PENDIDIKAN

Dosen UAD Bantu Urai Masalah Sampah di Ngargosari Kulonprogo

Sabtu 25-Feb-2023 09:47 WIB 222

Foto : harianjogja

brominemedia.com -Sejumlah dosen bersama mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja turut berkontribusi terhadap pengelolaan sampah di Kalurahan Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo lewat program pengabdian masyarakat. Tim ini memberikan pendampingan dan pelatihan dalam mengelola sampah.

Dosen Teknik Kimia UAD Zahrul Mufrodi yang turut dalam kegiatan itu menjelaskan persoalan sampah tergolong masalah pribadi sehingga harus diminimalisasi agar tidak merepotkan orang lain. Pemilahan dan pengolahan sampah bisa diselesaikan di tataran rumah tangga atau bersama-sama dikelola di tingkat dusun atau kelurahan. Dalam pengelolaannya tiap rumah tangga bisa memisahkan sampah kertas dan plastik yang nantinya bisa dikumpulkan sendiri-sendiri atau bersama-sama.

Sedangkan sampah organik bisa dikumpulkan untuk diolah menjadi pupuk organik baik cair maupun padat. Konsep 3R yang terdiri dari reduse dapat mengurangi jumlah sampah, reuse atau menggunakan kembali dan recycle yaitu mendaur ulang sampah sehingga bisa dimanfaatkan kembali.

Manfaatin gadgetmu untuk dapetin penghasilan tambahan. Cuma modal sosial media sudah bisa cuan!

Gabung bisnis online tanpa modal di http://bit.ly/3HmpDWm

“Perlu ada organisasi di tingkat dusun dan kalurahan untuk menjaga semangat dan keistiqomahan dalam pengelolaan sampahnya. Kami berusaha hadir membantu memecahkan masalah sampah ini di Kalurahan Ngargosari, Samigaluh, Kulonprogo,” katanya dalam rilis, Sabtu (25/2/2023).

Salah satu upaya yang dilakukan melalui pelatihan dan praktik digelar pada Kamis, 9 Februari 2023.  Pelatihan diikuti oleh 38 peserta mewakili enam dusun yang ada di kalurahan Ngargosari. Setelah selesai penjelasan dan tanya jawab terkait pengelolaan sampah kemudian dilanjutkan praktek pembuatan sampah organik.

Zahrul Mufrodi menambahkan dalam prakteknya memberikan cara pembuatan pupuk organik yaitu sampah organic yang berwujud daun, sayur, buah busuk disirami campuran  EM4 sebagai penyedia bakteri pembusuk dan larutan gula sebagai nutrisi bagi bakteri tersebut.

“Setelah tercampur maka dimasukkan kedalam wadah dan ditunggu selama 30 hari untuk mengubah sampah organik tersebut menjadi kompos. Kegiatan pengabdian kali ini dilaksanakan mulai pagi hari hingga jelang sholat dhuhur. Persiapan, pembukaan, pelaksanaan baik penjelasan dan praktek pembuatan pupuk organkc, serta penutupan dilakukan oleh mahasiswa yang sedang KKN di dusun Tegalsari, Trayu dan Tritis di Kalurahan Ngargosari yang tergabung dalam KKN XX B1, B2 dan B3,” katanya.

Pelatihan dan praktik dibuka langsung oleh Lurah Ngargosari Lobertus Kiswanto. Dalam sambutan pembukanya Kiswanto menyampaikan pentingnya pengelolaan sampah sebagai pendukung terciptanya lingkungan yan  bersih dan sehat.

“Pemilahan sampah ini sangat penting sehingga pengolahan dan kemanfaatannya semakin tinggi. Pelatihan diikuti warga dari perwakilan dusun-dusun yang ada di kalurahan Ngargosari,” ujarnya.

Pengelolaan sampah sangat diperlukan baik di desa maupun di kota karena dalam kondisi saat ini semakin banyak jenis dan jumlah sampah yang dihasilkan. Beberapa tempat pembuangan akhir (TPA) sudah kesulitan dalam menampungnya. Selain itu beragamnya  pembungkus, kantong plastik, botol dan

tempat minuman lainnya menyebabkan semakin kompleksnya pengolahan sampah yang perlu dilakukan. Banyaknya sampah yang dibuang sembarangan menjadikan rentannya pemeliharaan kelestarian lingkungan hidup.

Konten Terkait

PERISTIWA Antisipasi Konvoi Kelulusan dan Tawuran Pelajar di Kulonprogo, Ini yang Dilakukan Polisi

Antisipasi konvoi kelulusan pelajar SMA dan SMK sederajat di Bumi Binangun dilakukan Polres Kulonprogo dengan mengawasi dan menyambangii sekolah.

Selasa 07-May-2024 20:17 WIB

TRAVEL Jadwal Kereta Bandara YIA Selasa 31 Oktober 2023, Tiket Rp20.000

Masyarakat yang ingin melakukan perjalanan menuju Yogyakarta International Airport (YIA) Kulonprogo bisa menggunakan Kereta Api Bandara y

Selasa 31-Oct-2023 03:17 WIB

PERISTIWA Sambangi Pasar Wates, Kapolda DIY: Kalau Ada Tukang Palak, Saya Tangkap

Kapolda DIY Irjen Pol. Suwondo Nainggolan datangi Pasar Wates untuk menampung keluhan masyarakat dalam program Jumat Curhat.

Senin 27-Feb-2023 02:27 WIB

PENDIDIKAN Dosen UAD Bantu Urai Masalah Sampah di Ngargosari Kulonprogo

Sejumlah dosen bersama mahasiswa Universitas Ahmad Dahlan (UAD) Jogja turut berkontribusi terhadap pengelolaan sampah di Kalurahan Ngargosari, Samigaluh

Sabtu 25-Feb-2023 09:47 WIB

PEMERINTAHAN Gantikan Almarhum Suprapto, Kalis Gatot Raharjo Dilantik Menjadi Anggota DPRD Kulonprogo

Rapat Paripurna DPRD Kulonprogo dengan acara pokok Pengucapan Sumpah/Janji Anggota DPRD Pengganti Antar Waktu (PAW) usai digelar.

Jumat 24-Feb-2023 06:57 WIB

Tulis Komentar