PERISTIWA

Banjir Dan Rob Memaksa Tol Semarang-Demak Seksi 1 Didesain Ulang

Rabu 04-Jan-2023 04:00 WIB 144

Foto : jpnn

brominemedia.com - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mendesain ulang Tol Semarang-Demak Seksi 1 Ruas Kaligawe-Sayung.

Menurutnya, hal tersebut terpaksa dilakukan untuk mengatasi dampak banjir yang sering terjadi di daerah itu. "Kami re-design jalan tol untuk tangani banjir dan rob.

Kontrak sudah ada, dan penyedia jasanya (juga). Tahun ini mulai dikerjakan," katanya, saat mengecek penanganan banjir di Rumah Pompa Kali Sringin, Kota Semarang, Selasa (3/1).

"Jalan tol akan kami tinggikan, jalan di bawah juga akan ditinggikan sehingga di bawahnya tidak tergenang lagi," dia menambahkan.

Menteri Basuki menyebut pengerjaan peninggian bagian Jalan Tol Semarang-Demak diperkirakan membutuhkan waktu sekitar enam bulan.

Rencananya, kata dia, pengerjaan tersebut bakal dilakukan setelah Hari Raya Idul Fitri 2023 agar tidak mengganggu lalu lintas kendaraan semasa mudik.

"Jadi, hasil koordinasi dengan Korlantas dan Dishub diminta pengerjaan setelah Hari Raya sehingga pada musim hujan tahun depan diharapkan tidak ada banjir," katanya.

Sementara itu, guna mengatasi banjir yang masih melanda bagian wilayah Kota Semarang, Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat mendatangkan bantuan pompa untuk menyedot genangan di daerah Kaligawe.

Pengerahan bantuan mesin pompa penyedot air berkapasitas besar diharapkan dapat mempercepat penanganan genangan di daerah tersebut.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Pembebasan Lahan Tol Semarang-Demak Belum Beres, Begini Langkah Basuki

Tol Semarang-Demak Seksi 1 untuk ruas Semarang/Kaligawe - Sayung akan membentang sepanjang 10,39 km. Hingga kini, pembebasan lahan untuk Seksi 1 belum rampung

Senin 27-Feb-2023 06:27 WIB

PERISTIWA Banjir Dan Rob Memaksa Tol Semarang-Demak Seksi 1 Didesain Ulang

jateng.jpnn.com, SEMARANG - Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat Basuki Hadimuljono mengatakan pihaknya akan mendesain ulang Tol Semarang-Demak Seksi 1 Ruas Kaligawe-Sayung.

Rabu 04-Jan-2023 04:00 WIB

Tulis Komentar