Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

FINANCE

Injak Gas Majukan UMKM, Penyaluran KUR Mandiri Tembus Rp20,52 Triliun

Sabtu 14-Oct-2023 07:20 WIB

250

Injak Gas Majukan UMKM, Penyaluran KUR Mandiri Tembus Rp20,52 Triliun

Foto : brominemedia.com

brominemedia.com - Bank Mandiri optimistis momentum pertumbuhan akan terus berlanjut. Dalam mendukung percepatan pertumbuhan ekonomi, Bank Mandiri semakin aktif mendorong penyaluran kredit usaha rakyat ( KUR ) kepada sektor usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM). SVP Micro Development & Agent Banking Bank Mandiri Ashraf Farahnaz, mengatakan sampai dengan akhir Agustus 2023 Bank Mandiri telah menyalurkan KUR sebesar Rp20,52 triliun kepada lebih dari 195 ribu debitur di seluruh Indonesia. “Penyaluran KUR merupakan salah satu bentuk dukungan Bank Mandiri terhadap program pemerintah untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat melalui pengembangan sektor UMKM,” ujarnya di Toba, Sumatra Utara, Jumat (13/10/23). Ashraf menilai, selaras dengan komitmen pemerintah, Bank Mandiri optimistis sektor UMKM punya peluang besar untuk tumbuh. Pertumbuhan UMKM nantinya akan berdampak pada perekonomian nasional. “Kami berharap dengan adanya KUR, para pelaku UMKM dapat memperluas usahanya, meningkatkan omzetnya, dan menciptakan lapangan kerja baru. Kami juga terus melakukan pendampingan dan pelatihan kepada para debitur KUR agar mereka dapat mengelola usahanya dengan baik dan profesional,” ujarnya. Penyaluran KUR Bank Mandiri 2023 telah mencapai 42,76% dari target KUR yang dialokasikan oleh pemerintah. Realisasi KUR yang masuk ke sektor produksi sebesar 62,07% atau Rp12,7, meningkat dari periode tahun sebelumnya yang 59,73%. Salah satunya sektor pertanian yang menyumbang 32,59% KUR Bank Mandiri atau Rp6,87 triliun.

 Disusul sektor jasa produksi dan industri pengolahan yang masing-masing menyumbang 20,17% dan 7,33% dari total realisasi KUR perseroan. “Fokus utama penyaluran KUR Bank Mandiri adalah sektor produktif unggulan di masing-masing wilayah, mulai dari pertanian, perikanan, industri pengolahan maupun jasa-jasa produksi yang didukung sinergi dari seluruh bisnis, koordinasi yang kuat di seluruh jaringan serta kerja sama strategis dengan perusahaan finansial maupun e-commerce,” paparnya. Selain penyaluran KUR yang terus ditingkatkan, Bank Mandiri juga konsisten menjaga posisi rasio non performing loan (NPL) KUR berada di level terjaga. Tercatat sampai dengan Agustus 2023 rasio NPL KUR Bank Mandiri adalah 1,18%. Tidak hanya di kota besar, Bank Mandiri juga injak gas penyaluran KUR di wilayah. Salah satunya di Region I (Sumatra I), dengan realisasi KUR sebesar Rp2,27 triliun kepada lebih dari 20 ribu debitur. "Saat ini perekonomian masyarakat sudah menunjukkan perbaikan dan terus meningkat, kami berharap tren ini dapat terus berkembang sehingga memberikan dampak positif pada sektor usaha lainnya seperti pariwisata dan sektor produksi yang menjadi keunggulan wilayah Sumatra Utara,” terangnya. Pihaknya optimistis, dengan optimalisasi bisnis didukung oleh layanan digital mampu mempercepat penyaluran KUR Bank Mandiri.

Konten Terkait

LIFESTYLE Tulungagung Dinobatkan Sebagai 'City Of Charm' di Pameran Produk UMKM Jatim Unggulan KUKM Expo 2024

Diskop UKM Jatim menghadirkan berbagai produk UMKM Jawa Timur dari berbagai daerah dalam pameran KUKM Expo 2024 di Grand City Mall Surabaya

Kamis 01-Aug-2024 21:50 WIB

Tulungagung Dinobatkan Sebagai 'City Of Charm' di Pameran Produk UMKM Jatim Unggulan KUKM Expo 2024
FINANCE Begini Cara Bea Cukai Mengawal Produk UMKM Tembus Pasar Internasional

JPNN.com, PEKANBARU - Bea Cukai terus mengawal perkembangan para pelaku UMKM untuk sukses memasarkan produknya ke mancanegara.

Selasa 02-Jul-2024 20:33 WIB

Begini Cara Bea Cukai Mengawal Produk UMKM Tembus Pasar Internasional
LIFESTYLE Soft Opening KKJ-PKJB 2024, Sekda Jabar: UMKM Jabar Harus Naik Kelas

Pemerintah Daerah Provinsi (Pemprov) Jawa Barat (Jabar) bersama Bank Indonesia Jabar menggelar pameran Karya Kreatif Jawa Barat (KKJ).

Minggu 23-Jun-2024 22:28 WIB

Soft Opening KKJ-PKJB 2024, Sekda Jabar: UMKM Jabar Harus Naik Kelas
PEMERINTAHAN KUR 2024 akan Disalurkan Sebesar 287 Triliun

Pemberian KUR bertujuan untuk menumbuhkan sektor UMKM melalui penyediaan akses pembiayaan usaha yang mudah, murah, dan terjangkau.

Kamis 02-May-2024 20:37 WIB

KUR 2024 akan Disalurkan Sebesar 287 Triliun
PEMERINTAHAN Dapat Dukungan Pelaku UMKM di Solo, Cak Imin: Ini Dapil 'Neraka'

Cak Imin mendapat dukungan dari pelaku UMKM kota Solo. Dia meyakini dukungan ini menjadi modal untuk kemenangannya di Jawa Tengah.

Jumat 03-Nov-2023 23:52 WIB

Dapat Dukungan Pelaku UMKM di Solo, Cak Imin: Ini Dapil 'Neraka'

Tulis Komentar