Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

OLAHRAGA

Kata Muhammad Kusnaeni Soal Hasil Undian Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Kamis 27-Jun-2024 20:47 WIB

133

Kata Muhammad Kusnaeni Soal Hasil Undian Timnas Indonesia di Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Foto : tempo

Brominemedia.com - Pengamat sepak bola Indonesia Muhammad Kusnaeni mengatakan timnas Indonesia harus disiapkan sebaik mungkin untuk menghadapi lawan-lawan yang cukup berat pada laga putran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia.

"Semua grup sama beratnya bagi Indonesia. Tidak ada grup yang lebih mudah. Untuk itu, fokus saja mempersiapkan tim sebaik mungkin," ujar Kusnaeni dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Kamis.

Timnas Indonesia tergabung pada Grup C putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia bersama raksasa Asia Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, dan China pada undian babak grup yang digelar di Kuala Lumpur, Malaysia.

Kusnaeni mengatakan, hasil undian grup tidak bisa dikatakan menguntungkan atau merugikan bagi timnas Indonesia. Pada dasarnya, di grup manapun Indonesia akan menghadapi lawan-lawan yang sama beratnya.

Skuad asuhan pelatih Shin Tae-yong (STY) sudah pernah menghadapi Australia di Piala Asia dan tidak mudah mengalahkan mereka.

Demikian pula Jepang bukanlah lawan yang mudah dikalahkan, apalagi Jepang adalah tim dengan peringkat FIFA terbaik di Asia.

Untuk itu, kata dia, skuad Garuda harus dipersiapkan sebaik mungkin saja melalui latihan, agenda uji coba yang bagus, penambahan pemain baru berkualitas.

"Sinkronkan juga agenda liga dengan persiapan timnas sehingga pemusatan latihan jadi efektif," ujarnya.

Ia menambahkan, apabila pelatih STY tidak bisa membawa tim menembus dua posisi teratas di Grup C, maka ia berharap publik Indonesia tidak berkecil

"Kita berharap masih ada kesempatan di putaran keempat," pungkasnya.

Laga putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 akan diikuti sebanyak 18 timnas yang terdiri dari tiga grup, masing-masing berisi enam timnas.

Tim yang meraih peringkat satu dan dua di grup akan mengantongi tiket untuk berkompetisi pada Piala Dunia 2026. Sementara, peringkat tiga dan empat akan terbagi lagi dalam dua grup yang memperebutkan peringkat pertama agar tampil dalam kompetisi sepak bola tertinggi dunia.

Hasil Undian Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia:

Grup A: Iran, Qatar, Uzbekistan, Uni Emirat Arab, Kirgistan, Korea Utara.
Grup B: Korea Selatan, Irak, Yordania, Oman, Palestina, Kuwait.
Grup C: Jepang, Australia, Arab Saudi, Bahrain, Cina, Indonesia.

Berdasarkan laman resmi FIFA, Jepang merupakan negara dengan peringkat dunia tertinggi di grup ini, bahkan di putaran ketiga, dengan peringkat 17 dunia. Australia berada di peringkat 23.

Indonesia merupakan negara dengan peringkat terendah di Grup C yaitu peringkat 134. Cina  5 berperingkat 88 dunia, Bahrain di peringkat 81, dan Arab Saudi berada di peringkat 56 dunia,

Format Kompetisi Putara Ketiga

Putaran ketiga ini dimainkan dengan sistem kandang tandang pada bulan September, Oktober dan November 2024 serta Maret dan Juni 2025.

Dua tim teratas dari ketiga grup langsung melaju ke Piala Dunia 2026. Karena itu ada enam tim yang akan lolos ke putaran final yang memakai format baru dengan diikuti 48 tim dan pertama kali digelar di tiga negara tuan rumah yaitu Amerika Serikat, Kanada, dan Meksiko.

Tim peringkat ketiga dan keempat di setiap grup (total enam tim) dari babak grup putaran ketiga akan melaju ke babak kualifikasi putaran keempat.
Mereka akan dibagi menjadi dua grup yang terdiri dari tiga tim. Peringkat teratas setiap grup akan mendapatkan tiket putaran final, sedangkan runner-up akan bersaing lagi berebut tiket playoff antar-konfedersasi.

Jadwal Timnas Indonesia di putaran ketiga kualifikasi Piala Dunia 2026 zona Asia Grup C:

5 September 2024
Arab Saudi vs Indonesia

10 September 2024
Indonesia vs Australia

10 Oktober 2024
Bahrain vs Indonesia

15 Oktober 2024
China vs Indonesia

14 November 2024
Indonesia vs Jepang

19 November 2024
Indonesia vs Arab Saudi

20 Maret 2025
Australia vs Indonesia

25 Maret 2025
Indonesia vs Bahrain

5 Juni 2025
Indonesia vs Cina

10 Juni 2025
Jepang vs Indonesia.

Konten Terkait

OLAHRAGA Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia

Mauro Zijlstra memiliki kelayakan untuk dinaturalisasi sebagai pemain Indonesia berkat hubungan keluarga yang dimilikinya.

Jumat 13-Sep-2024 20:28 WIB

Profil Mauro Zijlstra Penyerang Jangkung, Calon Pemain Naturalisasi Timnas Indonesia
OLAHRAGA Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia

Timnas Indonesia mampu tampil solid selama babak pertama, namun Australia berhasil mendominasi jalannya pertandingan

Selasa 10-Sep-2024 20:31 WIB

Timnas Indonesia Mampu Tampil Solid Pada Babak Pertama Melawan Australia
OLAHRAGA Kabar Baik, Striker Haus Gol Australia Dipastikan Absen Lawan Timnas Indonesia

Kesalahan sendiri striker Australia Kusini Yengi membuat gagal dirinya absen saat lawatan ke markas Timnas Indonesia. Baca di sini.

Kamis 05-Sep-2024 20:39 WIB

Kabar Baik, Striker Haus Gol Australia Dipastikan Absen Lawan Timnas Indonesia
OLAHRAGA Timnas Indonesia U-20 Vs Argentina di Korea Selatan, Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025

Timnas Indonesia U-20 akan berhadapan dengan Timnas Argentina dalam agenda keikusertaan Tim Garuda Muda dalam turnamen Seoul Earth On Us Cup 2024.

Kamis 01-Aug-2024 21:45 WIB

Timnas Indonesia U-20 Vs Argentina di Korea Selatan, Persiapan Kualifikasi Piala Asia U-20 2025
OLAHRAGA Sosok Jens Raven: Pantas untuk Gusur Struick dan Bomber Persis Solo di Timnas Indonesia

Jens Raven, striker muda berhasil cetak gol tunggal di Final ASEAN Cup U-19 2024 - Timnas U-19 juara ASEAN Cup U-19 2024 setelah 11 tahun silam.

Selasa 30-Jul-2024 20:29 WIB

Sosok Jens Raven: Pantas untuk Gusur Struick dan Bomber Persis Solo di Timnas Indonesia

Tulis Komentar