Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

PDIP Umumkan Bakal Calon Gubernur Jatim Akhir Juli, Benarkah Risma?

Rabu 10-Jul-2024 20:40 WIB

71

PDIP Umumkan Bakal Calon Gubernur Jatim Akhir Juli, Benarkah Risma?

Foto : tempo

Brominemedia.com - Sekretaris Dewan Pimpinan Daerah PDIP Jawa Timur Sri Untari Bisowarno mengatakan partainya mengumumkan figur yang akan diusung ke Pilgub Jatim 2024 pada akhir Juli ini.

"Tunggu akhir Juli ya," kata Sri Untari dalam kegiatan Bincang Politik Pilgub Jatim 2024 bertemakan "Mencari Penantang Khofifah - Emil" di sebuah hotel di Surabaya, seperti dilansir Antara, Rabu, 10 Juli 2024.

Menurut Untari PDIP tidak kekurangan kader yang pantas dicalonkan pada Pilkada Jatim. Antara lain, kata dia,  Menteri Sosial Tri Rismaharini (Risma), serta Menteri Hukum dan HAM Yasonna Laoly.

"Di PDIP itu tidak kurang figur. Saya ada banyak pertanyaan kok tidak Bu Risma? Memang dari 2018 surveinya tinggi. Tapi waktu itu beliau masih ingin meneruskan di Wali Kota Surabaya," ujar dia.

Nama Risma kembali muncul menjelang pilgub. Wali Kota Surabaya periode 2010 - 2020 tersebut dikaitkan dengan mantan Ketua Pengurus Wilayah Nahdlatul Ulama Jatim, KH Marzuqi Mustamar.

Selain nama-nama menteri dari PDIP yang memiliki potensi untuk maju Pilkada Jatim 2024, Untari juga menyebut nama anggota DPR RI seperti Krisdayanti dan Ahmad Basarah. "Di DPR kita PDIP ada Mbak Krisdayanti, atau juga ada Pak Basarah," katanya.

Terlepas dari itu semua, Untari menyampaikan kalau PDIP Jatim menunggu arahan langsung dari DPP PDIP yang merujuk pada hak prerogatif yang akan diambil oleh Ketum Megawati Soekarnoputri. Karena, Jatim merupakan provinsi yang strategis bagi PDIP.

"Kongres PDIP ada tertuang AD/ART ketum memiliki hak prerogatif. Jawa Timur ini provinsi strategis. Dalam sisi ekonomi, pemegang 14 pesen," katanya.

Bincang politik tersebut juga dihadiri perwakilan dari Partai Gerindra, Golkar, dan PAN yang tergabung dalam koalisi pengusung Khofifah-Emil.

Wakil Ketua Partai Golkar Jatim HM Rofiq mengatakan bahwa sejak awal partainya sudah memutuskan mengusung Khofifah di Pilkada Jatim 2024.

"Kami diajarkan Pak Prabowo menghormati, sopan santun terhadap orang. Dari awal kami mengusung Khofifah - Emil Dardak. Kami respect, kami hormati kepemimpinan Bu Khofifah di Jatim berhasill," ujar dia.

Pengamat Politik Unair Fahrul Muzaqqi berharap penantang calon inkumben segera dimunculkan untuk kontestasi Pilkada Jatim. Mengingat waktu pendaftaran hanya tersisa sekitar satu bulan lagi, yakni pada akhir Agustus 2024.

Fahrul melihat peluang itu ada di PDIP dan PKB yang bisa berkoalisi. Terlebih ada pernyataan Untari yang menyebut bahwa akhir Juli ini PDIP akan mengumumkan Bakal Cagub-Cawagub yang akan diusung untuk Pilkada Jatim 2024.

Ketua Pelaksana Diskusi, Achmad Faisal menilai diskusi yang digelar berjalan dinamis. Para peserta yang terdiri dari mahasiswa dan kalangan pers tampak sangat antusias dengan melempar sejumlah pertanyaan kepada narasumber.

"Alhamdulillah semuanya berjalan lancar, acara diskusi ini merupakan wujud nyata Pokja Grahadi mengawal demokrasi yang lebih berkualitas," kata dia.

Konten Terkait

OLAHRAGA Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024

Atlet loncat indah Jawa Timur (Jatim), Gladies Lariesa Garina Hagakore mengukir prestasi spektakuler di PON XXI Aceh-Sumut 2024.

Jumat 13-Sep-2024 20:31 WIB

Sosok Gladies Lariesa, Atlet Loncat Indah Jatim Sabet 5 Emas Sekaligus di PON XXI 2024
TREND Sudah Diskusi dengan Pacul, Hendi Belum Dapat Kepastian dari PDIP

JPNN.com, SEMARANG - Kepala LKPP RI Hendrar Prihadi belum mendapat kepastian dari PDI Perjuangan soal pencalonan dirinya dalam pemilihan gubernur Jawa Tengah (Pilgub Jateng).

Jumat 02-Aug-2024 21:34 WIB

Sudah Diskusi dengan Pacul, Hendi Belum Dapat Kepastian dari PDIP
LIFESTYLE Tulungagung Dinobatkan Sebagai 'City Of Charm' di Pameran Produk UMKM Jatim Unggulan KUKM Expo 2024

Diskop UKM Jatim menghadirkan berbagai produk UMKM Jawa Timur dari berbagai daerah dalam pameran KUKM Expo 2024 di Grand City Mall Surabaya

Kamis 01-Aug-2024 21:50 WIB

Tulungagung Dinobatkan Sebagai 'City Of Charm' di Pameran Produk UMKM Jatim Unggulan KUKM Expo 2024
PENDIDIKAN Politeknik Negeri Lhokseumawe Sabet 5 Medali pada Porseni XIV 2024 di Malang Jatim, Ini Rinciannya

Dalam ajang ini, PNL berhasil membawa pulang 5 medali, terdiri dari 1 medali emas, 1 medali perak, dan 3 medali perunggu.

Kamis 01-Aug-2024 21:42 WIB

Politeknik Negeri Lhokseumawe Sabet 5 Medali pada Porseni XIV 2024 di Malang Jatim, Ini Rinciannya
PERISTIWA Konsolidasi Muhammadiyah Bahas Izin Tambang di Yogyakarta Diwarnai Demonstrasi

Puluhan demonstran mendatangi konsolidasi Muhammadiyah di depan gerbang Unisa hingga seberang jalan di depan Convention Hall.

Sabtu 27-Jul-2024 19:04 WIB

Konsolidasi Muhammadiyah Bahas Izin Tambang di Yogyakarta Diwarnai Demonstrasi

Tulis Komentar