Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

MKMK Bacakan Putusan Pekan Depan, Ganjar Yakin Jimly dkk Netral

Sabtu 04-Nov-2023 00:01 WIB

227

MKMK Bacakan Putusan Pekan Depan, Ganjar Yakin Jimly dkk Netral

Foto : brominemedia.com

brominemedia - Majelis Kehormatan Mahkamah Konstitusi (MKMK) akan membacakan putusan dugaan pelanggaran etik hakim konstitusi pekan depan. Bakal calon presiden (bacapres) Ganjar Pranowo yakin MKMK yang diketuai Jimly Asshiddiqie akan bersikap netral.


"Insyaallah bisa, karena rakyat semua nonton, akan berisiko kalau hari ini semua yang mengadili itu atau tim etik itu tidak netral, akan diadili oleh semuanya dan jangan sampai runtuh," kata Ganjar di GBK, Jakarta Pusat, Jumat (3/11/2023).

Ganjar mengaku turut mencermati pernyataan-pernyataan Jimly selama pemeriksaan hakim-hakim konstitusi. Ganjar kembali menegaskan Jimly dkk akan bersikap netral mengadili laporan terhadap hakim MK.

"Kita harus lihat prosesnya dan sampai kemarin Pak Jimly cara bertanyanya sudah 'kok bisa ya, kok semua ngerti ya, kok semua terbuka ya'. Dan ini baru pertama kali terjadi di dunia. Jadi artinya itu statement-statement awal yang kita harapkan nanti keputusannya, saya tidak mau mendahului," ujar Ganjar.


MKMK Bacakan Putusan Pekan Depan


MKMK telah selesai menggelar sidang pemeriksaan dugaan pelanggaran kode etik Ketua MK Anwar Usman dan para hakim konstitusi lain. Putusan terkait dugaan pelanggaran etik akan dibacakan pekan depan.

"Jadi hari ini kami sudah tuntas mengadakan pemeriksaan semua hakim dan bahkan Ketua. Diakhiri dengan pemeriksaan kembali Ketua, konfirmasi, mendengarkan pembelaan dirinya, tadi terakhir," ujar Ketua MKMK Jimly Asshiddiqie di gedung Mahkamah Konstitusi, Jalan Medan Merdeka Barat, Jakarta Pusat, Jumat (3/11).


"Nanti putusan dibacakan hari Selasa, jam 4, sesudah jam 1 ada sidang pleno di MK. (Putusan) kita tidak di sini (gedung 2), gedung yang sana (gedung 1)," sambungnya.

Jimly mengatakan pihaknya telah memeriksa bukti-bukti yang diserahkan para pelapor kepada MKMK. Dia juga mengaku telah melihat rekaman CCTV.

"Informasi bukti-bukti, termasuk administrasi, CCTV sudah kita tonton semua dan semua pelapor sebanyak 21 ya. Semuanya sudah kita dengar," kata Jimly.

Jimly mengatakan pihaknya telah membuat kesimpulan. Nantinya kesimpulan akan disusun menjadi putusan.

"Kita sudah buat kesimpulan, tinggal dirumuskan menjadi putusan dengan pertimbangan yang mudah-mudahan bisa menjawab semua isu," ucap Jimly.

Seperti diketahui, MKMK sudah memeriksa sejumlah orang yang melaporkan terkait dugaan pelanggaran kode etik hakim konstitusi. MKMK juga telah memeriksa Anwar Usman dan hakim konstitusi lainnya, yakni Arief Hidayat, Enny Nurbaningsih, Saldi Isra, Manahan Sitompul, Suhartoyo, Daniel Yusmic, Guntur Hamzah, dan Wahiduddin, terkait laporan ini.

Mereka dilaporkan soal dugaan pelanggaran etik terkait putusan yang dibacakan pada 16 Oktober lalu, yakni putusan atas gugatan uji materi terhadap UU Nomor 7 Tahun 2017 tentang Pemilu mengenai batas usia capres-cawapres. Sebagaimana diketahui, putusan itu memutuskan capres-cawapres usia di bawah 40 tahun bisa maju pilpres asalkan sudah punya pengalaman menjadi kepala daerah.

Share:

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Peserta Banyak yang Kebingungan Saat Mempersiapkan Tes Masuk CPNS

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Menghadapi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 bisa menjadi tantangan besar bagi banyak calon pelamar. Kondisi ini, salah satunya dialami Nurul Iman Fikri, calon pelamar CPNS.Menurutnya, saat...

Selasa 10-Sep-2024 20:28 WIB

Peserta Banyak yang Kebingungan Saat Mempersiapkan Tes Masuk CPNS
PEMERINTAHAN Peserta Banyak yang Kebingungan Saat Mempersiapkan Tes Masuk CPNS

REPUBLIKA.CO.ID, BANDUNG-- Menghadapi seleksi Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) 2024 bisa menjadi tantangan besar bagi banyak calon pelamar. Kondisi ini, salah satunya dialami Nurul Iman Fikri, calon pelamar CPNS.Menurutnya, saat...

Selasa 10-Sep-2024 20:28 WIB

Peserta Banyak yang Kebingungan Saat Mempersiapkan Tes Masuk CPNS
PEMERINTAHAN Yang Berbeda soal Pilkada 2024 Usai Putusan MK

MK memutuskan beberapa perkara gugatan terhadap Undang-Undang tentang Pilkada. Dengan putusan MK ini, ada beberapa hal yang berbeda dalam Pilkada 2024.

Selasa 20-Aug-2024 20:32 WIB

Yang Berbeda soal Pilkada 2024 Usai Putusan MK
PEMERINTAHAN Ganjar hingga Ahok Jadi Pengurus DPP PDIP, Ini Kata Puan Maharani

Megawati Soekarnoputri memimpin pengucapan sumpah janji jabatan pengurus DPP PDIP masa bakti 2019-2024 diperpanjang hingga 2025.

Jumat 05-Jul-2024 20:49 WIB

Ganjar hingga Ahok Jadi Pengurus DPP PDIP, Ini Kata Puan Maharani
PEMERINTAHAN 7 Formasi Prioritas Penerimaan CPNS 2024, Cara Pendaftaran CPNS 2024 Login di sscasn.bkn.go.id

Berikut 7 formasi prioritas penerimaan CPNS 2024. Inilah cara pendaftaran CPNS 2024 login di sscasn.bkn.go.id

Minggu 23-Jun-2024 20:32 WIB

7 Formasi Prioritas Penerimaan CPNS 2024, Cara Pendaftaran CPNS 2024 Login di sscasn.bkn.go.id

Tulis Komentar