Bromine Media merupakan media online yang menyajikan ragam informasi dan berita di ranah lokal Wonogiri hingga nasional untuk masyarakat umum. Bromine Media bertempat di Brubuh, Ngadirojo Lor, Ngadirojo, Wonogiri, Jawa Tengah.

All Nasional Internasional

PEMERINTAHAN

Inilah 11 Tokoh Gunungkidul yang Mendaftar Jadi Bacabup dan Bacawabup Lewat Partai Golkar

Rabu 24-Apr-2024 21:11 WIB

164

Inilah 11 Tokoh Gunungkidul yang Mendaftar Jadi Bacabup dan Bacawabup Lewat Partai Golkar

Foto : tribunnews

Brominemedia.com - Sebanyak sebelas orang mendaftar sebagai bakal calon bupati (Bacabup) dan bakal calon wakil bupati (Bacawabup) dari Partai Golkar untuk mengikuti Pilkada Gunungkidul 2024.

Rinciannya, sebanyak 4 orang mendaftar sebagai bacabup, yakni Bupati Gunungkidul Sunaryanta, Wakil Bupati Gunungkidul Heri Susanto, Dosen UNS Supriyadi dan aktifis Dadang Iskandar.

Kemudian 7 orang mendaftar sebagai bacawabup, yakni Sugiyartono, Anti Kumala Sari, Muhammad Arif Darmawan, Kurniawan Fahmi, Heri Nugroho, Anggi Tyas Pramudita dan Mahmud Ardi Widanta.

Dihubungi melalui sambungan telepon, Ketua Dewan Pimpinan Daerah (DPD) Partai Gunungkidul Heri Nugroho mengatakan pendaftaran bacabup dan bacawabup akan ditutup pada Rabu (24/4/2024) pukul 24.00 WIB.

Para kandidat yang sudah mendaftar tersebut sebelumnya sudah mengambil formulir pendaftaran mulai Senin (22/4/2024) lalu.


Kemudian mereka ada yang mengembalikan formulir pendaftaran pada Selasa (23/4/2024) kemarin. Namun sebagian besar mengembalikan pada hari terakhir pendaftaran atau Rabu (24/4/2024) hari ini.

"Barusan dari PAN menghubungi akan mendaftar (Mahmud Ardi Widanto). Sebentar lagi akan datang dan langsung menyerahkan berkas pendaftaran,"katanya.

Setelah pendaftaran ditutup, lanjut Heri, tahapan selanjutnya adalah melaporkan hasilnya ke Dewan Pimpinan Wilayah (DPW) Partai Golkar DIY.

Nantinya, DPW akan melaporkan hasilnya ke DPP Partai Golkar.

"Yang melaporkan ke pusat nantinya DPW,"ucapnya.

Heri mengungkapkan, saat proses pelaporan hasil pendaftaran Bacabup dan Bacawabup ke DPP, DPD Partai Golkar Gunungkidul akan menjajaki koalisi dengan partai lainnya.

Sebab, Partai Golkar tidak bisa mengusung calon sendiri.

Komunikasi dengan parpol lain pun menurut Heri sudah dilakukan secara informal. Dan nantinya akan terus melakukan penjajakan untuk membentuk koalisi.

"Dari pusat memang ada instruksi untuk menerapkan Koalisi Indonesia Maju di daerah. Saya sudah berkomunikasi dengan Gerindra, PKB dan PAN juga. Nanti kami akan terus berkomunikasi untuk menjajaki koalisi,"jelasnya.

Sementara itu dihubungi terpisah, Sekretaris DPC PDIP Gunungkidul, Warto mengatakan pihaknya akan membuka pendaftaran bacabup dan bacawabup pada awal Mei mendatang.

Saat ini DPC PDIP Gunungkidul tengah mempersiapkan hal-hal teknis untuk persiapan pendaftaran bacabup dan bacawabup.

"Rencananya kita akan membuka pendaftaran bacabup dan bacawabup pada awal Mei mendatang. Sekarang kami baru rapat-rapat untuk persiapan,"katanya saat dihubungi Tribun Jogja, Rabu (24/4/2024) siang.

Warto mengungkapkan, pihaknya terbuka menerima pendaftaran baik dari kader maupun dari luar kader.

