Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden pada 24 April, Undang Anies dan Ganjar

Selasa 23-Apr-2024 20:26 WIB

109

KPU Tetapkan Prabowo-Gibran sebagai Presiden-Wakil Presiden pada 24 April, Undang Anies dan Ganjar

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden-Wakil Presiden terpilih pada 24 April 2024.

Hal ini menyusul Mahkamah Konstitusi atau MK menolak gugatan Pilpres 2024 yang diajukan oleh capres-cawapres nomor urut 1 Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan capres-cawapres nomor urut 3 Ganjar Pranowo-Mahfud MD. Hal ini disampaikan MK pada sidang putusan PHPU 2024 di Gedung MK, Senin (22/4).

"Tahapan berikutnya untuk tahapan pemilu presiden adalah penetapan calon presiden dan wakil presiden terpilih 2024 yang diagendakan KPU pada hari Rabu 24 April jam 10.00 WIB di kantor KPU RI," kata Ketua KPU RI Hasyim Asy'ari di gedung MK, Jakarta Pusat, Senin (22/4).
 
Hasyim menjelaskan, seluruh permohonan dari pihak pemohon ditolak membuat Surat Keputusan (SK) Nomor 360 Tahun 2024 tentang Penetapan Hasil Pemilu 2024 Secara Nasional, dinyatakan benar dan tetap sah.

"Surat tersebut jadi dasar KPU untuk segera melakukan penetapan," ujar Hasyim.

Majelis hakim MK menjatuhkan putusan menolak seluruh permohonan gugatan PHPU atau sengketa terkait Pilpres 2024 yang diajukan kubu Anies Baswedan dan Muhaimin Iskandar. Perkara PHPU yang diajukan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD juga kandas.

"Menolak permohonan pemohon untuk seluruhnya," kata Ketua MK Suhartoyo saat persidangan.
 
Tiga hakim konstitusi menyatakan dissenting opinion terhadap kedua putusan tersebut. Yakni, Enny Nurbaningsih, dan Arief Hidayat serta Wakil Ketua MK Saldi Isra.


Undang Anies dan Ganjar

Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI mengundang Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar dan Ganjar Pranowo-Mahfud MD untuk menghadiri penetapan pemenang Pilpres 2024 pada Rabu (24/4/2024).

KPU akan menetapkan Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai pemenang Pilpres 2024 setelah Mahkamah Konstitusi (MK) menolak gugatan sengketa Pilpres 2024.

"Kita belum dapat konfirmasi yang jelas kita undang semua baik paslon 1 2 3 kita undang semua. Yang jelas kami undang," kata Anggota KPU RI August Mellaz di KPU RI, Jakarta Pusat, Selasa (23/4/2024).

Namun, ia tak bisa memastikan apakah Anies dan Ganjar akan menghadiri kegiatan tersebut atau tidak.

"Kita undang aja yang jelas," ujarnya.

Ia menambahkan, kegiatan besok akan dilaksanakan pada Rabu (24/4/2024) pada pukul 10.00 WIB.

"Kalau durasi waktunya itu tidak terlalu apa namanya tidak terlalu ketat, yang jelas ada prosedur-prosedur yang kami lakukan. Yang jelas besok itu pembacaan penetapan itu pasti ada berita acara yang kami data, mulai teng jam 10.00 WIB," ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo dan Gibran akan menghadiri penetapan sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI pada Rabu (24/4/2024).

Hal itu dikatakan oleh Juru bicara (jubir) Prabowo, Dahnil Anzar Simanjuntak di Jakarta, Senin (22/4/2024).

"Iya pak Prabowo akan datang langsung, diundang oleh KPU untuk menerima keputusan resmi terkait dengan penerapan beliau sebagai presiden terpilih. Iya pasti, pasti (hadir bersama Gibran)," kata Dahnil.
 
Dahnil menyebut, Prabowo akan menyampaikan pernyataan resmi terkait putusan sengketa Pilpres 2024 pada Rabu nanti.
 
Gibran Berencana Temui Para Tokoh usai Penetapan KPU


Wakil Presiden terpilih Gibran Rakabuming Raka berencana menemui para tokoh untuk bersilaturahmi, terlebih kubu pasangan 01 dan 03 disebutnya telah menerima putusan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Peryataan itu disampaikan oleh Gibran di Solo, Jawa Tengah, sehari setelah putusan MK, Selasa (23/4/2024).

Gibran mengatakan akan ada serangkaian pertemuan dengan beberapa pihak setelah penetapan Presiden dan Wakil Presiden di Komisi Pemilihan Umum (KPU) di Jakarta, Rabu (24/4).

