Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

KESEHATAN

Kasus Gagal Ginjal Akut di Surabaya Ditemukan Pertama Kali Agustus 2022

Sabtu 22-Oct-2022 09:34 WIB

299

Kasus Gagal Ginjal Akut di Surabaya Ditemukan Pertama Kali Agustus 2022

Foto : jpnn

brominemedia.com – Dokter spesialis anak di Rumah Sakit Premiere Surabaya dr Risky Vitria Prasetyo mengatakan kasus Gagal Ginjal Akut Progresif Atipikal (GGAPA) ditemukan pertama kali pada pertengahan Agustus 2022.

Kasus ini menjadi perhatian lantaran merupakan jenis penyakit gagal ginjal yang baru dan belum diketahui penyebab pastinya.

“Secara keilmuan gangguan ginjal akut itu tidak jarang kami temui. Hampir setiap hari pasti ada kasusnya. Menjadi suatu perhatian khusus karena memang ini entitas yang baru,” kata dr Kiki sapaan akrabnya saat konferensi pers di Dinkes Jatim, Jumat (21/10).

dr Kiki menjelaskan kasus yang banyak menimpa anak usia satu sampai lima tahun ini perkembangannya sangat progresif.

“Anak-anak yang sebelumnya kelihatan aktif, tiba-tiba terkena penyakit ringan seperti batuk, pilek dalam hitungan jam. Makanya disebut Gagal Ginjal Akut Atipikal Progresif,” jelasnya.

Namun, tidak semua penyakit gagal ginjal masuk dalam kelompok atipikal progresif. Untuk mengetahui hal tersebut diperlukan skrining.

“Dalam kasus GGAPA biasanya menyerang anak-anak di bawah usia 18 tahun, tetapi hampir sebagian menyerang anak usia satu sampai lima tahun,” tuturnya.

Kemudian, ada penurunan produksi urine atau tidak keluar urine sama sekali. Ditambah anak-anak yang terkena penyakit ini biasanya tidak memiliki penyakit ginjal sebelumnya.

“Kemudian disertai dengan gejala demam, diare, muntah, dan batuk pilek ringan. Setelah dua hari mengalami perburukan,” ujarnya.

Setelah dilakukan pemeriksaan lab didapatkan fungsi ginjal yang buruk. Namun, ketika di USG bentuk ginjal normal.

“Artinya, tidak ada kelainan primer di ginjalnya dan sebelumnya baik-baik saja. Nah, ini yang kami anggap sebagai progresif atipikal,” ucapnya.

Maka dari itu, orang tua diminta untuk lebih waspada terkait penyakit ini. Tidak menyepelekan penyakit-penyakit ringan seperti flu, demam, dan batuk.

“Harus diwaspadai betul status dehidrasinya atau cairannya. Minumnya sudah cukup atau tidak. Pipisnya seperti biasa atau tidak. Kalau tidak seperti biasa segera diperiksakan,” tandas dr Kiki.

Konten Terkait

PERISTIWA Granat Nanas Aktif Ditemukan di Taman Jalan Residen Sudirman Surabaya

jatim.jpnn.com, SURABAYA - Sebuah granat nanas jenis fermentasi ditemukan di taman depan Gereja Kristus Raja Jalan Residen Sudirman Nomor 3, Surabaya, Selasa (1/10).

Selasa 01-Oct-2024 20:32 WIB

Granat Nanas Aktif Ditemukan di Taman Jalan Residen Sudirman Surabaya
KRIMINAL BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan

Kejaksaan Negeri (Kejari) Kabupaten Pekalongan menetapkan tiga orang tersangka dalam kasus dugaan korupsi pembangunan Blok F Pasar Kedungwuni.

Kamis 26-Sep-2024 20:29 WIB

BREAKING NEWS: 3 Orang Jadi Tersangka Korupsi Pembangunan Pasar Kedungwuni Pekalongan
MUSIK The Script Bakal Mampir ke Jakarta dan Surabaya untuk Tur Dunia, Catat Tanggalnya

Band rock Irlandia, The Script, akan menggelar konser di Jakarta dan Surabaya pada Februari 2025 sebagai bagian dari tur dunia mereka.

Kamis 01-Aug-2024 21:45 WIB

The Script Bakal Mampir ke Jakarta dan Surabaya untuk Tur Dunia, Catat Tanggalnya
KRIMINAL Diduga Adik Bunuh Kakak Kandung di Surabaya, Wanita Muda Tewas di Tangga Rumah, Leher Terlilit Kabel

Kasus ini bermula dari temuan jenazah korban yang tergeletak di atas anak tangga dengan kondisi leher terdapat ikatan kabel, dalam sebuah rumah

Rabu 31-Jul-2024 21:14 WIB

Diduga Adik Bunuh Kakak Kandung di Surabaya, Wanita Muda Tewas di Tangga Rumah, Leher Terlilit Kabel
PERISTIWA BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal

Jelang malam 1 suro, Batang, Jawa Tengah diguncang gempa dangkal hingga membuat sejumlah bangunan roboh.

Minggu 07-Jul-2024 20:11 WIB

BREAKING NEWS: Jelang Malam 1 Suro, Batang Diguncang Gempa Dangkal

Tulis Komentar