Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PENDIDIKAN

Universitas Trisakti Gandeng Universiti Sains Malaysia Studi Banding ke RS Marzoeki Mahdi Bogor

Senin 29-Jul-2024 20:31 WIB

57

Universitas Trisakti Gandeng Universiti Sains Malaysia Studi Banding ke RS Marzoeki Mahdi Bogor

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti bersama dengan Universiti Sains Malaysia (USM), gelar kunjungan ke Pusat Kesehatan Jiwa Nasional (PKJN), Rumah Sakit Marzoeki Mahdi Bogor, Senin (29/7/2024).

Kunjungan tersebut dalam rangka studi banding Universiti Sains Malaysia terhadap penanganan kesehatan jiwa serta fasilitas yang dimiliki oleh rumah sakit kejiwaan di Indonesia khususnya PKJN RS Mazoeki Mahdi.

Wakil Dekan Bidang Perencanaan dan Pengembangan dari Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, dr Jihan samira, M.Pd.Ked, SpMK menjelaskan kegiatan ini merupakan salah satu bentuk tindak lanjut dari pertemuan antara Universitas Trisakti bersama USM yang sudah dilakukan beberapa waktu lalu.

"Pada kegiatan ini juga nanti akan disepakati penandatanganan MOU antara FK Trisakti dan USM," kata Jihan, Senin (29/7/2024).

Jihan mengatakan, kerjasama dengan USM ini merupakan bagian perwujudan dari program internasionalisasi yang digelar oleh Trisakti.

Dimana Universitas Trisakti, nantinya bakal mengirimkan mahasiswa untuk studi ke luar negeri, dan juga menerima kunjungan dari mahasiswa luar negeri.

"Harapannya kedepan nanti kerjasama ini tidak hanya dalam bidang pendidikan, tapi juga berkembang ke dalam bidang penelitian dan pengabdian," kata dia.

Sebanyak 15 mahasiswa dari USM, melakukan observasi mengenai sistem, penanganan, hingga fasilitas yang ada di PKJN RS Mazoeki Mahdi. Kegiatan meliputi sesi berdiskusi, skrining pada remaja, serta mengunjungi fasilitas-fasilitas yang ada di PKJN RS Mazoeki Mahdi.

Salah satu fasilitas yang dikunjungi, adalah ruang instalasi pemulihan ketergantungan Napza yakni narkotika, psikotropika, dan obat terlarang.

Di sini, para mahasiswa diajak untuk melihat dan mengetahui kegiatan-kegiatan yang dilakukan oleh para pasien rehabilitasi, serta fasilitas yang digunakan.

Mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Trisakti, Ainaya Az Zahra mengatakan kegiatan studi bersama USM ini tidak hanya dilakukan dalam satu hari.

"Di minggu, kedua mereka (mahasiswa USM) bakal ke puskesmas. Mereka bakal kerja sama dengan community based learning,"

"Mereka quite maze sama apa yang ada di sini. Karena di Malaysia mereka bilang, mental health concern itu tidak terlalu besar, sedangkan di Indonesia itu ada institusi sendiri yang mau bahas itu, dan khusus banget buat rumah sakit jiwa bahas kesehatan mental," bebernya.

Konten Terkait

PERISTIWA Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak

Seorang siswi berinisial A (17), warga Kecamatan Sidoharjo, Wonogiri, tewas setelah terjatuh dari bus dalam perjalanan menuju sekolah. Korban diduga terjatuh saat bergelantungan di bus.

Selasa 06-Aug-2024 09:50 WIB

Siswi SMA di Wonogiri Meninggal Akibat Terjatuh dari Bus yang Penuh Sesak
TEKNOLOGI OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring

OPPO resmi mengumumkan perangkat Reno12 F Series, yaitu Reno12 F 5G dan Reno12 F 4G akan segera hadir dalam waktu dekat.

Senin 05-Aug-2024 20:37 WIB

OPPO Reno12 F Series Siap Hadir di Indonesia, Usung Desain Cosmos Ring
PEMERINTAHAN Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus

Bakal calon Wali Kota Tegal, Faruq Ibnul Haqi mengaku sudah mendapatkan rekomendasi dari partai politik besar untuk maju di Pilkada serentak 2024.

Minggu 04-Aug-2024 21:05 WIB

Bacawalkot Tegal Faruq Ibnul Haqi Klaim Sudah Kantongi Rekom Partai Besar, Deklarasi 18 Agustus
KRIMINAL Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang

Geger satu warga tewas dan dua lainnya luka-luka diduga diserang gerombolan pelajar di Magelang, Jawa Tengah, Minggu (4/8/2024) dini hari.

Minggu 04-Aug-2024 21:04 WIB

Ngeri! 1 Orang Tewas Ditusuk Senjata Tajam Gerombolan Pelajar di Magelang
PEMERINTAHAN Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

ESG Award by KEHATI adalah sebuah penghargaan yang diberikan oleh KEHATI kepada perusahaan-perusahaan yang telah menunjukkan komitmen tinggi terhadap prinsip-prinsip ESG

Jumat 02-Aug-2024 21:35 WIB

Raih Penghargaan ESG Award 2024, Bukti Komitmen Pembiayaan Infrastruktur Berkelanjutan.

Tulis Komentar