“Nanti dari KPU akan ada beberapa pertemuan, ditunggu saja," ucapnya, dikutip Antara.

Ia menegaskan, pihaknya ingin segera melakukan silaturahmi dengan semua pihak.

"Setelah KPU, kami akan menemui tokoh-tokoh, tujuannya untuk silaturahmi. Dari 01 dan 03 kan juga sudah menerima putusannya," katanya.
Gibran juga mengaku telah menerima ucapan selamat dari berbagai pihak setelah putusan Mahkamah Konstitusi (MK) soal sengketa Pilpres, termasuk juga partai oposisi.

"Sudah memberikan selamat juga. Dari tokoh Solo juga banyak," katanya.

Disinggung mengenai keputusan sejumlah pihak yang ingin tetap menjadi oposisi pada pemerintah Prabowo-Gibran mendatang, menurut dia hal itu keputusan masing-masing partai politik.

"Ya itu keputusan ada di para ketua umum, bukan di saya. Intinya, yang namanya merangkul itu tujuannya silaturahmi," katanya.

Sebelumnya diberitakan, Prabowo Subianto akan bertemu dengan tim hukummya pada malam ini, Selasa (23/4/2024).

Pertemuan itu rencananya membahas putusan sidang perselisihan hasil pemilihan umum (PHPU) di Mahkamah Konstitusi (MK).

Penjelasan itu disampaikan oleh Wakil Ketua Tim Hukum pasangan capres-cawapres Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka, Fachri Bachmid melalui keterangan tertulis, Selasa.

“Sesuai jadwal hari ini tim hukum Prabowo-Gibran secara lengkap dipimpin oleh Prof. Yusril Ihza Mahendra selaku ketua tim bertemu Prabowo,” ujarnya dikutip Kompas.com.


“Selain melaporkan hasil persidangan MK kepada Prabowo selaku prinsipal atau pemberi kuasa, sekaligus bersilaturahmi bersama presiden terpilih 2024-2029,” kata Fachri.

Ia menambahkan, dalam pertemuan tersebut tim hukum juga akan meminta arahan-arahan dari Prabowo.

Konten Terkait

PEMERINTAHAN Prabowo Umumkan Kabinet Usai Dilantik Jadi Presiden

Moeldoko memprediksi Prabowo Subianto akan langsung mengumumkan kabinetnya pada malam hari setelah dilantik yakni 20 Oktober 2024.

Rabu 02-Oct-2024 20:41 WIB

Prabowo Umumkan Kabinet Usai Dilantik Jadi Presiden
PEMERINTAHAN Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?

Presiden dan Wakil Presiden terpilih, Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka tak lama lagi bakal dilantik.

Selasa 10-Sep-2024 20:33 WIB

Prabowo Menyaring Calon Menteri, Prabowo Akan Bentuk Zaken Kabinet, Apa Itu?
PEMERINTAHAN Gibran Rakabuming Tegaskan Tak Mau Tinggal di Rumah Dinas Wapres di IKN dan Jakarta

Gibran Rakabuming Tegaskan Tak Mau Tinggal di Rumah Dinas Wapres di IKN dan Jakarta

Rabu 17-Jul-2024 20:34 WIB

Gibran Rakabuming Tegaskan Tak Mau Tinggal di Rumah Dinas Wapres di IKN dan Jakarta
PEMERINTAHAN Gibran Bantah Mundur dari Wali Kota Solo Berkaitan dengan Pilkada: Untuk Belanja Masalah

Gibran Rakabuming buka suara perihal pertimbangannya memilih mundur dari jabatannya sebagai Wali Kota Solo sebelum pelantikan Presiden dan Wakil Presiden RI

Selasa 16-Jul-2024 19:21 WIB

Gibran Bantah Mundur dari Wali Kota Solo Berkaitan dengan Pilkada: Untuk Belanja Masalah
PEMERINTAHAN KPU Jateng Tetapkan 120 Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Raih Kursi Terbanyak

Sebanyak 120 calon anggota legislatif (caleg) terpilih Dewan Perwakilan Rakyat Daerah atau DPRD Jawa Tengah (Jateng) resmi ditetapkan. Tujuh dari ratusan caleg terpilih itu berpotensi akan diganti.

Selasa 28-May-2024 21:00 WIB

KPU Jateng Tetapkan 120 Caleg Terpilih, PDI Perjuangan Raih Kursi Terbanyak

Tulis Komentar