Sejauh ini, kader yang berpeluang untuk diusung oleh PDIP di Pilkada Gunungkidul 2024 adalah Ketua DPC PDIP Endah Subekti Kuntaringsih.

Sementara dari luar PDIP, ada beberapa pihak yang sudah menjalin komunikasi.

Tak hanya dengan sejumlah tokoh, menghadapi Pilkada Gunungkidul 2024, lanjut Warto, DPC PDIP Gunungkidul juga intens menjajaki koalisi dengan partai lainnya.

Sebab, PDIP tidak bisa mengusung calon sendiri di pilkada serentak nanti.
"Kita sudah menjalin komunikasi dengan partai juga. Komunikasi dengan PDIP, dengan Golkar kita juga komunikasi,"jelasnya.

Warto mengungkapkan, dalam pendaftaran bacabup dan bacawabup ini, pendaftaran bisa juga dilaksanakan di kantor DPD maupun DPP PDIP.

"Bagi calon yang ingin mendaftar, bisa juga mendaftar langsung lewat DPD maupun DPP,"imbuhnya.

Sementara dihubungi terpisah, Sekretaris DPW Nasdem DIY, Suharno mengatakan, di Pilkada Gunungkidul 2024, saat ini partainya masih melakukan analisa terhadap para kandidat.

Partai Nasdem sendiri akan mengusung calon yang bisa membawa kesejahteraan bagi masyarakat Gunungkidul.

"Kita lihat bagiamana melihat calon yang potensi bisa membawa kesejahteraan. Kita lakukan survei, apa dan siapa yang dikehendaki masyarakat,"jelasnya.

"Kami lebih minta pendapat masyarakat dan mempertimbangkan kemampuan calon demi kesejahteraan Gunungkidul,"imbuhnya.

Konten Terkait

PERISTIWA Ucapkan Selamat ke Bahlil, Luhut Nilai Tidak Ada Intervensi dalam Munas Golkar

Luhut Binsar Panjaitan menilai Musyawarah Nasional (Munas) Partai Golkar tidak diintervensi pihak mana pun.

Rabu 21-Aug-2024 20:44 WIB

Ucapkan Selamat ke Bahlil, Luhut Nilai Tidak Ada Intervensi dalam Munas Golkar
PERISTIWA GEMPA Terkini Baru Saja Getarkan Gunung Kidul Yogyakarta Rabu 10 Juli 2024, Info Lengkap BMKG

BMKG menginformasikan terkait gempa terkini yang mengguncang Gunung Kidul Yogyakarta Rabu 10 Juli 2024 dengan magnitudo 1.6 SR.

Rabu 10-Jul-2024 20:40 WIB

GEMPA Terkini Baru Saja Getarkan Gunung Kidul Yogyakarta Rabu 10 Juli 2024, Info Lengkap BMKG
PEMERINTAHAN Respons Golkar Setelah PKS Ajukan Sohibul Iman untuk Pilgub Jakarta

Airlangga tidak mengatakan apakah Golkar bakal ikut mempertimbangkan nama Sohibul Imansebagai calon gubernur yang akan mereka usung.

Senin 24-Jun-2024 20:22 WIB

Respons Golkar Setelah PKS Ajukan Sohibul Iman untuk Pilgub Jakarta
PEMERINTAHAN KPPG Dukung Airlangga Kembali Pimpin Golkar

Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) secara resmi mendeklarasikan Airlangga Hartarto menjadi ketua umum (Ketum) Partai Golkar lagi pada Munas Golkar tahun 2024 ini.Deklarasi dukungan itu...

Minggu 23-Jun-2024 20:23 WIB

KPPG Dukung Airlangga Kembali Pimpin Golkar
PEMERINTAHAN Relawan Anies: Melejitnya Popularitas Ridwan Kamil Mengganggu Elite Golkar

Relawan Anies, Andi Sinulingga, menyebut tak semua elite Golkar suka popularitas Ridwan Kamil naik. Andi menyebut ada elite Golkar yang merasa tak nyaman

Rabu 19-Jun-2024 20:33 WIB

Relawan Anies: Melejitnya Popularitas Ridwan Kamil Mengganggu Elite Golkar

Tulis Komentar