Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

LIFESTYLE

Sosok Sahara Putri Kenanga, Gadis Indramayu Jadi Delegasi dan Narasumber di Acara World Water Forum

Jumat 24-May-2024 21:19 WIB

287

Sosok Sahara Putri Kenanga, Gadis Indramayu Jadi Delegasi dan Narasumber di Acara World Water Forum

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Sahara Putri Ayu Kenanga merupakan Gadis Asal Indramayu yang Jadi Narasumber di Acara World Water Forum.

Baru-baru ini, Indonesia mendapat kepercayaan internasional untuk menjadi tuan rumah World Water Forum (WWF) ke-10 di Bali.

Ajang ini digelar mulai 18 sampai 25 Mei 2024.

Pada acara ini ada sosok muda asal Indramayu, Jawa Barat, yang juga ikut berkontribusi.

Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan menjadi salah seorang narasumber yang membahas "Peran Pemuda dalam Mengatasi Masalah Air".

Sahara adalah anak dari Awan Gunawan, Sekretaris Kecamatan Kerokan Bunder. Ia baru saja lulus dari Program Studi Sarjana Kesehatan Masyarakat (PSSKM) Fakultas Kedokteran Universitas Udayana, Bali. 

Perempuan asal Kecamatan Jatibarang, Kabupaten Indramayu, itu juga sebelumnya terpilih dalam 6th General Assembly.

Sidang Umum ke-6 tersebut menghadirkan 70 pemuda yang dipilih dari 6.000 anggota parlemen dari 45 negara.

Atas prestasinya, Sahara Putri Ayu Kenanga Gunawan pun ditunjuk menjadi anggota delegasi Indonesia dalam acara 10th World Water Forum.

"Pemuda yang terpilih akan mewakili negaranya masing-masing dalam acara WWF yang diselenggarakan di Bali. Alhamdulillah, saya bisa mewakili Indonesia di Forum WWF ini," ujar dia, Jumat (24/5/2024).

Menurut Sahara, yang juga sebagai Vice President of the Bali Youth Parliament for Water, Sidang Umum berfungsi sebagai miniatur Forum Pemuda dalam World Water Forum.

Mencakup proses tematik, proses regional, dan proses politik untuk melatih kaum muda dalam advokasi dan pembuatan kebijakan dari perspektif pemuda yang diadakan oleh International Secretariat for Water (ISW) Canada dan World Youth Parliament for Water (WYPW).

“Tidak hanya diajari bagaimana WWF berlangsung, tetapi kami juga diajari untuk memahami pesan-pesan kunci yang akan dibahas dalam setiap sub-tema WWF,” ujar dia.

Ia mengatakan, WWF adalah konferensi tingkat tinggi yang dihadiri 148 negara untuk mendiskusikan kebijakan-kebijakan tentang air.

Hasil akhir dari pertemuan ini deklarasi deklarasi perjanjian dan komitmen universal.

Dalam acara tersebut, Sahara bersama 69 pemuda lainnya memperjuangkan deklarasi yang pro terhadap peran pemuda sebagai generasi penerus di negara masing-masing.

Ia mengatakan, secara garis besar ada empat poin yang akan diperjuangkan.

Pertama, meningkatkan dan memperluas peluang pekerjaan dan akademik bagi para profesional muda di bidang air dan sanitasi.

Kedua, mengubah inklusi dan konsultasi para profesional muda di bidang air dan sanitasi serta aktivis dalam pengambilan keputusan menjadi norma dan bukan pengecualian.

Ketiga, mendukung kepemimpinan dan kewirausahaan yang dipimpin oleh pemuda di bidang air dan sanitasi.

Keempat, melakukan tindakan melawan penggunaan air sebagai senjata.

“Pasca-kegiatan 10th WWF akan ada follow up terhadap hasil dari deklarasi yang disepakati sampai 11th WWF selanjutnya yang akan diadakan di Arab Saudi pada tahun 2027,” ujar dia.

Selain itu Sahara juga akan menindaklanjuti beberapa pendekatan spesifik terkait advokasi kebijakan terhadap pemerintah Indonesia mengenai isu-isu air dan lingkungan.


Konten Terkait

OLAHRAGA Prediksi Skor Young Boys vs Aston Villa : Head to Head dan Statistik Tim di Liga Champions

Young Boys akan menjamu Aston Villa dalam pertandingan pembuka Liga Champions, berikut prediksi skor, head to head dan statistik tim

Senin 16-Sep-2024 20:21 WIB

Prediksi Skor Young Boys vs Aston Villa : Head to Head dan Statistik Tim di Liga Champions
PERISTIWA Anak Tersangka Percobaan Pembunuhan Donald Trump Ungkap Kaitan Sang Ayah dengan Ukraina

REPUBLIKA.CO.ID, FLORIDA -- Seorang pria 58 tahun bernama Ryan Wesley Routh ditangkap dalam kasus dugaan percobaan pembunuhan terhadap calon presiden Amerika Serikat (AS), Donald Trump. Oran Routh, anak dari sang...

Senin 16-Sep-2024 20:18 WIB

Anak Tersangka Percobaan Pembunuhan Donald Trump Ungkap Kaitan Sang Ayah dengan Ukraina
EVENT Bring Me The Horizon Menuntaskan Janji di Nexfest 2024

JPNN.com, JAKARTA - Band rock asal Inggris, Bring Me The Horizon (BMTH) akhirnya menuntaskan janji untuk kembali tampil di Jakarta.

Senin 26-Aug-2024 20:35 WIB

Bring Me The Horizon Menuntaskan Janji di Nexfest 2024
KRIMINAL Diduga Adik Bunuh Kakak Kandung di Surabaya, Wanita Muda Tewas di Tangga Rumah, Leher Terlilit Kabel

Kasus ini bermula dari temuan jenazah korban yang tergeletak di atas anak tangga dengan kondisi leher terdapat ikatan kabel, dalam sebuah rumah

Rabu 31-Jul-2024 21:14 WIB

Diduga Adik Bunuh Kakak Kandung di Surabaya, Wanita Muda Tewas di Tangga Rumah, Leher Terlilit Kabel
PERISTIWA Penembakan Donald Trump Diyakini Tingkatkan Elektabilitasnya

REPUBLIKA.CO.ID, JAKARTA – Anggota Kongres dari Partai Republik meyakini Donald Trump akan kembali ke Gedung Putih. Partai sayap kanan itu memprediksi, penembakan yang menargetkan Trump telah mempermudah jalannya untuk...

Minggu 14-Jul-2024 20:44 WIB

Penembakan Donald Trump Diyakini Tingkatkan Elektabilitasnya

Tulis Komentar