lahadalia menyatakan proses investasi di Ibu Kota Negara (IKN) dengan SpaceX Elon Musk terus berjalan

Kamis 16-Feb-2023 23:47 WIB

FINANCE Elon Musk Disebut Serius Akan Membeli Manchester United Senilai Rp85 Triliun

Bos Tesla dan Twitter Elon Musk disebut serius akan membeli klub sepak bola Inggris Manchester United dengan penawaran senilai 4,5 miliar poundsterling atau sek

Rabu 15-Feb-2023 11:57 WIB

TREND Apa Maksud Ungkapan Elon Musk: Instagram atau Twitter?

Elon Musk men-tweet pertanyaan mengenai perbandingan Twitter dan Instagram. Mengenai cuitannya tersebut, apakah maksud sebenarnya?

Kamis 19-Jan-2023 09:23 WIB

Tulis Komentar