Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

OLAHRAGA

Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024

Jumat 13-Sep-2024 20:31 WIB

26

Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024

Foto : tribunnews

Brominemedia.com – Atlet loncat indah Jawa Timur (Jatim), Gladies Lariesa Garina Hagakore mengukir prestasi spektakuler di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Atlet berusia 18 tahun itu mendapat 5 medali emas di ajang ini, menyapu bersih semua nomor yang diikutinya.

Perolehan medali Gladies mengantarkan Jatim menjadi juara umum loncat Indah di PON kali ini dengan raihan total 6 medali emas, 3 perak dan 2 perunggu.

Peringkat kedua ditempati DKI Jakarta dengan raihan 4 medali emas 3 perak, dan 2 perunggu. Sumatera Selatan berada di urutan ketiga dengan raihan 3 medali perak dan 3 perunggu.

Perolehan medali emas Gladies di PON kali ini lebih meningkat dibandingkan PONXX Papua, dimana merupakan PON pertamanya, mendapat tiga medali emas.

Ina Agustin Widayati, ibunda Gladies saat ditemui surya.co.id mengaku tidak menyangka anak keduanya itu menjadi atlet nasional dengan segudang prestasi.

Sebab, secara umum keluarga tidak ada yang berasal dari atlet profesional, apalagi memiliki prestasi nasional. Lucas Julius, ayah Gladies sebetulnya atlet dayung, namun bukan atlet nasional.

"Tidak pernah menyangka sama sekali, waktu itu saya masukkan Gladies pada dasarnya biar waktunya tersita, supaya dia gak main terus," kata Ina Agustin Widayati pada Tribun Jatim Network.

Gladies kecil diceritakannya cukup aktif, saking aktifnya, saat bermain kerap dikeluhkan tetangga yang ada di daerah Lakarsantri, Surabaya.

"Akhirnya saya carikan dia olahraga yang sekiranya bisa menyita perhatiannya, supaya gak main sama temannya, awalnya seperti itu," jelas Agustin.

Ibu dua anak itu berharap, tersitanya waktu untuk latihan menjadikan Gladies tidak terlalu sering bermain dengan teman sebayanya, sehingga tetangga tidak terlalu mengeluh.

Gladies mulai diikutkan latihan olahraga sejak berada di bangku kelas 1 SD. Loncat Indah bukan cabang olahraga pertama yang Gladies ikuti.

"Awalnya saya ikutkan taekwondo, latihan cuma seminggu dua kali, itupun malem. Jadi siang dia masih main, akhirnya ada yang ngasih tahu ikut aja loncat indah atletnya cuma sedikit, akhirnya saya ikutkan itu," jelas ibu berusia 49 tahun itu.

Agustin menuturkan, butuh perjuangan baginya agar Gladies rutin berlatih. Selayaknya anak usai belia, gadis kelahiran 26 Maret 2006 itu tak jarang malas-malasan berlatih karena lebih tertarik bermain.

"Dia giat atau punya tanggung jawab setelah masuk puslatda, kelas 5 SD, mungkin karena dia sudah dapat manfaatnya. Waktu kelas 2-4 cuma pertandingan biasa, tidak ada rewardnya, jadi dia modus-modus gitu, sering bolos," ucapnya diiringi ketawa kecil.

Meski baru kelas 5 mengikuti puslatda, Gladies sudah sering mendapat medali di kejuaraan kelompok usia sejak duduk di kelas 2 SD.

Sebagai sosok yang menjadi "pawang" utama Gladies, Agustin menuturkan tidak pernah jauh dari buah hatinya. Termasuk saat Gladies mengikuti kejuaraan.

Hanya saat PON XX Papua saja, Agustin tidak ikut mendampingi putrinya. Saat situasi seperti itu, Gladies selalu melakukan ritual, telpon juga video call pada ibunya baik sebelum maupun setelah bertanding.

Gladies diceritakan ibunya anak yang sangat sayang pada keluarga. Di tengah kariernya melejit, bonus datang dari mana-mana, ia memikirkan kebahagiaan keluarga yang utama.

Termasuk bonus besar yang akan diterima Gladies dari PON XXI kali ini, belum ada rencana peruntukannya.

Agustin tidak pernah mengarahkan bonus hadiah untuk Gladies akan digunakan untuk apa, semua disesuaikan dengan keinginan Gladies.

Begitu juga soal pendidikan, Gladies yang saat ini tercatat sebagai siswa kelas 3 SMA 6 Surabaya, menyerahkan semuanya untuk memilih tempat kuliah.

"Kayak kemarin kan dia pengen bikinkan ruang gym untuk ayahnya, akhirnya sudah tercapai. Awal rumah satu lantai, sekarang jadi tiga lantai. Lantai atas untuk nanam saya berkebun. Yang bawah gym, yang tengah untuk tempat tinggal," pungkasnya.

Konten Terkait

EVENT Atlet-atlet Paralimpiade Hanya Boleh Mengikuti Kategori Elite Peparnas 2024

Pembatasan dilakukan terhadap atlet-atlet difabel yang tampil di Paralimpiade Paris 2024. Mereka hanya boleh mengikuti nomor pertandingan kategori elite di Pekan Paralimpiade Nasional (Peparnas) 2024.Peparnas yang akan digelar di Kota Solo pada 6-13 Oktober 2024 ini akan diikuti 3.100 atlet dari 34 kontingen daerah. Dari jumlah tersebut, 35 atlet di antaranya pernah turun di Paralimpiade 2024 di Paris, Prancis.Sebut saja peraih medali emas Paralimpiade cabang bulutangkis yang akan membela konti.. Baca selengkapnya di https://rmol.id/olahraga/read/2024/09/17/637291/atlet-atlet-paralimpiade-hanya-boleh-mengikuti-kategori-elite-peparnas-2024

Selasa 17-Sep-2024 20:21 WIB

Atlet-atlet Paralimpiade Hanya Boleh Mengikuti Kategori Elite Peparnas 2024
OLAHRAGA Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024

Atlet loncat indah Jawa Timur (Jatim), Gladies Lariesa Garina Hagakore mengukir prestasi spektakuler di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Jumat 13-Sep-2024 20:31 WIB

Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024
EVENT Ribuan Warga Ikuti Senam Bersama Haornas 2024 di Kota Magelang

Ribuan warga memadati Alun-alun Kota Magelang untuk memeriahkan Hari Olahraga Nasional (Haornas) ke-41 tahun 2024, Jumat (13/9/2024) pagi.

Jumat 13-Sep-2024 20:30 WIB

Ribuan Warga Ikuti Senam Bersama Haornas 2024 di Kota Magelang
OLAHRAGA Bruno Moreira Fokus Bangun Chemistry dengan Pemain Anyar Persebaya

Pemain asing Persebaya Surabaya, Bruno Moreira Soares, berharap dapat menjalin kedekatan dengan para...

Rabu 19-Jun-2024 20:30 WIB

Bruno Moreira Fokus Bangun Chemistry dengan Pemain Anyar Persebaya
EVENT PON 2024 Makin Dekat, Pelatih Sepakbola PON Riau Panggil Pemain Elit Pro Academy

Jajaran pelatih sepakbola PON Riau memanggil sejumlah pemain untuk memperkuat tim. Ada dua pemain yang dipanggil dari EPA Liga 1

Selasa 18-Jun-2024 20:50 WIB

PON 2024 Makin Dekat, Pelatih Sepakbola PON Riau Panggil Pemain Elit Pro Academy

Tulis Komentar